Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap (bag. 2)


Mohon maaf sebelumnya karena bisa baru membuat tulisan kelanjutan dari Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap (bag. 1), maklum sambil kerja sambil ngeblog ditambah sambil jualan musti pintar-pintar ngatur waktu plus rasa malas menulis sering terjadi.

Saya berharap temen-temen semua sudah membaca tulisan sebelumnya Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap (bag. 1) supaya tidak terjadi kebingungan.

Sebelum melangkah membuat Form dan tombol yang membantu dalam mengimput data di Aplikasi Surat masuk terlebih dahulu kita mengedit tabel Surat Masuk (perhatikan Tbl_Surat_Masuk), sekarang ubah menjadi seperti gambar dibawah ini :

Perhatikan perubahan isi tabel yang berwarna kuning.

Selanjutnya Isi data tabel-tabel seperti gambar berikut ini :

Tabel Nama Pengirim Surat

Tabel Nama Pegawai/Penerima Disposisi

Tabel Sifat Surat

Selanjutnya membuat sebuah Query (belum dibahas pada bag.1) dimana query ini berfungsi sebagai perintah Print/Cetak atas sebuah surat disposisi yang sudah kita simpan sebelumnya, dan formnya tersebut nantinya kita tempel dengan dokumen surat tersebut.

Caranya sama seperti membuat query yang sudah saya bahas di Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap (bag. 1) dan tabel yang kita gunakan adalah tabel Tbl_Surat_Masuk

Perhatikan gambar berikut ini :

Penjelasan :

Semua sub judul di Tbl_Surat_Masuk akan ditampilkan semua dalam form Cetak surat nantinya makanya di querynya dimunculkan semua (perhatikan gambar).

———————————————00000———————————————

Adapun yang akan kita lakukan di edisi Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap (bag. 2) adalah :

  1. Membuat Form Surat Masuk
  2. Drag and Drop Tabel Surat
  3. Membuat Code Builder
  4. Membuat Tombol Perintah

Tanpa menunggu lebih lama lagi kita akan melakukan cara pertama :

1. Membuat Form Surat Masuk

Caranya persis yang saya lakukan di postingan yang berjudul Tips Microsoft Access : Membuat Form Data dan Foto (perhatikan Langkah Kedua).

Artinya kunci dalam membuat form tersebut ada di Tbl_Surat_Masuk

Jika masih bingung caranya adalah Arahkan cursor di Tbl_Surat_Masuk lalu creat Form (Multiple Form). selanjutnya pilih Design View untuk mengedit tampilan. Kemudian klik Add Existing Fields untuk menampilkan  sub judul Tbl_Surat_Masuk, selanjutnya lakukan langkah kedua seperti postingan Tips Microsoft Access : Membuat Form Data dan Foto.

2. Drag and Drop Tabel Surat

Dalam melakukan Drag and Drop haruslah berurutan jika tidak maka ketika kita menekan Tab untuk berpindah kolom pengisian, ms access akan membacanya sesuai urutan data yang dimasukkan bukan berdasarkan urutan tabel.

Perhatikan gambar dibawah ini :

Form Home

Form Aplikasi Surat Masuk

Yang saya maksudkan berurutan dalam melakukan drag and drop adalah setelah Nomor_Agenda selanjutnya Tanggal_Masuk, Id_Asal_Surat dst.

Harap diperhatikan :

  • Id_Asal_Surat kita ubah/rename menjadi Nama Pengirim Surat
  • Id_Disposisi_Surat kita ubah/rename menjadi Disposisi Surat

Jangan lupa Form tersebut kita berinama Form Aplikasi Surat Masuk

3. Membuat Code Builder

Sebelum membuat CODE BUILDER perhatikan :

Perhatikan Form Aplikasi Surat Masuk!!

Code Builder adalah sebuah kode yang kita buat untuk memudahkan sebuah pekerjaan menjadi lebih mudah karena kita tidak melakukan pengetikkan ulang karena data sebelumnya sudah kita persiapkan, adapun yang kita berikan kode tersebut adalah dalam membuat :

a. Nama Pengirim Surat Secara Otomatis

Tepat di Kotak Id_Asal_Surat , klik kanan selanjutnya pilih Build Event lalu pilih Code Builder lalu ubah BeforeUpdate menjadi AfterUpdate lalu masukkan kode berikut ini :

Private Sub ID_Asal_Surat_AfterUpdate()
‘Memunculkan Nama Pengirim Surat
    Me.Nama_Pengirim = ID_Asal_Surat.Column(1)
End Sub

Perhatikan yang kita masukkan/tulis kode adalah kalimat yang saya blok warna merah.

Jika bingung perhatikan urutannya seperti gambar dibawah ini :

Klik perbesar gambar

b. Membuat Disposisi Pegawai Secara Otomatis

Tepat di kotak Id_Disposisi klik kanan selanjutnya pilih Build Event lalu pilih Code Builder lalu ubah BeforeUpdate menjadi AfterUpdate lalu masukkan kode berikut ini :

Private Sub Id_Disposisi_AfterUpdate()
‘Menampilkan Tanda Silang X sesuai Disposisi
    Omiyan.Value = “”
    Chandra.Value = “”
    Ratna.Value = “”
    Raditya.Value = “”
    Yolanda.Value = “”

    
    Select Case Left(Id_Disposisi.Value, 1)
    Case “1″
    Omiyan.Value = “X”
    Case “2″
    Chandra.Value = “X”
    Case “3″
    Ratna.Value = “X”
    Case “4″
    Raditya.Value = “X”
    Case “5″
    Yolanda.Value = “X”
    Case “6″
    Omiyan.Value = “X”
    Chandra.Value = “X”
    Ratna.Value = “X”
    Raditya.Value = “X”
    Yolanda.Value = “X”

End Select
End Sub

Perhatikan yang kita masukkan/tulis kode adalah kalimat yang saya blok warna merah.

c. Menampilkan Sifat Surat Secara Otomatis

Tepat di Kotak Id_Sifat_Surat , klik kanan selanjutnya pilih Build Event lalu pilih Code Builder lalu ubah BeforeUpdate menjadi AfterUpdate lalu masukkan kode berikut ini :

Private Sub Id_Sifat_Surat_AfterUpdate()
‘Memunculkan Sifat Surat
    Me.Sifat_Surat = Id_Sifat_Surat.Column(1)
End Sub

Perhatikan yang kita masukkan/tulis kode adalah kalimat yang saya blok warna merah.

4. Membuat Tombol Perintah.

Tombol perintah ini berfungsi dalam mempermudah perekaman data baik untuk tujuan menambah data, menyimpan, resfresh data, menutup form atau membuat menu pencarian.

Untuk caranya silakan buka postingan Tips Microsoft Access : Membuat Form Data dan Foto langkah keempat.

dan hasilnya adalah seperti dibawah ini :

Klik gambar untuk memperbesar

Jika sahabat benar seperti yang sudah saya jelaskan maka aplikasi surat masuk sudah selesai kita buat. Jika masih ada kesulitan bisa hubungi saya via email ke blognyaomiyan@gmail.com.

CONTOH APLIKASI

Aplikasi Surat Masuk ini 100% karya Omiyan, sedangkan script untuk memunculkan nama pengirim secara otomatis saya dapatkan dari googling di google, untuk script menampilkan nama disposisi saya ucapkan terima kasih kepada Mas Adi karyawan KPP Pratama Cilegon.

Silakan publikasikan tulisan ini jika dirasa bermanfaat dengan tetap mencantumkan asal tulisan tersebut, Copy Paste boleh tapi tetap menghargai jerih payah atas setiap tulisan yang dibuat oleh penulis awal atau ingin diaplikasikan ditempat kerja kami mempersilakan gratis 100%
About these ads

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

14 thoughts on “Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap (bag. 2)

  1. Sudah lama saya memulai belajar Microsoft Access tapi nggak ada kemajuan Om…
    Mudah2an Omiyan makin sering nulis tutorialnya seperti Excel
    Salam!

    Posted by marsudiyanto | 15 Juni 2012, 18:15
  2. wah makasih infox Om, klo berkenan silakan mampir di http://peacegor.com

    Posted by Al-Amali | 16 Juni 2012, 12:51
  3. Mas bro… cara masukkan nama pada Tbl_Surat_Masuk di bawah Id_Disposisi caranya gmn? Tbl_Surat_Masuk isiannya kog ga bisa diubah… tolong kasih tau cara ubahnya.. email ke solishariyana@yahoo.com ya makasih banyak..

    Omiyan : tinggal klik tabelnya aja jangan pakai Deign View

    Posted by solis | 21 Juni 2012, 00:06
  4. wah makasih banyak, tulisannya sangat membantu, mo tanya mas kalo surat yg masuk disimpan dalam bentuk gambar /discan gimana cara menyimpan dan menampilkannya ya, makasih

    Omiyan : bisa mba dengan cara di tabel surat masuk tersebut kita menyiapkan satu tempat dengan data model attachment, nah attachment ini nantinya untuk menyimpan file semacam PDF, JPG

    Posted by iin | 31 Agustus 2012, 22:45
  5. terima kasih, info ini sangat membantu saya. apakah memungkinkan jika ditambah untuk menyimpan file hasil scan, bagaimana caranya. terima kasih.

    Posted by Asep B | 8 Oktober 2012, 16:05
  6. trimakasih share info nya mas, saya jg lagi mau belajar tentang ini. Kebetulan saya juga kerja di kpp tanjungpinang, perlu aplikasi sejenis ini utk memudahkan administrasi di seksi pemeriksaan, mudah2an akan terus ada updatenya ya, salam kenal,

    Posted by Rudita | 15 Desember 2012, 16:44
  7. ijin nyontek ya pak ian. belajarnya belasan tahun yg lalu dah lupa lagi gmn caranya. mudah2an dgn nyontek dari pak ian jadi bisa dipaktekin :) hatur nuhun share ilmunya

    Posted by free | 19 Desember 2012, 12:44
  8. Wiihh mantep…
    ini yg sya cari2

    Posted by Rafly Putra | 10 Januari 2013, 15:30
  9. Luar Biasa..Mantab.. brooo.. jd tbah smangat.. bikin aplikasi pake akses..

    Posted by Kling | 16 Januari 2013, 09:18
  10. Makasih banyak atas ilmu yg diberikan…setelah sy praktekka ada sediikit masalah pada saat pengoperasiannya yaitu apabila ingin menghapus data yg dimasukkan tetapi nomor agenda nambah terus tidak mengkuti data yg pernah diinput..solusinya gimana pa?

    Posted by Rivai | 26 Februari 2013, 08:57
  11. “Tips Microsoft Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk Edisi Lengkap
    (bag. 2) | Blognya Omiyan” http://melianband.com truly got myself simply hooked on ur web page!

    I personallywill wind up being returning far more regularly.
    Many thanks -Rosella

    Posted by Manuela | 2 Maret 2013, 09:13
  12. 0miyan boleh dong saya dibikini aplikasi surat keluar dan masuk ,sy akan akan berikan konfensasinya…

    Posted by asri | 24 April 2013, 11:30
  13. mantap tutorialnya gan

    Posted by nimdapns | 20 Maret 2014, 09:21
  14. izin sedot om :)
    saya sangat terbantu. terimakasih ya om :)

    Posted by fadhil | 2 Mei 2014, 22:21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 1,739,436 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 752 pengikut lainnya.

smadav antivirus indonesia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 752 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: