Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Excel : Membuat Form Data Pelamar Kerja Dengan Menggunakan Option Button (Form Control) dan Check Box (Form Control)


Alhamdulillah akhirnya selesai juga tulisan ini setelah saya buat offline dalam waktu 2 minggu hahaha lama juga yah, maklum kesibukan kantor dan usaha Toko Online saya membutuhkan perhatian lebih.

Tulisan kali adalah tentang membuat Data Pelamar Kerja atau lebih tepatnya Data isian alamat Calon Pelamar kerja (Form). Hal ini terinspirasi dari tempat kerja saya yang setiap hari saya geluti dimana ada sebuah data isian apabila data tersebut sama maka kita mengharapkan adanya sebuah jalan pintas untuk tidak menulis ulang isian data tersebut.

Tips Microsoft Excel : Membuat Form Data Pelamar Kerja Dengan Menggunakan Option Button (Form Control) dan Check Box (Form Control), pada intinya isinya sama dengan tulisan sebelumnya hanya format contoh aplikasinya saja yang berbeda.

Yuk kita mulai.

Siapkan kertas kerja excel dan buatlah data seperti gambar berikut ini (untuk isian data dikosongkan dulu yah) :

Untuk lebih memahaminya silakan klik gambar disamping pahami baik-baik yah.

Disini nantinya kita akan membuat semacam shortcut untuk penulisan alamat dengan tidak menulis kembali setiap katanya tapi dengan mengklik Check Box (Form Control) maka data yang sebelumnya sudah ditulis akan muncul secara otomatis jika ternyata alamat di KTP sama dengan alamat tinggal sekarang.

Oke tugas temen-temen buatlah persis dengan contoh gambar disamping, selanjutnya coba perhatikan Cell C28, disitu terdapat Option Button (Form Control) untuk mengaktifkannya silakan baca Tips Microsoft Excel : Mengenal Fungsi Form Control OPTION BUTTON. Kalau agak bingung ikuti langkah saya sebagai berikut :

Klik lambang Microsoft dipojok kiri atas kemudian klik excel options lalu centang √ Show Developer tab in the Ribbon lalu klik Ok dan hasilnya seperti ini :

Klik tab Developer dan disana akan ditemukan Insert Controls.

Atau bisa juga dengan cara seperti ini :

  • Klik lambang Microsoft dipojok kiri atas,
  • Kemudian klik excel options,
  • Klik Customize
  • Ubah pilihan Popular Commands dengan All Commands
  • Selanjutnya cari dan addControls.

Dan akan muncul ikon seperti ini :

Sudah mengerti kan cara menampilkan atau memunculkan Option Button (Form Control), selanjutnya kita kembali ke Cell C28, klik Commands Controls lalu pilih Option Button (Form Control) di Cell C28 (Pengalaman Kerja).

Selanjutnya klik kanan Option Button (Form Control), lalu klik Format Control, lalu klik Tab Control selanjutnya di Cell Link arahkan kursor ke sebuah Cell untuk menyimpan sebuah nilai, sesuai contoh yang ada disimpan di Cell K1. Perhatikan di Cell K1 akan muncul sebuah nilai yaitu 1.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengcopy paste Option Button (Form Control) yang sebelumnya kita ubah namanya menjadi ADA. Jangan lupa hasil copy pastenya kita ubah menjadi TIDAK ADA.

Coba perhatikan Cell K1, jika kita klik Option Button (Form Control) yang sudah berganti nama menjadi TIDAK ADA maka nilainya akan menjadi 2.

Fungsi Option Button ini adalah untuk memberikan pilihan kepada para Pelamar apakah [unya pengalaman kerja atau tidak, jika ada maka sipelamar akan dipinta data perusahaan sebelumnya. Coba perhatikan gambar di Cell A30, Cell A32 dan Cell A34.

Cell A30 buatlah sebuah rumus sebagai berikut :

=IF($K$1=2,””,”NAMA PERUSAHAAN”) atau =IF($K$1=1,”NAMA PERUSAHAAN”,””)

Maksudnya, jika sipelamar memilih pilihan data ADA Pengalaman kerja sebelumnya maka secara otomatis di Cell A30 akan muncul Nama Perusahaan, jika TIDAK ADA Pengalaman Kerja maka blank alias kosong.

Untuk Cell A32 rumus yang dibuat adalah :

=IF($K$1=2,””,”JABATAN”) atau =IF($K$1=1,”JABATAN”,””)

Untuk Cell A34 rumus yang dibuat adalah :

=IF($K$1=2,””,”LAMA KERJA”) ATAU =IF($K$1=1,”LAMA KERJA”,””)

Sekarang jika pilhan tentang ada atau tidaknya pengalaman kerja si pelamar dan pilihannya adalah Tidak Ada, maka untuk Cell C30 kita ingin membuat ada sebuah pemberitahuan untuk tidak mengisi kolom tersebut, dan rumusnya adalah :

=IF($K$1=2,”Kolom Tidak Usah Diisi”,””) atau =IF($K$1=1,””,”Kolom Tidak Usah Diisi”)

Copy Paste rumus tersebut di Cell C32 dan Cell C34.

Sampai disini sudah cukup paham, oke sekarang perhatikan kembali gambar form tersebut sekarang kita akan melakukan penyelesaian akhir yaitu :

” Apabila alamat di KTP sama dengan alamat sekarang maka kita mengharapkan adanya suatu Shorcut yang memudahkan pengisi form tersebut dengan tidak menulis kembali “

Nah yang kita gunakan adalah Check Box (Form Control), disini nantinya cukup dengan menandai atau mencentak box yang tersedia maka data sebelum yang sudah kita tulis akan muncul secara otomatis.

Perhatikan Cell A36 (Alamat Sekarang) disamping terdapat Check Box (Form Control), cara untuk menampilkan Check Box (Form Control) sama dengan cara menampilkan Option Button (Form Control).

Lalu lakukan cara seperti ini :

  • Klik kanan pilih Format Control
  • Akan muncul Form Format Control dan berada pada posisi Tab Control
  • Perhatikan Cell Link klik lalu arahkan kursor disebuah Cell, seperti dicontoh disimpan di Cell K3
  • Dalam keadaan tidak tercentang maka Cell K3 akan bernilai FALSE tapi ketika kita centang maka akan bernilai TRUE.
  • Lalu rename menjadi Sesuai Identitas Umum (KTP).

Hal selanjutnya yang dilakukan untuk memunculkan kembali data yang sudah kita tulis sebelumnya di Identitas Umum Sesuai KTP  seandainya Alamat Sekarang sama dengan data di KTP, adalah dengan membuat rumus seperti ini :

Alamat (Cell C38) :

=IF($K$3=TRUE,C12,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,C12)

RT (Cell C40) :

=IF($K$3=TRUE,C14,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,C14)

RW (Cell E40) :

=IF($K$3=TRUE,E14,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E14)

KELURAHAN (Cell C42) :

=IF($K$3=TRUE,E16,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E16)

KECAMATAN (Cell C44) :

=IF($K$3=TRUE,E18,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E18)

KELURAHAN (Cell C46) :

=IF($K$3=TRUE,E20,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E20)

KABUPATEN (Cell C48) :

=IF($K$3=TRUE,E22,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E22)

PROPINSI (Cell C50) :

=IF($K$3=TRUE,E24,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E24)

KODE POS (Cell C52) :

=IF($K$3=TRUE,E26,””) atau =IF($K$3=FALSE,””,E26)

Selesai deh…. silakan pelajari secara seksama siapa tau ada rumus yang salah tapi setiap rumus yang saya buat sudah saya uji coba sebelumnya, Untuk tips yang tidak saya bahas disini bisa juga buka tulisan saya lainnya :

Unduh contoh aplikasi form lamaran kerja.

Untuk temen-temen yang sudah mengajukan pertanyaan baik melalui komentar maupun email mohon maaf belum bisa saya balas atau jawab karena kesibukan ditempat kerja saat ini, tapi saya berusaha untuk menjawabnya melalui postingan dan bisa menjawab atas pertanyaan tersebut.

Salam

About these ads

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

11 thoughts on “Tips Microsoft Excel : Membuat Form Data Pelamar Kerja Dengan Menggunakan Option Button (Form Control) dan Check Box (Form Control)

  1. Wah… keren … nice post om…. :-D

    Posted by Kade | 17 Januari 2012, 12:00
  2. Om, itu symbol apaan ya yg ini : ” & ini : ”

    Omiyan : itu tanda kutif dua-duanya tapi saya sendiri ga ngerti kenapa berbeda yang jelas itu tanda “

    Posted by begenkster | 17 Januari 2012, 14:37
  3. Duh…
    Excelnya makin tinggi…
    Saya makin ketinggalan.
    Salam aja buat Omiyan sekeluarga

    Posted by marsudiyanto | 17 Januari 2012, 16:31
  4. Makasih sangat bermanfaat bagi saya dan sangat membantu saya membuat format soal obyektif yang langsung dijawab di komputer.

    Posted by prastono | 20 Januari 2012, 08:56
  5. izin ctrl+d om…

    nice info..

    salam kenal ya om..

    Posted by zoelyan | 25 Januari 2012, 23:28
  6. Om,,koq rumus nya pas saya copas ke cell ngga mau yah?? the formula you type an error
    mohon pencerahan dari om iyan..
    terima kasih.

    Omiyan : adakah cell yang berbeda dengan yang si mas buat, coba buat lagi sesuai contoh yah

    Posted by Fadlon | 13 Februari 2012, 11:07
  7. Harus lebih giat belajar lagi ni…

    Posted by Yuza | 7 Maret 2012, 10:40
  8. wah mantab sekali Bro… trims ya…

    Posted by Tikno | 23 Maret 2012, 10:38
  9. …sangat bermanfaat … terima kasih sekali :O)

    Posted by merdeka motor | 7 Mei 2012, 07:02
  10. Makasih banyak Om, tulisannya sangat membantu buat saya yg msih awam tentang Excel. Slam kenal ja dri sya wt om skluarga.

    Posted by Deddy Irawan | 28 Mei 2012, 21:02
  11. Terima kasih… bermanfaat sekali. Hanya saja saya coba bikin 2 pertanyaan yang menggunakan option button masing -masing dengan opsi “Ya” dan “Tidak”. Tapi ternyata ketika membuat soal nomor 2, secara otomatis cell linknya mengacu ke cell link soal nomor 1. Bagaimana caranya agar pada soal nomor 2, cell linknya bisa kita bikin yg baru? terima kasih

    Posted by Purwi | 20 Juli 2012, 16:46

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 1,829,650 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 778 pengikut lainnya.

smadav antivirus indonesia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 778 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: