Seperti kegiatan tiap minggu sebelumnya, pastinya kegiatan sepeda saya selalu dengan ruter yang bervariasi, pada saat mengikuti pertama kali kegiatan sepeda ini saya merasakan cape luar biasa bahkan boleh dibilang saya sampai tidak kuat untuk mengayuh….mungkin namanya pemula dengan sepeda barunya hehehehe.
Nah di kegiatan selanjutnya saya mempelajari kesalahan apa yang terjadi pada saat saya mengayuh sepeda dan saya akui ternyata saya tidak bisa memainkan pindah gigi di saat treck lurus, turunan dan tanjakan. Dari situ saya bisa memperhitungkan kapan saatnya kita memindahkan gigi agar kita tetep bisa menggenjot sepeda kita sesuai dengan treck yang kita lalui. Nah ini adalah salah satu tips yang saya pelajari dari kegiatan sepeda selama ini.
Treck Lurus / Jalan Datar.
Pada saat treck lurus alias jalanan datar sebaiknya kita menggunakan gigi yang ada dikanan (selanjutnya baca GKa) pada posisi 7, sedangkan posisi gigi yang dikiri (selanjutnya baca Gki) bisa bervariasi antar 2 atau 3.
Treck Turunan
Pada saat trek ini diusahakan posisi (Gka) adalah 7 dan yang (Gki) adalah 3, karena pada saat kecepatan tinggi ketika kita akan menambah kecepatan akan dengan mudah mengayuhnya lain ketika posisi (Gki) pada saat posisi 2 atau 1 akan tidak terasa kayuhan kita.
Treck Tanjakan
Untuk treck yang satu ini posisi gigi yang dikanan (GKa) dan dikiri (GKi) bisa bervariasi tergantung seberapa tajam tanjakan yang kita lalui. Bila kemiringan masih 5 derajat saya rasa (Gka) bisa tetep di 7 tapi dengan (Gki) adalah 2 atau 3, dan apabila terasa berat (Gka) bisa diturunkan ke 6 dengan (Gki) 2. Bila kemiringan berada pada posisi 10-30 derajat (GKa) bisa pada posisi 5, 4, dan 3 dengan (Gki) pada posisi 2 kalo pake posisi 1 memang terasa ringan banget tapi paha dan kaki dijamin cepet pegel. dan apabila treck tanjakan ini terasa makin curam kalo saya pribadi ketika mengikuti kegiatan pada tanggal 04 Januari 2009 Â Jalur JPG-KRAMATWATU-WARINGIN KURUNG-(VIA BINANGUN)-TAKTAKAN pad saat itu tanjakan terasa curam dengan kemiringan kurang lebih 30-35 derajat saya selalu menggunankan (Gka) pada posisi 1 atau 2 sedangkan (GKi) diposisi 2.
Sebaiknya pada saat jalanan datar diusahakan (GKi) jangan berada pada gigi 1, ringan memang kayuhan kita cuman paha akan terasa cepet pegelnya, hal ini pula terjadi pada anggota baru kami ketika kegiatan kemaren yang bisa dikatakan Seru dan basah-basahan, saya perhatikan ada kesalahan yang dilakukan oleh para peserta baru mulai dari posisi duduk, kemudian penggunanan gigi tadi.
Dan yang penting kalo emang udah ga kuat buat mengayuh bener kata bosnya sepedaan.com ga usah malu buat bilang …“mas saya ga kuat nih..”, itu lebih baik daripada kita tetep maksain alih-alih cari sehat malah ga sehat.
Ok cukup sekian dulu tips dari saya, pada intinya semua cara bersepeda tergantung kebiasaan kita…..enak menurut saya belum tentu menurut anda…so ….AYO BERSEPEDA !!!
Buat arieinfanto mohon ijin saya ngambil photonya sekalian ta edit dikit biar jelas postingan saya ini.
Salam kenal dari sesama penggemar sepeda. Bersepeda untuk masa depan yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik dan masyarakat yang lebih sehat. Semakin banyak pesepeda, akan semakin baik. Nitip satu tips lagi : perlu juga diperhatikan ketinggian sadel yang akan berpengaruh pada kayuhan. Silakan mampir di blog saya. Selamat bersepeda
Ooommm…
gigi kanan gigi kiri itu yg seperti apa… letaknya di mana?
lagi mau start sepedaan nih.
Omiyan jawab: saya katain gigi alias persenelleng kalo dikendaraan bermesin…nah kalo disepeda tuh ada di pas pegangan tangan kita kanan kiri, kalo pake sepeda polygon bentuknya diputar atas bawah
O ic
sepedaku polygon monarch. yg paling murmer 🙂
pas banget contohnya.
sip sip…
tks ulasannya, om…
Makasih tipsnya.
Tapi…Bendol gak punya sepeda gunung.
Boleh dong dikirim kemari…hehehe..
🙂
Nice Info, kebetulan saya juga akan naik gunung, tapi bukan menggunakan sepeda, hmm tapi terima kasih Infonya..
mas… tetep aja capek banget..
Omiyan jawab : ada cara supaya ga cape mas…naik angkot sepedanya hehehee…namanya juga olah raga mas…justru dengan cape setidaknya bisa membakar kalori plus ngurangin kolestrol
Harusnya jgn cuma di gunung ajah bersepedanya. Ke kantor juga. Biar bebas polusi negeri kita…
Omiyan jawab : Kebetulan saya tinggal diserang kerja di tangerang kebayang donk kalo naik sepeda ke kantor pas nyampe mungkin dah jam pulang hehehe
Wah, asyik ne jalan2 pake sepeda…
Salam kenal pak…
Wah, asyik ne jalan2 pake sepeda…
Salam kenal pak…
Ditunggu kedtangannya…he
Wah, asyik ne jalan2 pake sepeda…
Salam kenal mbak…
Ditunggu kedtangannya…he
rasakan bedanya disaat aku cuman mampir 10 menit dan membaca postinganmu, tapi semua itu untuk menamba kebersamaan sesama blogger kawan 🙂
banget banget terimakasih sahabat atas tipsnya
salam hangat selalu
Wah, terima kasih tipsnya ya. Sekrang emang saya lagi menggiatkan pake sepeda biar sehat. Tapi sepeda motor… wakakakkkk 😀
rencana saya besok mau beli sepeda BMX atau yang low rider, tapi kalo berubah ya bisa jadi sepeda gunung yang di beli. Sampai saat ini sih cuma pake sepeda berkeranjang hadiah dari pabrik, buat transport mess-pabrik
Naik sepeda adalah langkah untuk mengurangi global warming..
Teh..soal dpt dolar di internet itu benar..
ngebayangin pegelnya aja udah takut duluan nih…
sudah lama tdk naik sepeda 🙂
Wah seru deh kayaknya
Dah lama ga naik sepeda
sahabat, lama tak bersua 🙂
itu y selingkuhannya? Hehehe
dulu bersepeda saya lakukan rutin. sepeda balap. tapi sejak nabrak motor, jadinya kapok
hiks…. belum kesampaian punya MTB…..
seandainya punya pasti sudah kuajak berpetualang……
waktu SD seneng banget naek sepeda, tapi sekarang stamina dah kendor 😳
weleh aku suka bangets neh naik sepeda….
lumayan banyak neh pengalaman aku naik sepeda apa itu gunung, apa itu balap…wahhh tp dah 1 taon in aku ga naek sepeda…
terakhir touring ma temen2 jogja > surabaya….
salam bersepeda ya mba…..
ikutan BTW ya om?
pertama naek sepeda model ni, pantatku kapalan, alhasil jalannya mekangkang, meringis menahan sakit..
numpang promosi ya…
dari blog terbaik (menurutku sih…) http://www.m4rnos.com
Sepeda gunung yang bagus merknya apa sih?? Kalau diturunan, dengan gigi yang seperti diposisikan di atas, bisa buat kemiringan berapa aja ya??
Omiyan : Yang jelas harga ga bisa membohongi pak, jadi makin mahal makin ok, kebetulan saya sendiri pakenya Polygon Premier yang harganya 1,8 jt, posisi buat kemiringan saya rasa kita masih bisa nunggangi di 30-40 derajat, pengereman buat depan 1/4 kalo belakang 1/3 dengan catatan itu kalo turunan penuh kerikil kalo turunan panjang dengan treck aspal full lepas rem juga asyik hihihihi
wah, sepedaku dah di jual…hiks 😦
pagi sahabat……….
meski hujan disini apakah disana juga huja?
semangat ya
salam hangat selalu
Heh.eh.eh. ntu sepeda saya yang dipinjam imagenya ya…?
Tu sepeda dah gak selugu itu lagi sekarang. hehehe.e
Bisa liat juga di web: http://www.atjehbicycle.com kebetulan tu web saya yang maintain dan created. Sebagian besar liputan dan tulisannya saya yang kontribusiin.
Pada suka sepeda juga ya…? hehehh.eh.
Omiyan jawab: Iyeh mas…sorry nih langsung nyatut aje…tapi thenkyu ya
halo pak Bendahara RT…
saya pembaca baru pak…
kegiatan bapak bersepeda, sama dengan hobby suami saya, barangkali di surabaya, bisa bersepeda bersama suami saya pak…
salam kenal pak
salam kenal pak..saya dari komunitas pesepeda BOM (barisan onthel melia) yogyakarta
Mantappppppppppppp……..
jalan-jalan pakai sepeda pantat q terasa panas dan dikit gatal… uuuuh
salam olah raga , menarik ulasannya rata2 semua pemula peseda gunung spt itu, sy juga pernah mengalami lama makin mantap n tambh senang u crosscountry , salam kenal dt jack ACC (kendari,Anoa Cycling Comunity )
salam kenal om. hati2 ada virus yg ga bisa ditangani kalo udah kenal olahraga ini. virus upgrade sepeda. wkwkekekk 😀
Wahhhh keren tips nya…
Bagus buat pencerahan bagi para penggemar gowes ni…
Thanks