Berbagi Ilmu

Beberapa Alasan Orang Takut Bikin NPWP


12Ada istilah tak kenal maka tak sayang, dan itu mungkin cocok juga buat orang yang selama ini tidak mengerti masalah pajak terutama ketika akan bikin NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Kita mungkin sering ikutan obrolan disebuah forum yang membahas masalah perpajakan (NPWP), menurut saya itu adalah sah sah aja dan ada benarnya apalagi ketika kita dalam kondisi tidak tahu dan mencari penjelasan, namun yang harus diperhatikan adalah narasumber yang jadi acuan harus kita perhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Ada beberapa hal yang saya dapatkan ketika saya mengobrol dengan tetangga yang kebetulan kerja sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan di kota cilegon dan dengan beberapa Wajib Pajak karyawan di Kota Tangerang.

Ada beberapa alasan mereka takut bikin NPWP, diantaranya :

1. Merasa pajak yang udah dipotong perusahaan setelah punya NPWP otomatis akan ada kewajiban tambahan membayar pajakΒ  jadinya double dalam pembayaran pajak.

2. Merasa bahwa setelah punya NPWP akan melakukan kewajiban bulanan dan tahunan.

3. Pengisian yang dirasa sangat ribet dan susah.

4. Takut dengan denda yang harus dibayar.

Yuk kita bahas satu satu

1. Setiap pegawai/karyawan yang penghasilannya diatas PTKP diwajibkan untuk ber NPWP, dan masalah kewajibannya perlu diingat untuk Wajib Pajak yang berstatus sebagai karyawan/PNS selama penghasilannya hanya dari satu pemberi kerja kewajibannya hanya melaporkan penghasilannya itupun setahun sekali yaitu pada saat laporan SPT Tahunan dan laporan tersebut pastinya akan NIHIL (tidak ada pembayaran) karena pajak telah dipotong oleh perusahaan selaku pemberi kerja dan tidak ada kewajiban lainnya (pembayaran/laporan bulanan/masa), terkecuali orang tersebut mempunyai penghasilan lainnya yaitu misalkan mempunyai usaha lainnya (dagang/bekerja lebih dari 1 perusahaan) jadi sumber penghasilannya lebih dari satu.

2. Kewajiban bulanan hanya akan berlaku bila Wajib Pajak tersebut berstatus sebagai usahawan (dagang, jasa dan lainnya) dan atau Wajib Pajak tersebut mempunyai lebih dari 1 sumber penghasilan, jadi kalo hanya karyawan to cukup setahun sekali .

3. Pengisian SPT Tahunan untuk karyawan/PNS cukup dengan memindah isian yang ada dari lampiran 1721-A1 (pegawai swasta) atau 1721-A2 (PNS/POLRI/TNI), karena setiap kata/kalimat dari lampiran tersebut sama dengan yang ada di SPT Tersebut. Perlu diingat bahwa lampiran 1721-A1 dan 1721-A2 biasanya dibuat oleh bagian yang melakukan pemotongan pajak atau gaji atau oleh bendaharawan yang ditunjuk.

4. Denda akan terbit apabila Wajib Pajak tidak memenuhi Kewajiban Pajaknya dalam hal ini tidak melaporkan atau terlambat melaporkan SPT tersebut. Denda akan terbit tapi biasanya akan didahului dengan surat tegoran untuk melaporkan SPT Tahunan dulu, perlu diingat bahwa denda/sanksi atas tidak/terlambat melaporkan akan terbit dalam bentuk Surat Tagihan Pajak (STP) disertai nomor STP dan besarnya tagihan tersebut..jadi bila kita belum menerima STP..so santai aja dulu berarti denda belum terbit.

Intinya selama kita memenuhi kewajiban pajak dalam hal ini karyawan/pegawai cukup dengan melaporkan penghasilannya setahu sekali selama tepat waktu plus benar dan jelas dalam pengisiannya maka KITA TIDAK ADA MASALAH DALAM HAL PAJAK.

Tujuan saya menulis hal ini karena ketika saya melihat beberapa forum pembahasan masalah pajak serta beberapa postingan dari para blogger yang menyangkut pajak, saya hanya ingin meluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan suatu permasalahan….ibarat kata ketika kita mau beli mobil pastinya kita perlu mengecek mesin dan kondisi mobil itu sendiri dengan bertanya kepada orang yang emang mengerti jeroan mobil…

Semoga tulisan yang singkat dan sederhana ini cukup membantu buat temen-temen yang masih awam dalam hal masalah NPWP….plus buat yang mau tahu aturan tentang TATA CARA PENDAFTARAN DAN PEMBERIAN NPWP sok diunduh disini

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

28 thoughts on “Beberapa Alasan Orang Takut Bikin NPWP

  1. hmmm
    aku TKI nih…wajib ngga punya NPWP hihihi

    omiyan jawab: NPWP boleh dimiliki oleh siapa saja selama penghasilan tersebut diatas PTKP (Pasal 2 ayat 3 Per-44/PJ/2008) bisa donlot bu, selain itu perlu mba ketahui bahwa orang yang ber NPWP dibebaskan dari Fiskal LN…

    Posted by Ikkyu_san | 16 Desember 2008, 04:02
  2. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com%3c/a>. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://nasional.infogue.com/beberapa_alasan_orang_takut_bikin_npwp

    Posted by nun1k04a | 16 Desember 2008, 04:14
  3. hmm.. informatif sekali. nice posting.

    saya sudah mengajukan pembuatan NPWP secara kolektif di kantor, jadi lebih mudah.

    bagus juga nih kalo bebas biasa fiskal luar negeri..πŸ™‚

    Posted by yu2n | 16 Desember 2008, 05:35
  4. hehe, sipa belom ngurusin gitu an sih. mama papa yang ngurusin

    Posted by Hai Syifa ! | 16 Desember 2008, 06:40
  5. Ada satu hal yang mengganggu saya, dalam hal kesadaran masyarakat akan wajib pajak.
    Dahulu masyarakat berbondong-bondong memenuhi kewajiban pajak TV di kantor pos terdekat.
    Namun bagaimana kesadaran tersebut menjadi lenyap… ?!
    Mohon maaf sepertinya kolaborasi segelintir pengusaha dengan kebijakan yang tidak memperimbangkan efek dominonya.
    Mudah mudahan jika NPWP sudah memasyarakat, diimbangi dengan kebijakan-kebijakan yang adil, Amin.
    Wassalam, Haniifa.

    Posted by haniifa | 16 Desember 2008, 07:01
  6. Hai hai…
    Beberapa waktu yang lalu, ketika pembuatan NPWP secara kolektif dilakukan di perusahaan tempat saya bernaung, banyak karyawan yang ‘teriak’. Memang, kebanyakan ‘meneriakkan’ hal yang Mbak sebut tadi. Tapi setelah dijelaskan, baru kemudian mereka mau.

    Memang sosialisasi itu penting, ya, Mbak..
    Karena tidak bisa dipungkiri, ketika mendengar kata ‘Pajak’, orang segera berasumsi bakal keluar uang banyak..πŸ™‚

    Posted by jeunglala | 16 Desember 2008, 07:53
  7. waduhhh… NPWP…berat topiknya Pak….

    Posted by isfiya | 16 Desember 2008, 07:55
  8. satu lagi yang bikin orang ga mo bikin NPWP.. karena mereka takut miskin.. include me.. heee…πŸ™‚

    Lam knalll…πŸ˜‰

    Posted by airlangga89 | 16 Desember 2008, 09:55
  9. gw setuju aja jd wajib pajak, asal pajaknya kaga jatoh ke kantong segelintir orang aja ~_~

    omiyan jawab: Kantor Pajak tidak menerima pembayaran hanya pelaporan pajak, sedangkan tempat pembayaran pajak adalah Bank atau Kantor Pos yang ditunjuk…..

    Posted by Ferdian Leonardi | 16 Desember 2008, 10:16
  10. Ya..ya…, pengisian yang ribet itu yang bikin males..!
    Omiyan, salam kenal..!

    Posted by Blog Cantik | 16 Desember 2008, 16:03
  11. huahaha.. bener banget om, orang2 ketakutan buat bikin NPWP, karena takut penghasilan jadi berkurang.. lah, aslinya emang udah berkurang koq! kan dipotong dari gaji… aneh dah

    Billy K.
    iamthebilly.wordpress.com
    bersambung.wordpress.com

    Posted by Billy Koesoemadinata | 17 Desember 2008, 01:04
  12. aku buat NPWP bulan lalu dengan tujuan agar keluar negeri nggak kena pajak, kan lumayan tuchπŸ™‚

    Posted by sufimuda | 17 Desember 2008, 01:54
  13. NPWP …
    Hmmm … iya ini kelihatannya ribet …
    Tapi setelah dijalani sendiri … biasa-biasa saja kok
    malah saya bersyukur punya NPWP …
    Secara bebas fiskal gitu loh tahun depan …
    mayankan … hemat sejuta …

    Salam saya …

    Posted by nh18 | 17 Desember 2008, 02:12
  14. alhamdulillah dah punya mas

    Posted by suwung | 17 Desember 2008, 09:05
  15. Nice Info..πŸ˜€
    Webnya di daftarin disini aja Om: http://www.theadnetwork.co.uk/?aff=15148 biar dapet Β£15 + Β£5 /bulan!! kayak blog saya!!πŸ˜€ hubungi email saya, nanti saya akan beritahu tips & triknya agar Blog Om diterima

    -salam-πŸ™‚

    Posted by Nurta San | 18 Desember 2008, 15:53
  16. Nice Info..πŸ˜€
    Blognya di daftarin disini aja Om: http://www.theadnetwork.co.uk/?aff=15148 biar dapet Β£15 + Β£5 /bulan!! kayak blog saya!!πŸ˜€ hubungi email saya, nanti saya akan beritahu tips & triknya agar Blog Om diterima

    -salam-πŸ™‚

    Posted by Nurta San | 18 Desember 2008, 15:53
  17. Saya sudah punya NPWP sejak tahun 1985, sejak si bungsu lahir, dan nggak ada masalah. Karena semua pendapatan sudah dipotong oleh perusahaan, saya hanya mengisi dan melampirkan bukti pemotongan dari kantor.

    Jadi, saya dan suami, masing-masing punya NPWP tersendiri.

    Posted by edratna | 19 Desember 2008, 02:38
  18. Postingan ini bermanfaat sekali. Sangat malah.

    Dan memang salah satu yang terpenting adalah: hemat fiskal 1 juta buat tahun depan. Hehe (bahkan kabarnya bakal dinaikkan 3 kali lipat. Hhhiiihhh…)

    Posted by Daniel Mahendra | 19 Desember 2008, 18:03
  19. Itungannya emang ribet om, g semua orang bisa. sampai-2 ada jasa untk ngurusi cuma lapor pph21 doang

    Posted by Humor lucu | 19 Desember 2008, 20:46
  20. kalooo, pengangguran bgimana?
    perlu NPWP ga?

    Omiyan jawab: Yang berkewajiban mempunyai NPWP adalah setiap orang yang mempunyai penghasilan diatas PTKP setahun , tapi apabila diluar itu ada yang mengajukan permohonan NPWP diperbolehkan.

    Posted by nyurian | 21 Desember 2008, 17:01
  21. ada alasan satu lagi mbak, cuman ini alasan yang sangat mulia dan masuk akal.. alasan inilah yang aku pakai kenapa aku nggak buat NPWP, apakah itu? karena aku nggak mau buang duit negara untuk buat lembar NPWP saya… karena nggak nambah penghasilan negara atas pajak, lha wong gaji saya masih dibawah level PTKP… alasan yang masuk akal kan mbak?

    Omiyan jawab: mungkin bisa lihat jawaban saya di nyurian

    Posted by suklowor | 22 Desember 2008, 09:00
  22. kalo buat ibu rumah tangga yang ga punya penghasilan harus ga bikin npwp.. duh bingung ni? soalnya denger berita, kalo jual ato beli rumah harus pake npwp. Trus cara bayar pajak untuk ibu rumahtangga gmn?

    Posted by vivadid | 25 Desember 2008, 05:06
  23. jelasin NPWP bingung jg ya..

    Posted by sazka | 30 Desember 2008, 08:48
  24. Kalo misal bukan karyawan dan punya usaha yang tidak tetap terus nggak pernah lapor SPT kira-kira kena denda juga nggak ya..? Dan apa yang sebaiknya dilakukan karena repot sekali kalo mengurus sendiri….

    Jawab :
    Setipa penghasilan yang bersumber dari mana saja itu wajib dilaporkan, apalagi lebih dari dua, mungkin dulu anda ketika terdaftar sebagai karyawan maka status usaha anda adalah 95004 (Pegawai Swasta) jadi kewajiban pajaknya hanya SPT Tahunan tapi bila ada penghasilan lainnya tapi tidak tetap bisa anda laporkan dikolom yang udah disediakan tapi memakai SPT Tahunan dengan kode 1770-S bukan ya 1770-SS, bila penghasilan itu bersifat tetap dari usaha bukan sebagai karyawan saran saya sebaiknya menggunakan SPT 1770

    Dendanya adalah anda akan kena Denda SPT sebesar RP. 100.000 (seratus ribu rupiah) atas tidak disampaikan SPT Tahunan itu untuk tahun 2008 kebawah dan untuk kewajiban SPT Tahunan 2009 yang tidak disampaikan maka akan kena denda pasal 7 KUP sebesar Rp. 1.000.000 (Satu juta rupiah)

    Posted by ras | 2 September 2009, 01:56
  25. Saya waktu itu daftar NPWP bulan Februari dengan alasan karena permintaan dari suatu perusahaan yang meminta No NPWP saya, jadi saya terdaftar bukan karena jadi karyawan melainkan usaha sendiri. Setelah urusan dengan perusahan tersebut selesai saya belum pernah melaporkan lagi penghasilan usaha saya sampai sekarang. Pertanyaannya:
    1.Apakah saya sudah dikenai denda?
    2.Apa setiap bulan saya harus melapor atau tahunan saja?
    3.Bisa nggak melaporkan pajak via online?

    Sebelumnya thanx’s banget atas infonya….

    Posted by ras | 4 September 2009, 16:07
  26. Trims atas informasinya..

    Posted by Edjaya | 2 November 2009, 03:25
  27. seseorang menyuruh aku bikin NPWP,, tapi aku dari dulu udah bilang TAKUT kalau punya NPWP,,, alasanku :
    pernah datang bertubi-tubi surat dari dinas pajak, aku abaikan, saat surat ke 5 datang, aku beranikan diri ke kantor pajak, saat aku tanyakan ingin bertemu dengan orang yang menanda tangani di surat yg dikirimkan padaku,, TERNYATA.. orang tersebut sudah pensiun 3 tahun yang lalu.. NAH LHO.. siapa yg kirim2 surat kepadaku selama ini.. maka dari itu, lebih baik aku tak punya NPWP…

    Posted by yogi | 28 Desember 2012, 11:23
  28. saya bingung… saya ud ga krja stahun tp ap msih wajib lapor pajak.. bukankah scara otomatis sudah tidak berlaku krna dr perusahaan tempat sy krja sudah tidak ad penghasilan lg?tp knp sy msih dikirim kn surat wajib pajak penghasilan.?

    Posted by ismiyatih | 15 Februari 2013, 08:14

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,461,056 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

