Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Excel : Mengunci Kolom atau Baris di Worksheet Excel


Tips ini sebenarnya sudah banyak dan dibahas oleh para master excel tapi tidak ada salahnya kita ulas balik untuk mengingatkan kembali temen-temen yang mungkin sampai dengan saat ini masih pada bingung.

Pastinya suatu saat kita pernah menemukan sebuah worksheet excel dimana diantara kolom atau baris ada beberapa kata/kalimat ada yang bisa diedit ada juga yang tidak sama sekali. Biasanya kita menemukan hal tersebut ketika mengisi data atau suatu isian dalam lembar kerja excel.

Apakah sulit membuatnya, tentunya tidak….dan caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka excel, anggaplah kita akan kerja di Sheet1 dan sekarang klik kanan pilih  Format Cells... kemudian arahkan kursor ke Protection disana sudah tercentang untuk Locked sedangkan Hidden  belum, sekarang hilangkan centan di Locked  dan setelah itu klik OK tentunya.
  2. Coba kamu tulis di cell A1 —–> Nama, Cell A2  —–> Tempat Lahir, Cell A3  —–> Tanggal Lahir.
  3. Sorot atau blok untuk Kolom A atau yang ada tulisan Nama dll.
  4. Setelah itu klik kanan dan pilih  Format Cells… kemudian arahkan kursor ke Protection centang untuk Locked begitupun Hidden  lalu klik OK.
  5. Dalam kondisi dikolom A masih di blok atau yang ada tulisan Nama dll , arahkan Kursor di tulisan Sheet1 kemudian klik kanan dan pilih Protect Sheet.., biasanya akan muncul form dimana sudah tercentang secara otomatis adalah Protect worksheet and contents of locked cells kemudian tambah centang selain Select locked cells dan Select unlocked cells yaitu Sort  dan tekan aja OK.
  6. Sekarang coba arahkan kursor ke tulisan yang sudah kita buat tadi sudah bisa dipastikan tidak bisa di edit lagi sedangkan kolom lainnya yang tidak di blok masih bisa kita edit.

Mudah bukan…selamat mencoba

Postingan ini sebagai pengganti postingan yang saya janjikan kemaren, dikarenakan entah karena apa saya tidak bisa upload gambar.

About these ads

Tentang omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

20 pemikiran pada “Tips Microsoft Excel : Mengunci Kolom atau Baris di Worksheet Excel

  1. lumayan buat lebi lagi mengenal exel..

    Posted by amirul | 21 Juni 2011, 07:04
  2. ikut menyimak aja dulu

    Posted by agussupri | 21 Juni 2011, 07:25
  3. @Amirul & @Agussupri

    Monggo mas :)

    Posted by omiyan | 21 Juni 2011, 07:33
  4. Makasih banyak om kebetulan ada tugas mecahin soal seperti ini pas banget, saya baca beberapa kali baru ngeh dan berhasil – makasih ya

    Posted by Anisa | 21 Juni 2011, 12:24
  5. Klo pakai Excel 2003 gak muncul menu protect sheet nya :(

    Posted by yoel | 22 Juni 2011, 15:08
  6. Siiip…. info tambahan ilmu bagi saya. Terima kasih ya om…

    Posted by Zulmasri | 23 Juni 2011, 04:09
  7. Om Kok malah semua jadi ke blok worksheet 1 nya, bukan hanya kolom A( Cell1,2,3)

    Posted by gedejhony | 29 Juni 2011, 02:23
  8. Mas gedejhony dicoba ulang mas pasti ada yang salah

    Posted by omiyan | 30 Juni 2011, 01:11
  9. Info yang bagus nambah2 ilmu,,, :)

    Posted by Forex | 8 Juli 2011, 08:13
  10. makasih infonya mas,sukses slalu

    Posted by unik murniyati | 1 November 2011, 05:34
  11. Kok gak jadi Mas…Malah jadi ke Protect Sheet nya dan ga bisa di edit satupun*

    Omiyan : Coba ulangi lagi, kemungkinan awalnya yang salah mas

    Posted by alexanderagung11 | 22 Desember 2011, 16:23
  12. maksud Q thu………
    apa yg di maksud dg kolom, sel, ring, garis??
    tau gc……..

    Posted by lina | 13 Januari 2012, 09:47
  13. Cara mengunci tersebut sudah OK, tapi bagaimana jika mau mengunci cell pada sheet agar tidak bisa diubah lebar (column widht) & tinggi (row hight), jadi benar-benar terkunci?
    Terima kasih atas kerjasamnya.

    Posted by Bagus Sayekti | 5 April 2012, 13:30
  14. makasih ya oom….

    Posted by justine | 18 Oktober 2012, 14:13
  15. mkcih mas bro to postingnya.

    Posted by langit | 8 November 2012, 07:13
  16. infonya menarik gan, makasih sudah di share ilmunya..

    Posted by chipsaktibekasi | 18 Februari 2013, 13:30
  17. trimksh bnyak gan..

    Posted by patih | 4 April 2013, 10:01
  18. terima kasih,om. pas bener saya lg perlu tips ini.

    Posted by Eko Wongkopati | 1 Mei 2013, 22:18
  19. terimakasih infonya… sukses selalu dengan ilmu-ilmunya…

    Posted by MOHAMMAD AMIN | 21 Juni 2013, 04:11

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Tips Microsoft Excel : Membuat Form Data Pelamar Kerja Dengan Menggunakan Option Button (Form Control) dan Check Box (Form Control) « Blognya Omiyan - 17 Januari 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 1,651,456 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 704 pengikut lainnya.

smadav antivirus indonesia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 704 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: