Sekedar Celoteh

Kasus Dhea Imut#Tangkap Pelaku dan Tutup Situsnya


Kasus yang menimpa artis Dhea Imut memang mewarnai hampir semua media di TV termasuk di postingan-postingan para blogger terutama di WP, hampir menjadi TOP POST untunk beberapa minggu belakangan ini bahkan sampai hari ini pun.

Tapi perlu diingat setelah saya menyaksikan tayangan tentang klarifikasi dari ibunda dhea sendiri, berhati-hatilah buat para blogger yang sempat menayangkan atau membuat postingan yang mengarahkan seolah-olah dhea imut “BENAR-BENAR BUGIL” bisa kena tuntutan atau situsnya dihapus. Saya yakin teman-teman blogger tidak bermaksud mengarah kepada penyebaran berita-berita forno karena ini menganggap sebagai media informasi biasa .

Namun permasalahannya banyak diantara kita yang malah kebablasan atau bisa dikatakan secara tidak langsung kita sepertinya menghakimi sebuah berita yang belum tentu kebenarannya kita nyatakan seolah-olah Berita itu SUDAH BENAR padahal bisa saya katakan hampir semuanya mendapatkan informasi dari media lainnya apalagi berita tersebut kita sertai dengan gambar-gambar  adegan pornonya atau video pornonya yang bisa jadi itu adalah rekayasa.

Hak setiap orang untuk menayangkan berita berita tersebut tapi alangkah baiknya ketika kita akan membuat suatu berita yang menyangkut kehebohan atau kasus kasus orang terkenal sebaiknya diolah lagi agar tidak menjurus kepada fitnah nantinya.

Saya sendiri mengakui untuk postingan tertentu ide itu datang ketika membaca koran atau menonton TV, tapi saya selalu berusaha ketika membuat postingan diolahs edemikian rupa (kayak kueh aje hehehe) menjadi ciri khas saya sendiri dengan struktur kata gaya bahasa sendiri, prinsip tidak langsung mempercayai berita-berita heboh selalu saya pegang karena semuanya tahu didunia maya adalah sumber paling gampang membuat sesuatu yang menghebohkan dengan kebenaran yang sangat diragukan, selain itu kita melihat kapasitas dari artis tersebut ada yang terbiasa bikin heboh, ada yang terbiasa berpakaian minim atau emang artis tersebut rasa-rasanya tak mungkin berbuat seperti itu.

Tapi saya acungin jempol buat para blogger yang berani memposting tentang berita-berita heboh seputar orang-orang terkenal karena saya yakin mereka tahu resiko yang ada sesudahnya, tapi bukan maksud menggurui alangkah bagusnya bila ternyata berita itu tidak benar sebaiknya kita segera membuat klarifikasi berita sebagai sanggahan atau perbaikan terhadap postingan kita terdahulu, bagaimanapun menerima kesalahan dan memperbaiki kesalahan itu lebih baik daripada menganggap diri selalu benar.

Saya jadi teringat ketika seorang teman dulu mengkritik image/gambar yang saya gunakan untuk sebuah postingan, tadinya tidak mempunyai pikiran bahwa itu termasuk gambar porno karena tidak ada yang bugil tapi teman tadi mengingatkan agar saya segera mengganti image/gambar tersebut karena akan menjadi salah pengertian orang yang melihat….dari sinilah saya sendiri merasa secara langsung atau tidak langsung terkadang kita terjebak dalam penyebaran hal-hal yang berbau forno.

Sekali lagi saya tidak menyalahkan siapapun yang telah memposting tentang permasalahan kasus bugil seorang artis tapi ketika ketidakbenaran berita itu terbukti sebaiknya buatlah klarifikasi kebenarannya.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

44 thoughts on “Kasus Dhea Imut#Tangkap Pelaku dan Tutup Situsnya

  1. benar sekali mas… saya setuju.

    Posted by aris | 16 Maret 2009, 03:42
  2. ini akibat UU ITE yang kemarin itu. walau segala bentuk penulisan harus didasari framework hormat

    Posted by high desert | 16 Maret 2009, 04:05
  3. Yes atuh kang. Setuji, kudu sing fair n objektif kalo bikin berita mah, karena difitnah itu rasanya pasti tdk mengenakkan..

    Posted by grubik | 16 Maret 2009, 04:57
  4. halo Om…betul om jangan cuma karena pgn naikin raftaing ajah gak pake perasaan dan logika…salam🙂

    Posted by cahayadihati | 16 Maret 2009, 06:51
  5. halo om…betul nich setuju bgt…nulis tentang seseorang emang udah harus pasti kebenarannya. Gak enak kali kena fitnah…semua harus berdasar perasaan dan logika…
    salam

    Posted by cahaya | 16 Maret 2009, 06:58
  6. yayaya
    aku sempat dengar kasus ini
    kasihan ya anak2 itu

    Posted by achoey | 16 Maret 2009, 07:02
  7. sudah jadi artis baik”
    dipitnah lagi
    hhh…

    Posted by deady | 16 Maret 2009, 07:10
  8. hmm.. hmm…

    yang paling mencengangkan adalah, saya sempet ‘nyasar’ ke sebuah blogs lagi, dan di sana dibilang kalo dhea itu beneran begituh, karena disuruh nyokapnya..

    hiii.. serem amat..

    Posted by Billy Koesoemadinata | 16 Maret 2009, 07:14
  9. Kok gitu ya oknumnya itu….
    tapi mungkin itulah konsekuensi seorang artis

    Posted by balladona | 16 Maret 2009, 07:46
  10. bener juga..saya setuju dengen komennya cahayadihati, jangan cuman sebar berita hanya untuk menaikan rating belaka, kalau sudah ada klarifikasi tentang pemberitaan yang terposting seharusnya di post juga tuh berita-berita yang sudah ada klarifikasinya.

    Posted by Harsa | 16 Maret 2009, 08:55
  11. emang bos dah liat?

    Posted by soewoengkosong | 16 Maret 2009, 09:36
  12. jangan sampailah kita ketularan iseng bohong-bohongan di internet….

    Posted by suryaden | 16 Maret 2009, 09:43
  13. dah ditutup ya?

    Omiyan jawab: saya sempet blogwalking dan ada yang menampilkan gambarnya…menurut saya ga jelas..tapi intinya ya sebaiknya kalau emang ga bener lebih baik cepet diklarifikasi….demi kebaikan semua….kalau videonya saya belum donlot om…om soewoeng punya ga wakakakkkaka….

    Posted by soewoeng | 16 Maret 2009, 09:45
  14. Bela Kebenaran!!! (wah…bahasa kampanye nih ^_^)

    Posted by Ka Ros | 16 Maret 2009, 09:48
  15. Setuju banget nich…….

    Berubah! Pahlawan Pembela Kebenaran! Clink…..

    lho kok ilang?

    Posted by M. Surya Ikhsanudin | 16 Maret 2009, 10:02
  16. iya euy…
    kasian sama korban pemberitaan kalo beritanya ternyata ga bener…

    kalo beritanya bener…
    ya salah sendiri kalee…

    :mpeace:p

    Posted by yoan | 16 Maret 2009, 10:18
  17. .
    Kalo ternyata bener dia, gimana hayooo….

    .
    ***nonton lagi videonya untuk lebih yakin….***

    Posted by Mbelgedez™ | 16 Maret 2009, 10:59
  18. heboh bener nih berita🙂

    Posted by Cipzto | 16 Maret 2009, 12:12
  19. ***nonton videonya bareng om mbel***
    .
    .
    .
    ***masih kurang yakin***
    .
    .
    .
    ***nonton lagi***

    Posted by dwiprayogo | 16 Maret 2009, 12:56
  20. jadinya foto itu tidak benar adanya ?

    Posted by warm | 16 Maret 2009, 14:22
  21. kitamasih dalam tahap pembelajaran kebebasan berbicara setelah sekian lama dikekang..mudah2an jadi pembelajaran bagi kita semua (gw dah brapa kali comentar yang kayak gini ya???)

    Posted by roberthendrik | 16 Maret 2009, 15:26
  22. walah.. salah searching…

    hehehehe… tadinya mau nyari linknya mas..
    mau memastikan apakah beneran atau nggak.

    Posted by blue | 16 Maret 2009, 15:31
  23. ternyata banyak juga yang cari ya… :))

    Normal kali ya…

    Posted by Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 | 16 Maret 2009, 15:33
  24. kadang-kadang mereka hanya membuat postingan untuk menaikkan traffic saja, tanpa memperdulikan perasaan korban atau keluarganya. bayangkan bila kita menjadi keluarga si korban …

    Posted by joe | 16 Maret 2009, 15:54
  25. Setuju om!!
    tapi klo mau liat videonya dimana yaa? hehehehehe..😛

    Posted by Ade | 16 Maret 2009, 21:13
  26. yup om, di Wp seminggu ini huek huek isinya klo nggak dhea imut yo ipul ama kiki ama ipdn, masih banyak cara naikan rating yang tidak merugikan orang lain, kalo aja yang ikut2an posting itu anaknya yang disebarin gimana ya perasaannya….hiks

    Posted by mesin kasir | 16 Maret 2009, 23:28
  27. Tapi gimana lagi ya… Mungkin karena para blogger itu menganggap bahwa hal itu seperti dapat durian runtuh. Jadi dengan adanay gosip tersebut bisa dan memang bisa membuat trafick blog mereka meningkat tajam

    Omiyan jawab : Saya sependapat dengan mas, namun kita pun tetap berhati-hati dalam memuat berita berita tertentu yang bisa mengakibatkan tuntutan kepada kita sendiri selaku pemilik blog, jadi intinya cepat klarifikasi ketika berita itu benar atau tidaknya…setidaknya kita menunjukkan dalam memuat berita pun ga asal-asalan

    salam hangat selalu mas

    Posted by mamas86 | 17 Maret 2009, 02:12
  28. waacjhhh..ketin99alan neeh beritana

    daku malah belum tau tuch.. ehehh

    Posted by wi3nd | 17 Maret 2009, 03:07
  29. setuju mas
    blogger sebaiknya
    tak ikutan menyebar
    berita bombastis, gossip
    yg belum jelas kebenarannya

    Posted by mikekono | 17 Maret 2009, 03:09
  30. Saya sepakat dengan pal omiyan..

    Bahkan sebagai seorang blogger pun kit harus cek and ricek hal2 yang akan kita tuliskan di blog kita…

    Ini untuk menjaga kenyamanan semua pihak…

    Posted by syelviapoe3 | 17 Maret 2009, 03:13
  31. *pak omiyan …maksudnya..maaf, pak..keliru ketik😀

    Posted by syelviapoe3 | 17 Maret 2009, 03:17
  32. Hm…semoga bisa mengambil hikmah dari kejadian ini🙂 kehidupan memang penuh dengan resiko…maka kita harus berhati-hati🙂

    Posted by DIAJENG | 17 Maret 2009, 04:49
  33. Semoga si pelaku segera sadar dan kembali ke jalan yg benar🙂

    Posted by DIAJENG | 17 Maret 2009, 04:49
  34. yups,, kasian si korbannya,,

    Posted by life choice | 17 Maret 2009, 05:17
  35. Iya, internet emang udah menjadi dunia tanpa batas. Kita sendiri yang harus pinter2 memilih dan memilah mana yang baik buat kita dan tentunya tidak merugikan orang lain.
    Halagh.. Bahasanya kayak caleg. Ayo pilih saya dong.. heheheh..😀

    Posted by siwi | 17 Maret 2009, 05:19
  36. Saya melihat di TV kasian Ibunya Shook berat

    Posted by tuyi | 17 Maret 2009, 06:03
  37. Om mo tanya cara buat banner gimana To…?
    Kirim ke emailku yo..
    Please…

    Posted by tuyi | 17 Maret 2009, 06:06
  38. wow…. berita seputar dunia seleb agaknya masih menjadi trend postingan di kalangan para bloger. betul tuh, mesti ndak asal posting. perlu dipikir ulang agar ndak sampai terjebak jadi fitnah.

    Posted by sawali tuhusetya | 17 Maret 2009, 10:24
  39. benar banget mas…saya setuju, kita tidak boleh menjudge seseorang sebelum benar2 tau…dan jangan pernah berasumsi karena asumsi itu biasanya kebenarannya cuman 10 % selebihnya adalah salah pengertian😀

    Posted by Ria | 18 Maret 2009, 14:57
  40. Dhea Imut ?
    mmm
    itu siapa toh ?

    Lalu …
    Ada apa toh dengan dia ?

    (sok.sok.naif.gitu.deh.com)
    hehehehehe

    Salam saya Om

    Posted by nh18 | 19 Maret 2009, 02:43
  41. ooo… lagi ngebahas dhea imut tho? kasihan banget orangtuanya

    kayaknya perlu banget diblokir situs-situs porno kayak yang dilakukan depkominfo kemaren. jangan tanggung-tanggung, diblokir barang setahunan gitu lho, ben marem 😆

    Posted by meisusilo | 19 Maret 2009, 07:25
  42. hhya kasihan dea
    sekarang dah bisa tersenyum dia
    byme

    Posted by byme | 20 Maret 2009, 01:44
  43. Sorry boss.. mudah2an belum telat. Para penggila lolita mania di indonesia pasti tau persis ttg video yg katanya Dhea Imut itu. Dalam video itu JELAS BUKAN Dhea. Itu video yg sudah lama, lamaaaaaa bgt, si orang Australia, aktor pria nya di situ sudah ketangkap. Gini lah bangsa kita, gak cek and ricek langsung bikin percaya.

    Posted by Gueaje | 23 Maret 2009, 10:29
  44. Wadaw, siapa yang jadi artis model cowoknya ? ? Mau dong

    Posted by TukangCHATING | 25 Maret 2009, 08:00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,465,694 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: