Sekedar Celoteh

Fakta Mengejutkan Ekonomi Indonesia (Pengakuan Kwik Kian Gie)


SL381025Sebuah acara perbincangan tentang perekonomian Indonesia serta pengaruh Asing dalam Pilpres yang ditayangkan oleh Metro TV dalam acara ECONOMIC CHALENGGES ternyata menarik perhatian saya karena dari perbincangan tersebut, apa yang selama ini dikatakan bahwa perekonomian Indonesia dikatakan condong ke arah Liberalisme ternyata benar adanya dan ini merupakan suatu fakta dilapangan, apalagi yang berbicara adalah seorang nara sumber yang dipercaya sekaligus Mantan Menteri Perekonomian di Era Ibu Megawati yaitu Bapak Kwik Kian Gie.

Dari perbincangan tersebut jelas sekali begitu kuatnya pengaruh asing terhadap Bangsa Indonesia sungguh diluar perkiraan semua orang (orang awam), karena siapapun Presidennya dinegeri ini maka mau tidak mau harus menuruti kemauan dari Pihak Asing tersebut. Artinya semua kegiatan ekonomi Indonesia dikendalikan oleh pihak-pihak yang biasa dikatakan sebagai Pemberi Pinjaman/Modal.

Ada beberapa ciri dimana kuatnya pengaruh asing dalam kebijakan ekonomi menurut versi Pak Kwik Kian Gie:

  1. Tim Ekonomi Liberalkan Investasi Migas,
  2. Tim Ekonomi Lebih Pro kepada Harga Minyak di Nymex daripada ICP (Indonesia Crude Price),
  3. Tim Ekonomi tak penuhi janji Reprofiling Cicilan Pokok Obligasi rekap 8 Tahun,
  4. Tim Ekonomi Setujui  Suku Bunga  SUN 11%.

Dan yang lebih mencengangkan adalah bahwa tujuan utama mereka mencengkeramkan pengaruhnya dinegeri ini adalah semata-mata mengeruk semua kekakayaan yang ada dinegeri ini. Salah satu contoh bahwa kita diatur oleh mereka Bank Dunia/IMF/CGI (dulu red) adalah ketika Menteri Perekonomian Saat itu Pak Kwik Kian Gie yang harus berpidato di sebuah Forum  Perekonomian (maaf kalau salah) ternyata Naskah untuk Pidato sudah dibuatkan oleh team Asing (Bank Dunia) padahal isinya sangat bertentangan sekali, dan akhirnya Pak Kwik sendiri tidak menggunakan naskah tersebut tetapi menggantikannya dengan Naskah sendiri sesuai fakta dilapangan.

Fakta lainnya yang mencengangkan adalah bahwa kelompok Asing ini bisa melakukan apa saja agar kebijakan (baca kemauan) mereka bisa dituruti oleh negara negara yang menjadi jajahan ekonominya yaitu diantaranya :

  1. Negara yang menolak kemauan Pihak Asing maka akan diasingkan dari duni luar yang artinya negara tersebut dikatakan tidak mau bekerjasama mengikuti kebijakan perekonomia dunia.
  2. Dibeberapa negara telah terjadi Pembunuhan terhadap Pimpinan negara yang menentang kebijakan asing tersebut.

Sungguh benar rasanya bila bangsa ini harus maju maka yang diperlukan bangsa ini adalah :

  1. Sikap tegas dan keberanian untuk menentang kuatnya pengaruh asing (intervensi) dalam konteks ini adalah Presiden nya, ya kita butuh pemimpin yang tegas, berani dalam mengambil keputusan dengan tetap berprinsip kepada kepentingan rakyat.
  2. Mengurangi dan kalau bisa menghilangkan faktor ketergantungan terhadap pinjaman Luar Negeri.
  3. Sikap keterbukaan terhadap kebijakan ekonomi yang dilakukan, terutama dalam hal pengertian Subsidi (arti yang sebenarnya).
  4. Kemandirian bangsa dalam memajukan ekonomi Dalam Negeri sudah sepatutnya dilaksanakan.

Semoga dalam Pilpres nanti rakyat kita benar-benar bisa mengetahui visi dan misi ekonomi para Capres/Cawares dan tidak semata mata karena ketokohan atau karena fisik semata tapi saat ini kita butuh PEMIMPIN YANG TEGAS, BERANI DAN BENAR BENAR BERPIHAK KEPADA EKONOMI RAKYAT.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

54 thoughts on “Fakta Mengejutkan Ekonomi Indonesia (Pengakuan Kwik Kian Gie)

  1. Saya tidak menguasai hal ini …

    Yang jelas …
    Saya selalu tak putus-putusnya berharap …
    Semoga Indonesia menjadi lebih baik dimasa yang akan datang …

    Posted by nh18 | 16 Juni 2009, 03:23
  2. setidaknya dengan adanya paparan diatas (Uraian Pak Kwik) maka kita sebagai rakyat lebih terbuka, artinya ada beberapa istilah yang selama ini beredar dimasyarakat ternyata berbeda persepsi dengan kondisi dilapangan pak

    Posted by omiyan | 16 Juni 2009, 03:34
  3. Begitu ya? apa bisa dikatakan penjajahan secara halus?😀

    Kebanyakan para cawapres mengobral janji2, dan pada kenyataanya itu manjur untuk menarik simpati masyarakat.

    Semoga Rakyat Indonesia dibuka hatinya untuk memilih Presiden yang tidak hanya mengobral janji dan menyombongkan keberhasilanya. Nyatanya kita masih didekte sama bank Dunia

    Posted by Cak Win | 16 Juni 2009, 04:19
  4. Indonesia harus gunakan sistem ekonomi yg pas
    apa itu …🙂

    Posted by achoey | 16 Juni 2009, 04:29
  5. wah ia aku juga nonton. walau gak ngerti ekonomi n udah malem bgt, semangat juga nontonnya gara2 pak kwik yang buka-bukaan apa yang sebenarnya terjadi dalam kabinet tentang pengaturan perekonomian Indonesia yang memang ditekan pihak asing serta dikhianati oleh kepentingan dan kebodohan segelintir elit. Ternyata Jusuf Kalla (JK) n Gus Dur yang paling anti asing sehingga tekanan asing terhadap 2 tokoh tersebut yang paling besar. JK malah sempat mengadakan rapat tertutup untuk menjaga saham BCA agar tidak jatuh begiu saja ke pihak asing. Hmm… presiden JK oke juga

    Omiyan: betul banget acara tersebut setidaknya bisa menambah pengetahuan ktia sekaligus membuka mata kita tentang kondisi ekonomi kita….setidaknya kita tahus ecara garis besar

    Posted by macha | 16 Juni 2009, 04:52
  6. betul, kita butuh pemimpin yang bener-bener berpihak pada ekonomi rakyat, yang tegas, dan berani! semoga saya nanti terpilih pemimpin yang seperti itu!

    Posted by Cara Membuat Web | 16 Juni 2009, 06:06
  7. aku juga setuju bahwa sebaiknya ekonomi Indonesia benar2 bisa lepas dari campur tangan asing, dan terus terang ini “tercermin” dalam sosok JK.
    namun, beberapa hari ini ada wacana bahwa BLT adalah hutang luar negeri, aku jadi semakin ragu. aku yakin sebagian besar penduduk negeri ini tahu siapa pencetus ide dari BLT ini.

    Posted by samsul arifin | 16 Juni 2009, 06:25
  8. yang semalem ya? ^_^
    mari sama-sama berdoa, mudah-mudahan dengan pemilu kali ini bisa mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik di mata semua orang, bukan hanya sebagian orang.

    Posted by ocha | 16 Juni 2009, 06:30
  9. kalau menurut saya..kalau-pun condong ke barat…kita masih termasuk yg “condong dg syarat” buktinya, jika kita benar2 condong tanpa syarat, kita bakalan terkena imbas krisis seperti negara2 barat saat ini,,,tapi ternyata kita tdk terkena malahan bisa ada pertumbuhan + dlm perekonomian kita dibawah cina dan india.no 3 didunia…So, menurut saya tak seharusnya ekonomi neo-liberal itu di lihat sebagai sesuatu yg salah…
    tinggal bagaimana kita mengendalikannya jangan sampai kita mengadopsi itu dg tanpa syarat….

    Posted by mel | 16 Juni 2009, 06:47
  10. Ekonomi berasaskan pancasila itu makin lama makin kabur. Pokoknya jangan lagi deh pemerintah menjual-jual aset negara ke pihak asing.

    Posted by mawi wijna | 16 Juni 2009, 07:29
  11. oh gitu ya bang
    hmmmm panteslah

    Posted by julie | 16 Juni 2009, 08:08
  12. *terkejut*

    Posted by .lala | 16 Juni 2009, 08:22
  13. Ketika kita masih membicarakan liberalisme hal itu sudah tejadi sejak dahulu di USA,
    Semoga saja kita bisa menjadi tuan dinegara sendiri.

    Sistem Indonesia ini aneh, setengah liberal setengah demokrasi setengah kerakyatan. Harusnya jelas dong…
    *geleng-geleng*

    Posted by tukangobatbersahaja | 16 Juni 2009, 08:24
  14. siapakah pemimpin itu?

    Posted by suwung | 16 Juni 2009, 09:05
  15. ekonomi indonesia harus memakai sistem yang tepat dengan keadaan masyarakat indonesia. Ekonomi leberal menuntut pengusaha besar bertambah besar walau tingkat persaingan dilakukan secara kompetitip namun masyarakat kecil yang bermodal kecil kemungkinan besar akan terlindas. dan sistem tenaga kerja di tentukan oleh pelaku bisnis walau ada rambu sekalipun dari pemerintah namun yang terjadi selama ini ada penindasan terhadap buruh. salah ga ya nulisnya. Pak mampir lagi biar sekalian. ada yang baru tuh datang lagi pak

    Posted by kawanlama95 | 16 Juni 2009, 09:13
  16. benar2 menyedihkan ya mas😦

    Posted by hmcahyo | 16 Juni 2009, 10:16
  17. wow!

    saya ga menyangka euy–a

    Posted by deady | 16 Juni 2009, 10:17
  18. Kita sudah digiring menjadi negara liberalisasi. Harga minyak digiring ke NYMEX dan meninggalkan kedaulatan ICP. MEreka ingin agar harga cabe, beras, minyak goreng kita disamakan dengan harga standar di NYMEX, harga untuk masyarakat California, Texas atau London. Padahal, struktur pendapatan kita jauh berbeda. Ketika harga sudah disamakan, maka mereka dengan mudah menginfiltrasi pasar Indonesia.
    Bagi rekan-rekan yang ingin membaca secara detil pemikiran dan “confession of Kwik Kian Gie”, bisa membaca buku Kwik Kian Gie di sini:
    http://nusantaranews.wordpress.com/2009/06/14/kwik-kian-gie-indonesia-mengugat-jilid-ii/
    dan
    http://nusantaranews.wordpress.com/2009/06/14/kwik-kian-gie-indonesia-mengugat-jilid-ii-2/

    Kembalikan kedaulatan di tangan Indonesia.

    Posted by nusantaraku | 16 Juni 2009, 10:22
  19. Saya kurang paham masalah ekonomi namun menyimak apa yang disampaikan oleh Kwik Kian Gie, orang bodoh pun tahu; kita (bangsa Indonesia) belum benar-benar merdeka!

    Posted by alamendah | 16 Juni 2009, 11:47
  20. Saya sedih sekarang banyak orang yang memperdebatkan Ekonomi Liberal (EL) dan Ekonomi Kerakyatan (EK),,padahal 2 hal itu berbeda sekali. EL adalah sebuah paham ekonomi, EK adalah sistem ekonomi. Pada dasarnya paham ekonomi kita adalah Ekonomi Demokrasi. Secara sederhana demokrasi adalah kesamaan hak dan kewajiban. Ekonomi Pasar dan Ekonomi Rakyat harus beriringan bersama,,dan UU sebagai Check and Balance. Tp sayang kita tahu sendiri betapa buruknya kinerja lembaga pembuat UU (baca: DPR) di negeri ini.

    Posted by NanTo | 16 Juni 2009, 14:35
  21. wah dah nggak kaget lagi seh mas… yang jelas entah apa maksudnya dan mau dibawa kemana bangsa ini udah nggak ketahuan lagi… sedih

    Posted by suryaden | 16 Juni 2009, 15:08
  22. semoga sistem ekonomi Indonesia bisa lebih baik lagi ya Om😀

    -salam- ^_^

    Posted by H-riez | 16 Juni 2009, 17:24
  23. Yaaa… gitu deh…
    tapi kalo buat saya kok nggak terlalu penting siapa yang jadi pemimpinnya,
    lebih penting memperkuat dan memperbaiki sistem dan operasionalnya

    btw infonya keren😀

    Google adalah Tuhan yang sebenarnya?

    .

    Posted by ZonS | 16 Juni 2009, 21:56
  24. Jiaaahh,,,
    Kok gitu seh?….
    Liberal adalah sistem ekonomi yang tidak disukai Rasul dan tidak di anjurkan RASULULLAH…
    ISLAM laaa…

    Kedai

    Posted by Rahmat Kedai | 16 Juni 2009, 22:48
  25. Indonesia lebih tepat menerapkan sistem berbasis syariah.

    Posted by Yulianto | 17 Juni 2009, 01:42
  26. sejujurnya saya malah suka ekonomi liberal. ada iklim kompetisi di dalamnya, yang artinya yang bisa survive adalah yang memang punya kemampuan. cuma saja, mungkin memang mentalnya orang endonesa yang pada belum siap; nggak suka kompetisi.

    padahal saya percaya kalo semua orang hidup pasti memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. tinggal bagaimana mengoptimalkan kelebihan itu untuk dijadikan modal berkompetisi.

    tapi ya kalo males, sih, beda urusan lagi😛

    @ Rahmat Kedai

    apa iya? memangnya sistem ekonomi liberal sudah dikenal pas jaman rasul?:mrgreen:

    Posted by joesatch yang legendaris | 17 Juni 2009, 02:05
  27. Wah bangsa indonesia harus melek sekarang jika tidak kita hanya akan jadi bangsa terjajah dalam segala hal

    Posted by aspal07 | 17 Juni 2009, 06:12
  28. ck..ck..ck.. sekarang omiyan jadi pengamat ekonomi ya? hebriing.. hebring..

    Posted by Billy Koesoemadinata | 17 Juni 2009, 06:52
  29. phhhh…
    indonesiaku….

    semoga indonesia dapat terlepas dari sistem liberalisme..

    Posted by oRiDo™ | 17 Juni 2009, 07:28
  30. Diluar suasana politis tentang ulasan ekonomi ini, sebenarnya beliau-beliau sudah tau bahwa ini semua adalah warisan dari masa lalu Mas…

    Siapapun yang akan menjadi presiden nanti, tekanan politis dari negara kaya seperti G8 dan mungkin nanti BRIC pasti akan terjadi.
    Hal ini hanya bisa dihindari bila negara menganut sistem ekonomi komunisme atau Indonesia mendadak menjadi negara yang kaya raya seperti Cina

    Posted by Yep | 17 Juni 2009, 08:06
  31. jadi mikir nih:

    Apakah bangsa yang maju itu pasti mandiri?
    eg. jepang –dia negara maju, punya utang, tapi untuk urusan pangan dia impor (tergantung) dari banyak negara, termasuk indonesia

    swiss, negara maju tapi coklatnya impor semua.
    singapura juga begitu, gak punya lahan pertanian

    Posted by Iip | 17 Juni 2009, 09:13
  32. Memang benar utang kita makin menumpuk, cuma disamarkan dengan iklan \”CGI ditutup\”. Rakyat awam sih percaya aja iklan seperti itu, tapi banyak ekonom yang gelisah dan geleng-geleng kepala.

    Posted by justnurman | 17 Juni 2009, 10:23
  33. Kreatif, kerja keras, cerdas, disiplin, berakhlak/bermoral. Dunia diciptakan beragam. Masing-masing saling membutuhkan. Asal tidak merugikan mari kita jalin kerjasama antar bangsa dan antar agama.

    Posted by dildaar80 | 17 Juni 2009, 12:02
  34. Hahaha..verifikasi dulu ekonom yang geleng2 itu ngerti masalah atau cuma pengen berkuasa doang sama pengen dapet jatah. kalo mau sabar sedikit liat tulisan kwik taun 80-an, kayaknya kwik kritik dirinya sendiri taun 80-an, cuma memang orang kan ingetannya pendek. orang banyak ga ngerti, tapi suka berasa udah ngerti, padahal cuma tau dari koran.

    Posted by rizal | 17 Juni 2009, 23:00
  35. tRa9iss..😦

    Posted by wi3nd | 18 Juni 2009, 03:14
  36. assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Ga Nyambung & Ga Jelas? :-\

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    secara sempurna dan menyeluruh.
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

    Posted by dir88gun2 | 18 Juni 2009, 03:20
  37. Walaupun memprihatinkan, Saya cuma bisa berdo’a aja
    semoga pemimpin masa depan negara ini bisa lebih baik dari yang terbaik..

    Posted by sakti achmad | 19 Juni 2009, 12:02
  38. Diatas saya membaca bahwa pertumbuhan ekonomi negara kita berkembang mengalahkan cina ? Tapi kok kurs rupiah ambleg drastis ,ketika mengamati kurs rupiah dan ketergantungan dg asing seperti ungkapan bpk kwiek memang betul , ikuti saja nilai kurs rupiah naik turunnya ada apa dibalik itu ? Seperti ketika dpt pinjaman dr luar pst menguat trs tidak lama lg turun.aduuuuuuh gua makin suka aja ama pak kwiek jd presiden tp WNI keturunan ya ? Dr namanya aduuuu h pasti ada hambatan.PAK KWIEK JADI MENTERI PEREKONOMIAN KEMBALI SAJA KAN MASA PAK KWIEK MENJABAT 1$BND = 4800rp sekarang 7000lebih/1$BND bahkan hampir setahun lebih diatas 7000

    Posted by oklek33 | 22 Juni 2009, 11:14
  39. Negara ini sudah tergadaikan jika SBY terpilih lagi maka bangsa ini semakin berada dipelukan kapitalisme,neolib bukan isapan jempol dan semua itu bisa dibuktikan dilapangan,kita telah lama di nina bobokan oleh utang , mari bersama-sama menentang utang yang mengikat leher bangsa ini ,Ternyata di tenga gemerlap nya globalisasi justru bangsa ini terpenjarahkan , ditenga hiruk pikuk nya demokrasi ternyata kita masih dirantai oleh kaum neolib, celaka nya pemimpin yang mau kita pilih justru merantaikan bangsa ini lebih dalam

    Posted by Prihandoyo Kuswanto | 26 Juni 2009, 00:30
  40. Makasih atas infonya.


    DOWNLOAD NEW MIG33 VERSI 4.10

    Posted by aspal07 | 26 Juni 2009, 04:23
  41. Pa kwiek itu..orang nya sapa?dari jaman suharto dulu kita dah diwarisin kayak gini.. ini kan masalah politis aja..kok baru diomongin sekarang,,, ahh…bisa2 aja pa kwiek…

    Posted by tendy | 29 Juni 2009, 10:54
  42. trims bapak kwik saya jadi tahu apa sebetulnya yg terjadi dgn bangsa ini

    Posted by alvin | 10 Juli 2009, 06:49
  43. Say no to SBY!!! Ternyata…… Pencitraan yang dibalut jubah asing ini mestinya diketahui seluruh rakyat Indonesia

    Posted by TIAN ILAHUDE | 15 Juli 2009, 03:10
  44. yang pasti kita masih dijajah,,
    tapi berbeda dengan sebelum kemerdekaan yang secara fisik,,
    sekarag secara mental bangsa kita yang masih tergantung dengan pihak asing dan mau diatur oleh mereka,,,
    perlu adanya sikap kemandirian bangsa ini,,,
    semoga itu akan datang pada bangsa kita ,,
    demi kemandirian bangsa ini

    Posted by ebrie | 1 Agustus 2009, 18:00
  45. isiy berbobot!!!
    ..
    tp kurang bisa dipahami!!!

    Posted by yosua | 12 Agustus 2009, 05:08
  46. Inilah ekonomi Indonesia yang penuh dengan pengaruhh asing yang terlalu kuat. Bagaimana kita akan mensejahterakan rakyat?

    Posted by Burhan | 26 Oktober 2009, 16:13
  47. SDM…SDM…SDM
    kalo SDM’nya mantab (patriotik dan nasionalis), issue seperti ini tidak akan ada.cmiiw

    Posted by Andriy | 30 Oktober 2009, 08:35
  48. ekonomi bobrok,,,
    sistem hukum amburadul,
    mau jadi apa negri kita ini?

    Posted by Elsa | 23 November 2009, 11:15
  49. pak kwik emang berani ya ngungkap hal tabu gitu..

    bagi yang tertarik lebih lanjut, baca aja buku John Perkins. Setelah dibaca akan keliatan betapa pengaruh asing sudah mengakar di pemerintahan Indonesia.
    Mudah2an bermanfaat..

    Posted by arif | 27 November 2009, 04:33
  50. info yg menarik dan setuju dengan pendapatnya.

    Terimakasih
    Timbangan | Timbangan Digital | Harga Timbangan Digital | Timbangan Emas by PT DIGI 021-6825-8000 | Produsen & Jual Timbangan Meja | Timbangan Emas | Timbangan Gantung | Timbangan Hybrid | Timbangan Lantai dll | http://timbangan.co.id | e: info@timbangan.co.id

    Posted by timbangan digital | 21 Desember 2009, 07:21
  51. bravo p kwik

    Posted by hariyono | 21 Januari 2010, 16:43
  52. WOw, artikelnya bagus😀 thanks atas infonya ya..?

    Posted by Fakta Ilmiah | 27 Juni 2010, 07:31

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Ekonomi Indonesia « Agnessugiharti's Blog - 1 November 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,466,003 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: