Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Excel : Menggabungkan Data Kota Dan Tanggal Lahir


Omiyan saya beri PR…
Semoga bisa mengerjakan.
Saya punya data di A1 dan B1

A1 B1
Bandung 2/08/1990

Sel A1 berformat teks, sel B1 berformat date dengan pola d/mm/yyyy
Bagaimana rumusnya, supaya di Sel C1 muncul Bandung,2 Agustus 1990

Masalahnya Saya punya data 1000 murid, kolom A isinya tempat lahir, kolom B isinya tanggal lahir. Lha saya kepingin punya kolom yg isinya gabungan tempat tanggal lahir.

Saat ini saya sudah berhasil membuat formulanya, tapi agak panjang dan rumit.
Siapa tau Omiyan punya cara lain yg praktis dengan 1 formula dowang.
Ini nggak nguji tapi bener2 sharing
Trims… :D

marsudiyanto di Microsoft Excel : Tips Menggab…

Bismillah….

Sejujurnya ini PR yang susah pak dan ternyata menurut saya pribadi yang masih belajar tidak sesimple yang dikira kalau pake rumus yang kemaren hasilnya tidak akan seperti yang diharapkan karena tanggal tersebut akan berubah menjadi angka biasa misalkan di Cel B2 terketik data tanggal 02/08/1990 maka akan berubah menjadi 33087, tapi saya akan mencoba memberi jawaban karena dari situ saya bisa belajar banyak jadi sebelumnya saya mohon maaf bila ada kekeliruan bila cara saya ternyata berbeda dengan cara yang diinginkan.

Disini jadinya saya menggunakan rumus atau fungsi alinnya yaitu IF tapi sebelum kesana kita dikit-dikit dulu menjawab PR pak Marsudiyanto ini.

Anggaplah data yang dimaksud oleh Pak marsudiyanto adalah sebagai berikut (gambar 1):

gambar 1

Kemudian data yang berisi tanggal (data di cell B2 dan seterusnya) kita Blok atau sorot setelah itu arahkan cursor ke TAB Text To Columns (gambar 2) klik lalu akan muncul Convert Text to Columns Wizard – Step 1 of 3, untuk original type berada di posisi Delimited (gambar 3) tekan tombol Next lalu centang kotak disebelah kiri Other disamping kiri dan kotak kanannya kasih tanda / (gambar 4) setelah itu tekan Next maka data tanggal di cell B2 dan selanjutnya akan berubah terpecah penjadi 3 kolom (gambar 5), disini setiap kolom yang tadinya General kita rubah menjadi Text setelah itu tekan tombol Finish dan hasilnya adalah seperti (gambar 6), ok sekarang perhatikan urutan gambar dibawah ini :

gambar 2
gambar 3
gambar 4
gambar 5
gambar 6

Disini data di tabel B2 (gambar 1) yang tadinya berisi tanggal terpecah menjadi tiga kolom dan sekarang kita kasih nama kolom tersebut menjadi tanggal, bulan dan tahun, (gambar 6). Sudah beres ok sekarang bagaimana caranya agar bulan yang tadinya berbentuk angka 01,02, dan seterusnya bisa terbaca menjadi nama bulan seperti Januari, Februari dan seterusnya, disini kita akan memakan Fungsi IF, untuk pengetesan coba masukkan rumus dibawah ini di Cell E2 :

=IF(C1=”01″,”Januari”,IF(C1=”02″,”Februari”,IF(C1=”03″,”Maret”,
IF(C1=”04″,”Maret”,IF(C1=”05″,”Mei”,IF(C1=”06″,”Juni”,IF(C1=”07″,”Juli”,
IF(C1=”08″,”Agustus”,IF(C1=”09″,”September”,IF(C1=”10″,”Oktober”,
IF(C1=”11″,”Nopember”,IF(C1=”12″,”Desember”))))))))))))

Artinya jika tabel angka di Cell itu menunjukkan salah satu atau sama dengan angka yang dimaksud dalam rumus, misalkan di Cell C1 itu adalah 01 maka yang akan muncul adalah Januari dan seterusnya.

Jika benar rumus itu diterapkan maka hasilnya adalah seperti (gambar 7) dibawah ini :

Untuk data kebawahnya tinggal copy  kemudian paste.

Setelah itu coba masukkan rumus seperti postingan saya kemaren di Cell F2 yaitu :

=A2&”,”&” “&B2&” “&E2&” “&D2

Artinya kita menggabungkan data Kota (Cell A2) ditambah dengan data tanggal lahir yang berada di Cell B2 ditambah dengan nama bulan di cell E2 dan tahun di Cell D2, adapun penambahan tanda koma (,) dan spasi agar ada jarak diantara penggabungan tersebut.

Maka hasilnya adalah seperti pada gambar 8 berikut ini :

Semoga jawaban ini cukup memuaskan tapi jika ternyata ada cara lain yang lebih simple alangkah senangnya jika mau mengkoreksi atas postingan ini

Salam

Sumber bacaan :

Mohon maaf jika gaya bahasa dalam penyampaian memakai gaya saya sendiri…

Tips Sebelumnya :

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

94 thoughts on “Tips Microsoft Excel : Menggabungkan Data Kota Dan Tanggal Lahir

  1. Weeee….omiyan jago…dipecah dulu, trus digabung lg…ckckckck…muantab!!!

    Posted by Riki Pribadi | 12 Januari 2010, 06:01
  2. ah saya cuman belajar berlatih dan praktekan …ya inilah hasilnya

    Posted by omiyan | 12 Januari 2010, 06:22
  3. Waw …
    bisa begitu ya …

    hhhmmm ini sangat berguna bagi para Guru yang muridnya banyak …

    Untuk Trainer ?
    mmm … tinggal minta bagian HR atau IT …
    (dasar trainer males)

    Posted by nh18 | 12 Januari 2010, 06:57
  4. hahahahahahahaha jadi inget atasan saya wakakkaak

    Posted by omiyan | 12 Januari 2010, 07:02
  5. Sip…
    Omiyan benar…
    Keliatannya sepele tapi rumit juga.
    Awalnya saya terbentur permasalahan itu saat harus mengirimkan data peserta ujian.
    Salah satu kolomnya harus berisi tempat tanggal lahir.
    Padahal saya sudah punya data tempat lahir dan tanggal lahir dg kolom terpisah.
    Saat mau saya gabungkan dengan formula &, munculnya malah angka.
    Akhirnya saya mati2an kerja keras cari cara untuk mensiasati rumus excel agar saya nggak perlu ngetik ulang.
    Dan berhasil tapi panjang dan berliku.
    Makasih Omiyan, saya salut atas Ilmu Excelnya….
    Semoga ilmunya berkah.

    Catatan:
    Saya yakin Omiyan setuju dengan pendapat saya, bahwa lebih baik rumusnya panjang tapi paham, ketimbang singkat tapi hanya tinggal pakai tanpa tau alurnya.

    Posted by marsudiyanto | 12 Januari 2010, 07:18
  6. saya setuju pak mar karena dari situ pula kita bisa berkreasi toh dari awal yang rumit terkadang kreasi selanjutnya akan lebih mudah

    salam pak

    Posted by omiyan | 12 Januari 2010, 07:21
  7. Nambah dikit…
    Cara yg saya pakai mirip yg Omiyan paparkan.
    Perbedaannya cuman satu, yaitu menterjemahkan kode bulan ke nama bulan.
    Saya pakai vlookup.
    Tapi secara prinsip sama saja, mau pakai if atau vlookup nggak beda.
    Yang penting bisa ngikuti alur.

    Saya bener2 salut sama Omiyan. Kalau nggak didasari bakat, meskipun referensinya satu almari, akan susah untuk mengerjakan PR saya itu.
    Ada trik yang nggak serta merta dapat dilihat di buku.
    Dan itu ada pada Omiyan!!
    TOP lah…

    Posted by marsudiyanto | 12 Januari 2010, 07:23
  8. ilmu yang bermanfaat bila berbagi dengan kami

    Posted by kawanlama95 | 12 Januari 2010, 07:28
  9. hahahah iyah pak saya kelupaan tentang fungsi Vlookup dan memang lebih mudah dibanding dengan menggunakan fungsi IF, artinya banyak jalan menuju roma

    Posted by omiyan | 12 Januari 2010, 07:28
  10. Insya Allah mas, dengan begini saya juga belajar kembali sekaligus tetap sama sama mengasah kemampuan kita

    Posted by omiyan | 12 Januari 2010, 07:30
  11. Jago Uy…
    siip bwd infonya yh… :)

    Posted by angga erlangga | 12 Januari 2010, 08:46
  12. Om Yan,

    Saya ada rumusan kecil untuk menyelesaikan problem itu.

    Langkah yang dilakukan:
    1. C10 diisi dengan Bandung
    2. D10 diisi dengan 02/08/1990 (hati-hati dengan format ini, tidak jelas mana tanggal mana bulan, lebih baik pakai format 02-Aug-90)
    3. E10 diisi rumus sbb: = C10 & “, ” & TEXT(D10,”dd-mmm-yy”) untuk setting USA. Hasilnya: Bandung, 02-Aug-90. Atau,
    4. E10 diisi rumus sbb: = C10 & “, ” & TEXT(D10;”dd-mmmm-yyyy”) untuk setting Indo. Hasilnya: Bandung, 02-Agustus-1990.

    Note: Setting USA atau Indo bisa diubah dari Control Panel -> Regional and Language Options -> lalu ganti isi TextBox dengan Indonesian atau English (United States).

    Mudah-mudahan rumus ini lebih mudah dipahami karena hanya menggunakan satu fungsi yaitu TEXT, dan bisa jauh lebih sederhana daripada harus menggunakan beberapa kolom bantu dan IF Function yang panjang itu.

    Titip disampaikan juga ke Pak Mars barangkali bisa bermanfaat.

    Salam.

    Posted by Lambang 212° | 12 Januari 2010, 09:32
  13. Oiya apa yang lupa penjelasannya.
    Pada item nomor 3, ada tulisan TEXT(D10,”dd-mmm-yy”) dan pada item 4 ada tulisan TEXT(D10;”dd-mmmm-yyyy”).
    Masing-masing menggunakan list-separator yang berbeda, “koma” dan “titik koma”, dan harus disesuaikan dengan Regional Setting yang dipilih.

    Salam.

    Posted by Lambang 212° | 12 Januari 2010, 09:35
  14. Ok sip mas rumusnya berjalan, dan masalah tanda (,) atau (;) pastinya akan terlihat kita menggunakan settingan apa pada saat rumus digunakan
    tips yang bagus

    Posted by omiyan | 12 Januari 2010, 09:41
  15. Makasih buat Omiyan dan Mas Lambang.
    Lha itu yg kadang nggak kepikiran, yaitu masalah regional setting.
    Satu lagi yg saya pernah salah, yaitu penambahan tanda petik.
    Kalau antara titik (.) dan titik koma (;) saya agak paham.
    Wah…
    Saya jadi semangat.
    Lain kali ada PR lagi buat Omiyan.
    Sementara yg ini saya nikmati dulu.

    Posted by marsudiyanto | 12 Januari 2010, 10:39
  16. muantappp…
    segera buka kursus komputer for beginner :D

    Posted by bakulrujak | 12 Januari 2010, 11:06
  17. ampun om ampunnnn
    gaptek nih

    Posted by suwung | 12 Januari 2010, 11:51
  18. office 2007 ini kan? yang 2010 udah ada ya

    Posted by Rivanlee | 12 Januari 2010, 12:23
  19. wah, saya gak begitu pandai menggunakan microsoft excel :)

    Posted by azzaam | 12 Januari 2010, 14:02
  20. Ampuuuun…perlu balik lagi ke bangku sekolah nih buat memahami.
    Salam
    ALRIS

    Posted by alrisblog | 12 Januari 2010, 14:34
  21. nice info Omiyan, nambah ilmu untuk pakai exel, thanks share nya

    Posted by Ruang Hati | 12 Januari 2010, 21:24
  22. Wah, mantabs tipsnya. Emang ebat om ini…

    Posted by dira | 13 Januari 2010, 01:32
  23. Oya Om, saya pasang link blog ini, nambah teman..

    Posted by dira | 13 Januari 2010, 01:36
  24. asik.. mengingat2 kembali pelajaran MS excel

    Posted by indra java | 13 Januari 2010, 03:47
  25. Dengan mengandaikan format penulisannya seperti pada gambar 1, maka ada 2 solusi yang bisa dipakai di kolom C2, yakni :

    1. =A2&”, ” &TEXT(B2; “dd mmmm yyyy”)
    2. =CONCATENATE(A2;”, “;TEXT(B2;”dd mmmm yyyy”))

    Agar penamaan bulannya sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia, seperti kata Lambang 212, maka harus dilakukan set ulang pada bahasa yang dipakai komputer yakni START==> CONTROL PANEL ==> REGIONAL & LANGUAGE OPTIONS

    Posted by Putu Winarta | 13 Januari 2010, 03:50
  26. Dengan mengandaikan format penulisannya seperti pada gambar 1, maka ada 2 solusi yang bisa dipakai di kolom C2, yakni :

    1. =A2&”, ” &TEXT(B2; “d mmmm yyyy”)
    2. =CONCATENATE(A2;”, “;TEXT(B2;”d mmmm yyyy”))

    Catatan :
    – Jika Format tanggal pada fungsi TEXT memakai “d mmmm yyyy” maka untuk tanggal dibawah 10 akan tertulis 2 Agustus 1990, jika memakai “dd mmmm yyyy” maka hasilnya 02 Agustus 1990.

    – Agar penamaan bulannya sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia, seperti kata Lambang 212, maka harus dilakukan set ulang pada bahasa yang dipakai komputer yakni START==> CONTROL PANEL ==> REGIONAL & LANGUAGE OPTIONS

    Posted by Putu Winarta | 13 Januari 2010, 03:57
  27. Assalamu’alikum,
    Excel memang banyak memberi kemudahan, terima kasih infonya, sangat berguna bagi yg belum menguasai Excel. (Dewi Yana)

    Posted by jalandakwahbersama | 13 Januari 2010, 04:04
  28. Wow….Nambah Ilmu baru nih, Mantafff Gan !!

    Posted by Rafi | 13 Januari 2010, 04:08
  29. excel bisa membuat data yang akan dimasukkan dan digabungkan menjadi lebih gampang, asalkan tahu rumusnya makasih omiyan.. btw jadi teringat ada majalengka disitu…

    Posted by Mamah Aline | 13 Januari 2010, 04:27
  30. salam kenal.salm selalu.

    Posted by yoko | 13 Januari 2010, 06:17
  31. wah, dulu SMA ndak pernahl ngoprek excel sampe begini..

    Posted by Ongki | 13 Januari 2010, 11:39
  32. OM, siplah, saya hampir sama pernah mencoa seperti itu. Mungkin seperti Pak Mars masih panjang dan berliku. tidak seperti ini enak
    saya menggunakan fungsi DAY,MONTH, YEAR untuk memisah menjadi tgl-bln-thn yang berasal dari satu kolom
    kemudian untuk membuat nama bulan saya menggunakan VLOOKUP dengan terlebih dahulu membuat range nama-nama bulan
    seperti pada rumus mencari hari lahir http://budies.wordpress.com/2009/12/02/mencari-hari-lahir-dan-weton-dengan-excel/
    salam kreatif OM

    Posted by budisan68 | 13 Januari 2010, 17:05
  33. keren skali tutorial ini
    makasih om !

    Posted by warm | 14 Januari 2010, 07:38
  34. pak, minta tolong nih…(fungsi IF)
    di data excel ada cell dengan format date : 14-Mar-01
    contoh :
    di cell B2 terisi data: 21-Nov-2010 (berubah otomatis ketika saya isi dengan 11/21/10, karena saya memilih format DATE tsb.)
    pertanyaan : bagaimana sintax fungsi IF(MID -nya jika saya mau mengambil karakter Nov tersebut.(yang saya inginkan, jika cell B2 tertulis Nov, maka Cell A2 berubah menjadi Nopember, tetapi Format Cell B2 tetap menggunakan format date : 14-Mar-01.

    Rumus yang sudah saya coba : =if(mid(B2,4,3)=”Nov”,”Nopember”)
    kalau bisa sekalian bagi pengetahuan tentang “FUNGSI IF” tersebut karena saya sangat penasaran dan tertarik dengan fungsi tersebut. :)……..
    sekali lagi saya minta tolong pak,terima kasih banyak sebelumnya…..

    Posted by MURDANI | 15 Januari 2010, 02:24
  35. Jujur saya masih bingung dengan pertanyaan mas murdani maksudnya mungkin begini ya

    Cell B2 datanya 21-Nov-2010 terus pengennya di Cell C2 menjadi 21-November 2010

    coba rumus ini mas di Cell C2

    —–> =TEXT(B2,”dd-mmmm-yy”)

    kalau ternyata maksud mas bukan begitu maksudnya yang mas pengen dapetin bulannya doank tapi berubah dalam artian nama bulan full contohnya

    Cell B2 datanya 21-Nov-2010 terus pengennya di Cell C2 hanya muncul November

    kalau bener seperti itu coba rumus ini mas :

    —–> =TEXT(B2,”mmmm”)

    Semoga jawabannya itu yang dimaksud kalau salah ….

    Perjelas lagi ya pertanyaannya hehehehehe

    salam

    Posted by omiyan | 15 Januari 2010, 06:18
  36. Terima kasih buanyakkkkkk…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..ternyata ketemu juga pak……………………… :) :)

    Posted by MURDANI | 15 Januari 2010, 07:48
  37. semoga blognya bertambah siiiiiiiiiiiiiiippppp…………….

    Posted by MURDANI | 15 Januari 2010, 08:03
  38. Bagaimana cara memberi judul pada pivot tabel ???????????????

    Posted by MURDANI | 15 Januari 2010, 08:30
  39. omiyan minta tolong untuk pembuatan data kwitansi :

    contoh : cell A1 tertulis Rp. 350.000,- trus di cell B2 bisa langsung tertulis huruf Tiga Ratus Lima Puluh Ribu rupiah

    trims,

    Posted by Milo | 27 Januari 2010, 13:47
  40. Halo mba Milo :

    jawabannya tunggu aja besok ya akans aya posting

    salam

    Posted by omiyan | 28 Januari 2010, 09:50
  41. wah … seep jadi ada tutorial excelnya di sini :)

    Posted by hmcahyo | 30 Januari 2010, 05:02
  42. pak kalau kolomnya panjang gmana? apa bisa ditarik aja kebawah trus digabungin coz saya coba berkali2 tidak bisa jadi harus gabungin tiap baris gt padahal jumlah baris data sangat banyak.

    trimakasih banyak pak.

    Omiyan : Saya kurang jelas maksudnya kalau ada contoh kasusnya kirim aja email ke bunga.liani@yahoo.co.id

    Posted by dheve | 1 Februari 2010, 05:18
  43. sUmpaH riBet bgtTTttt……………
    bUt, tHanks yH………..

    Posted by tHia | 2 Februari 2010, 12:56
  44. Trima kasih rumus n langkah2nya sangat jelas n sangat membantu saya saat ini, terima kasih.

    Posted by jerry | 10 Mei 2010, 10:02
  45. saya ga tau sama sekali soal excel.. kira2 kalo belajar sampe ke om omiyan bisa ga ya???
    ini lagi mau coba2 buat tabel.. rokok uda abis 2 bungkus tapi ga ngerti2 hahaha :D

    mohon bimbingan dari org yg sabar please :(

    Posted by vandrow | 12 Mei 2010, 10:31
  46. Salam Kenal pak …

    Akan saya coba semua tips Bapak di OpenOffice …

    Trims

    Posted by Bayu Satrya | 17 Mei 2010, 00:52
  47. mas, saya minta bantuan, tolong buatkan list program terbilang untuk penulisan Ijazah/daftar nilai ujian, karena ada beda dengan list program terbilang yg mas buat terutama dalam ejaan dibelakang desimal, contoh : 84,00 harus ditulis delapan puluh empat koma nol nol, 84,10 ditulis delapan puluh empat koma satu nol, 84,45 ditulis delapan puluh empat koma empat lima, tolong kirim via email, ya mas, trims atas bantunannya. kalau bisa secepatnya, soalnya perlu untuk print daftar nilai hasil ujian/raport!!

    Posted by esa | 20 Mei 2010, 07:48
  48. top markotop….ilmu utk org yg sedang belajar seperti saya ni…

    Posted by RAHMAD | 25 Mei 2010, 08:05
  49. Mas… misal saya akan membuat laporan nilai dengan excel, dengan asumsi setiap mengetik kelasnya akan otomatis wali kelas dan nama siswanya (krg lebih 34 orang)akan mengikutinya (tampil)… bagaimana logikanya? atau cara cepatnya… atau mohon contoh pembuatanya… (dg excel)… tank U… smoga bermanfaat…

    Omiyan : saya usahakan pak..Insya Allah

    Posted by budi | 2 Juni 2010, 02:35
  50. Omiyan, kalo saya baca ternyata referensinya ‘cuma’ bukunya Johar Arifin dan saya juga punya buku itu. Karena ‘terlalu sering’ dibaca tuh buku, akhirnya baru nambah lagi deh ilmu saya. Saya beli buku itu saat mau bikin analisis hasil ujian semester siswa, dan hasilnya ajibbbbb…makasih Omiyan & Johar Arifin.

    Posted by Hendra Saputra | 7 Juli 2010, 16:43
  51. kang bagai mana cara bikin kotak di exel tapi yang terpisah macam kotak kotak pemilu gitu !!! g mana ya,………

    Posted by irfan hidayat | 10 Agustus 2010, 09:21
  52. mw tanya..misal sy mau nyatuin data secara acak, misal sy punya data sluruh data Nomor induk siswa (NIS 1).kmudian saya mau menambahkan data/kolom kalo siswa tsb udah melakukan pemotretan ijazah dr Nomor induk siswa (NIS 2) tsb. sedangkan yg telah melakukan pemotretan tsb nomor induk siswanya (NIS 2)acak, tidak berurutan seperti data NIS 1.
    bagaimana caranya,,
    mohon bantuannya.trimakasih

    Omiyan : Coba di NIS2 dibuat menjadi urutan kan bisa di SORT dari yang kecil menjadi besar atau yang besar menjadi kecil

    Posted by gita | 11 Agustus 2010, 13:35
  53. DEAR OMIYAN,

    saya punya tugas kuliah, jadi seperti ini, saya ingin mengopy data dari sheet A ke sheet B mengenai jadwal masuk/pulang karyawan.

    sheet A adalah tabel bantu yang terdiri dari nama karyawan, tanggal bekerja, dan jam masuk serta jam pulang karyawan.

    sedangkan sheet B adalah tabel hasil..
    kesulitan saya adalah ketika menggunakan rumus vlookup, yang terbaca adalah jam pulang nya saja, sedangkan jam masuk na tidak terbaca oleh rumus.

    tolong bantu saya ea Omiyan. thank you

    regards,

    Posted by PENTI | 23 Agustus 2010, 07:01
  54. Pak Iyan….tulung saya yach…
    ane punya sual mencari tanggal terakhir masuk di excel….
    Soalnye…
    Nama Tgl masuk
    Marama T 13-Jun-2004
    Vivian Smith 3- Apr-2003
    Bob Smith 17-May-2004
    Kate Rualoy 4-Apr-2004
    . .
    . .
    . .
    pertanyaannya?
    Dapatkan tanggal masuk penghuni terakhir dan nama penghuni terakhir

    Mohon dijawab secepetnya yaaach…
    Atas bantuannya aye ucapin muakasih banyaaak

    Omiyan :

    Kalau nama ada di Shee A dan tanggal lahir di Sheet B, apa ga gunain aja Filter kemudian di Short dibagian tanggal dengan formula Z–>A

    Posted by Ivan Hartzan | 20 Oktober 2010, 02:11
  55. nice info gan…..

    Posted by nur rofik | 3 November 2010, 03:16
  56. MET MALAM PAK, SAYA DARI SMA NEGERI 1 KOTAWARINGIN LAMA DIPLOSOK KALIMANTAN TENGAH, MAU MINTA TOLONG BUATKAN RUMUS UMPAMA si Gusti jadi pegawai Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Desember 1994 saat ini si Gusti sudah naik pangkat IVa, bagaimana cara mencari lamanya si Gusti bekerja dalam bentuk tahun bulan terpisah (selama ini kami membuat DUK (daftar urut kepangkatan) masih manual) terimakasih atas bantuannya

    Omiyan : Saya coba bantu ya pak walau dari segi keakuratan masih dirasa jauh

    andaikan dia kerja TMT (cell A1) 01-12-1994
    Cell B1 05-11-2010
    Maka rumus di untuk mencari jumlah bulan yaitu di Cell C1 =DAYS360(A1,B1)/30
    kenapa memakai rumus Days360, diumpamakan dalam setahun adalah 360 hari dan jumlah hari setiap bulannya adalah 30 hari

    atau bisa juga menggunakan rumus di Cell C1 =(B1-A1)/30.5
    diumpamakan dalam setahun itu 366 hari atau jumlah hari setiap bulannya 30.5

    untuk pembuktiannya, dengan jumlah bulan yang sudah kita dapatkan di Cell C1 coba di D1 gunakan rumus =Eomonth(A1,C1) maka akan didapat 30-11-2010 memang tidak ketemu langsung tanggal 15-11-2010 karena itu faktor pembulatan dari bulan itu sendiri

    selamat mencoba dan semoga bisa sedikit memuaskan

    Posted by karsanto | 12 November 2010, 20:05
  57. yth. bp omiyan

    saya punya permasalahan, saya meng-entry sejumlah data. setelah semua jadi, tiba-tiba timbul permasalahan, atasan saya meminta format nomor induk 33,1414,121345,0005 dirubah menjadi 33.1414.121345.0005 (separatornya memakai “titik”), padahal datanya ratusan ribu, dan harus dirubah dalam waktu 3 hari. kami telah berusaha merubah dengan berbagai rumus, tetapi tidak bisa. mohon solusinya.

    terima kasih sebelumnya

    Posted by nono suwarsono | 22 November 2010, 22:11
  58. nono suwarsono :

    Kalau boleh tahu penulisan angka tersebut dalam format apa pak, custom atau text. Kalau itu custom bapak harus merubah format regional untuk bahasanya dari English ke Indonesia tapi kalau format penulisan Nomor Induk tersebut adalah Format Text sebetulnya sangat mudah tekan Ctrl F klik Replace masukkan , (koma) di Find What dan . (titik) di Replace With maka secara otomatis data tersebut akan berubah menjadi tanda titik seperti yang diharapkan.

    Jika masih ada kesulitan silakan tanya lagi atau kalau ga beri saya contoh bentuk Nomor Induknya biar saya pahami dulu.

    makasih

    Posted by omiyan | 23 November 2010, 00:45
  59. untuk pertanyaan bisa dilayangkan ke

    bunga.liani@yahoo.co.id atau ke blognyaomiyan@gmail.com

    Posted by omiyan | 23 November 2010, 00:46
  60. bagaimana cara menggabungkan data penjualan&pembelian tahun 2009&2010 dan cara mengetahui rata2 nilai tersebut,thanks
    thanks

    Omiyan: mba diana silakan buka emailnya jawabannya sudah saya kirim via email karena dalam bentuk contoh di excel, semoga sesuai yang diharapkan

    Posted by diana | 24 November 2010, 03:30
  61. kupunya tugas xl………..bikin strez……………..bisa g yagh dibantuin…………..

    Posted by dhira | 18 Desember 2010, 01:33
  62. kamu bisa bantuin aku g’kerjaink tugas microsoft excel aq……susah ….

    : Hehehehe mending kerjain sendiri, atau coba saya pelajari nanti kasih tipsnya..kirim aja via email ya ke bunga.liani@yahoo.co.id atau ke blognyaomiyan@gmail.com

    Posted by dhira | 18 Desember 2010, 02:03
  63. Untuk menggabungkan tempat lahir dan tanggal lahir, rumus yang singkatnya (=bawa ke sel tempat lahir &”,”&text(bawa ke sel tanggal lahir,”dd mmmm yyyy”), selamat mencoba..

    Posted by fidarosydan | 18 Januari 2011, 06:19
  64. bagaimana jika datanya satu kolom gabung contoh (Bima, 17-07-1989) mau dirubah/dipisah agar data tempat lahir jadi satu kolom (Bima) dan tanggl,bln,thn jadi satu kolom (17-07-1989)???

    : Terima kasih atas komentar sekaligus pertanyaanya mas hendra di blog saya

    coba gunakan cara sebagai berikut :

    1. Arahkan cursor ke file tersebut Bima, 17-07-1989
    2. Klik Tab Data kemudian dalam form Data Tools pilih Text To Columns maka selanjutnya akan muncul form dengan tulisan Convert Text to Columns Wizard …….
    3. Klik Next dan selanjutnya centang comma kemudian klik Next
    4. dan selanjutnya Klik Finish
    5. Dan hasilnya yang tadinya nama kota dan tanggal lahir ada dalam satu kolom kini terpisah menjadi 2 kolom

    Semoga jawaban ini cukup memuaskan

    Salam

    Posted by Hendratno | 26 Januari 2011, 04:29
  65. @Hendratno : silakan cek email mas jawabannya ada juga saya kirim via emal

    terima kasih

    Posted by omiyan | 26 Januari 2011, 05:02
  66. bagaimana membuat memformat tabel yg bisa menampilkan dan melakukan perhitungan yang simultan seperti tabel tabulasi data perhitungan nilai akhir UN 2011?..bisakah tabel seperti itu dibuat di microsoft acces?..kalau bisa bagaimana cara memformatnya?

    Posted by Hendratno | 26 Januari 2011, 11:10
  67. thank’s atas solusi yang diberikan..ini sangat berharga bagi saya yang masih sangat awam dengan hal ini

    Posted by Hendratno | 26 Januari 2011, 11:13
  68. Kalau Data awalnya seperti, kota, tanggal kita hapus apakah data jadinya jadi hilang juga?
    bagaimana caranya supaya data jadinya tidak hilang apabila data kota, tanggal kita hapus?

    Omiyan : Data yang sudah digabungkan kita copy paste special di cell lain

    Posted by parlan | 6 April 2011, 03:21
  69. Simpelnya gini aja: =A2&”, “&TEXT(B2;”[$-421]dd mmmm yyyy”)

    A2 kolom nama tempat
    B2 kolom tanggal (12/01/2011)
    Maka Hasilnya
    Bandung, 12 Januari 2011

    Posted by smkn 2 banjarbaru | 6 Mei 2011, 07:38
  70. pus s s s s s s s ing

    Posted by dhimasdwu | 9 Mei 2011, 08:37
  71. Terima kasih sharingnya om iyan..solved! ^__^

    Posted by Rumah Pintar Kembar | 11 Juni 2011, 11:15
  72. Salam kenal dulu ah, Omiyan.
    q taufik.
    q punya masalah ne, pengen belajar dari Omiyan.
    “gini pak, q pengen bikin database data siswa disuatu sekolah, dari awal data pendaftaran mpe dia mau lulus 2 tersusun dalam satu database gt Omiyan, tp q pengen bikinya pake excel.
    kira2 bisa gak ya Omiyan???
    sebelumnya terima kasih ya Omiyan atas bantuannya, saya bener2 butuh bantuan Omiyan.
    klo mo balas lewat Email, ne email saya : topx4654@yahoo.co.id

    Omiyan : Silakan cek email pak

    Posted by topxpoloz4 | 9 Juli 2011, 02:36
  73. salam kenal pak Omiyan..
    q butuh bantuan ne, gimana caranya bikin database Siswa pake Excel.
    terima kasih atas sharingnya omiyan…
    tolong bales lewat email ya omiyan.

    Posted by topxpoloz4 | 9 Juli 2011, 12:07
  74. Mantabb..makasih banyak ya..

    Posted by Dyna | 19 Agustus 2011, 18:04
  75. sudah ada tuh yang menggunakan fungsi CONCATENATE, ternyata lebih mudah dan sangat simpel. bisa digunakan untuk menggabungkan apa saja.

    Posted by fan | 5 September 2011, 04:41
  76. Maaf. Saya termasuk orang yang gaptek. saya coba seperti if yang di atas ko cuma sampai bulan Agustus Aja yang mau, sedangkan september s/d desember error. mohon penjelasanya. thx

    Posted by Idris, A.Ma | 22 September 2011, 18:01
  77. cara yang lebih gampang lagi untuk topik ini dapat menggunakan formula CONCATENATE.

    Posted by Ahyar | 27 November 2011, 10:23
  78. trims ya, anak2 skr pinter2 q yg sudah tua ini mlah bljr k adik2, se x gi trim

    Posted by dhany | 12 Januari 2012, 12:31
  79. makasih… sangat membantu

    Posted by ariechrie | 18 Januari 2012, 17:30
  80. Terima kasih atas berbagi ilmu, mudah-mudahan bermanfaat buat saya. Mohon maaf, mungkin cuma salah ketik:
    IF(C1=”04″,”Maret”,IF(C1=”05″,”Mei”,IF(C1=”06″,”Juni”,IF(C1=”07″,”Juli”,

    Mungkin seharusnya IF(C1=”04″, April, …. dst

    Sekali lagi terima kasih

    Posted by Diono | 19 Februari 2012, 17:01
  81. Mas Yan,
    Saya mau buat kartu peserta ujian untuk anak2.
    Yang saya bubuhkan foto dan dibuat otomatis dengan Vlookup.
    Gimana rumusnya ya?
    susah mas.

    Omiyan : jika pakai excel sampai dengan saat ini saya masih belum bsia jawab mas, tapi jika pakai acces saya bisa bantu

    Posted by maskatrok | 3 Maret 2012, 18:43
  82. Blog yang mantaf,

    Izin bertanya:

    omiyan saya bertugas di bagian pelayanan pembuatan surat keterangan, saya punya data acces nama karyawan/personel, lalu saya akan membuat data jabatan, tempat kerja dan alamat kantor, bagaimana cara menggabungnya dan mencetaknya dalam sebuah blangko?

    Terimakasih..

    Omiyan : Kalau sudah di acces lebih mudah pak tinggal QUERY antar table kita lakukan, nanti akan saya bahas

    Posted by sigit | 24 Maret 2012, 05:51
  83. Makasih banyak ilmunya Mas. Sangat membantu pekerjaan saya.

    Posted by Bagus | 12 April 2012, 21:55
  84. maksih ilmunya om, sangat berguna sekali

    Posted by Black | 4 Mei 2012, 16:00
  85. assalamualaikum, om thx ya ilmunya, bermanfaat sangat….sy mau nanya om kalo mau otomatis terset tanggal bulan tahun tanpa pengetikan tp berupa pilihan seperti kita ingin menentukan pilihan jenis font di menu bisa g om? thx sebelum dan sesudahnya, wasslm

    Omiyan : bisa dengan mengetikkan =today()

    Posted by anindya java | 19 Mei 2012, 14:41
  86. contoh : file:///C:/Documents%20and%20Settings/Rachmat_IT/My%20Documents/sample.jpg

    Posted by anindya java | 19 Mei 2012, 14:48
  87. maaf salah om

    Posted by anindya java | 19 Mei 2012, 14:50
  88. Mantap, bisa jadi contoh dan bahan ajar buat siswa SMK… THX VERY MUCH

    Posted by Dede Rohanda | 12 Juni 2012, 21:56
  89. om, kalo saya biasanya kurang suka membuat if berderet yang banyak banget, biasanya saya pake vlookup dengan sebelumnya membuat tabel terpisah. memang sih kelihatannya jadi agak ribet.

    Posted by Krisna | 19 Juni 2012, 18:16
  90. Kalau saya sih ubah dulu REGIONAL SETTING-nya ke Indonesia.
    Trus rumusnya begini: =A1&”, “&TEXT(B1;”d mmmm yyyy”)

    Posted by Purwo Maryanto | 7 Desember 2012, 10:31
  91. pakai rumus ini mas =kolom tempat kota& “, ” &TEXT(kolom tempat tanggal; “dd-mm-yyyy”)

    Posted by octa | 27 Maret 2013, 11:10
  92. mas, sy mau tanya. Bagaimana cara data yg kita entry dari sheet 1 ke sheet 2 ketika pada sheet 1 sudah dihapus tp data pada sheet 2 tidak terhapus?
    tks sbelumnya

    Posted by Putra Ginta | 20 Mei 2014, 01:14

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Menggabungkan Data Kota Dan Tanggal Lahir | jyzeet Mencoba Berbagi - 29 September 2013

  2. Ping-balik: Tips Microsoft Excel : Menggabungkan Data Kota Dan Tanggal Lahir Bag. II | Blognya Omiyan - 20 Juni 2014

Berikan Balasan

twitter

  • 1,826,873 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 777 pengikut lainnya.

smadav antivirus indonesia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 777 pengikut lainnya.

