Sekedar Celoteh

Ini Lho Cara “Hemat” Biaya Kuliah


Mungkin jika berita ini terbukti benar bisa jadi ini adalah sebuah hantaman palu buat dunia pendidikan di Indonesia, bagaimana tidak generasi muda terutama kaum putrinya sudah ternoda dikala masih duduk dibangku kulia, atau bisa jadi ini sudah merupakan gaya hidup mereka untuk menghidupi kehidupannya dengan cara yang tak lazim tapi dengan berdalih disebuah kata “tidak berdosa” karena masih ada sebuah payung yang bernama “Nikah Siri”.

Menyimak sebuah harian ibu kota (Kompas.com) yang berjudul Mahasiswi Ramai-ramai Jadi Istri Simpanan, gimana perasaan anda jika benar itu terbukti, mengutip dari berita tersebut dimana…..

Sejumlah mahasiswi di Bojonegoro dan Tuban ditengarai menjadi istri simpanan tanpa adanya ikatan perkawinan yang sah. Sebagian besar praktik itu dilakukan ketika mereka masih duduk di bangku kuliah dan berakhir setelah yang bersangkutan meraih sarjana.Alasan para mahasiswi itu bermacam-macam. Namun, alasan yang paling dominan adalah untuk membiayai kuliah. Dengan menjadi istri simpanan atau semacam istri kontrak, mereka mendapat biaya hidup secara tetap setiap bulan dari sang suami.

“Secara agama kami tidak melanggar. Kami kawin siri,” tutur seorang mahasiswi ketika ditemui Surya beberapa saat setelah keluar dari sebuah kampus perguruan tinggi di Bojonegoro, pekan lalu.

Sebuah kata perkawinan hanya untuk melegalkan sesuatu yang tersebunyi didalamnya saya secara pribadi tidak bisa menerima jika itu dikatakan halal atau tidak melanggar aturan Agama. Seyogyanya sebuah pernikahan tidak untuk hal-hal yang bersifat jangka pendek atau dengand alih apapun akrena didalamnya ada penyatuan dua jiwa untuk hidup bersama atas dasar cinta.

Sedikit kita simak beberapa cuplikan dari berita tersebut.

Ia menceritakan, sejak awal mereka sudah berkomitmen bahwa harus menikah siri terlebih dulu sebelum berhubungan layaknya suami-istri. Hal itu lantaran si wanita tidak mau hubungan yang mereka lakukan menjadi sebuah perzinaan. Atau gampanganya, mereka ingin hubungan suami-istri itu tidak melanggar agama.

Selanjutnya, si lelaki berkewajiban memberi nafkah berupa biaya hidup sehari-hari selama sang wanita menjalani masa kuliah dan membayar semua biaya kuliah yang dibutuhkan si wanita. Adapun pertemuan mereka disepakati dua sampai tiga kali dalam seminggu. Itu pun dilakukan di hotel yang biayanya juga ditanggung sang suami.

Mungkin ini lebih tepat dikatakan sebagai Nikah Mut’ah atau nikah kontrak lebih tepatnya, padahal kita semua tahu khusunya kaum Muslim bahwa nikah kotnrak atau mut’ah tersebut sudah diharamkan oleh Nabi, tapi sayangnya sekarang lagi marak lagi hanya dengan alasan AGAR TIDAK TERJADI PERZINAHAN.

Tapi entahlah apa yang terjadi dengan generasi sekarang, apakah kelalaian orang tuanya dulu dalam mendidik anak atau emang lingkungan sekitar yang membuat mereka menjadi seperti itu, padahal jika kita telaah seseorang ketika masuk ke Perguruan tinggi sudah dipastikan telah menimang berbagai hal dan diantaranya adalah FAKTOR BIAYA KULIAH, jika dalih diatas untuk membiayai biaya kuliah rasanya kruang masuk akal juga bisa jadi inilah bentuk Prostitusi terselubung yang dibungkus sedemikian rupa…

Mengutip salah satu komentar atas artikel tersebut…

rini @ Selasa, 28 Juli 2009 | 14:36 WIB
Logikanya kalo melakukan sesuatu trus hrs disembunyikan dari muka umum takut malu/aib, berarti hal itu adalah sesuatu yg salah. Kalo bener kan, mestinya bangga dong udah menikah. Bener2 cari pembenaran, hati2 loh…mempermainkan hukum Allah. Ingat azab Allah.

Betul jika suatu perbuatan itu benar mengapa harus disembunyikan atau ada alasan lain yang lebih kuat, tapi yang jelas jika benar-benar terbukti maka dunia pendidikan kita sudah tercoreng dengan prilaku mahasiswa/mahasiswi tersebut karena melahirkan calon sarjana yang telah ternoda.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

24 thoughts on “Ini Lho Cara “Hemat” Biaya Kuliah

  1. Astagfirullah! Ternyata ada ya kasus seperti ini.. Sungguh sulit dibayangkan mereka berani bermain2 dengan Allah. Mas bener, pernikahan itu bukan hanya agar hub.intim menjadi halal tetapi merupakan salah satu jalan menuju rahmatnya..

    Posted by Oca | 28 Juli 2009, 08:47
  2. Sip.. Cara hemat internetan ada gag mbak?

    Posted by Odol Gigi | 28 Juli 2009, 08:52
  3. @odolgigi: ada tuch. caranya cari dulu IP-nya signal yang ditemukan, baru diganti dengan kita punya. pasti murah…

    Mo hemat kuliah… ya nebeng ajah mulai dari buku smp kebutuhan logistik dan cari beasiswa.
    ya tdk, Om ?
    salam kembali superhangat

    Posted by cenya95 | 28 Juli 2009, 09:14
  4. Hehehe.. satu kata teeerrrlllaaaalllluuuuu

    Salam Sayang

    Posted by KangBoed | 28 Juli 2009, 09:20
  5. iya, rasanya hal2 yg dulunya tabu emang semakin marak terjadi, bahkan udah dianggap biasa oleh banyak kalangan. Katanya nggak mau melanggar agama, klo kayak gini apa masih bis adibilang nggak berdosa?? Wallahu alam, tapi logika sendiri sich, udah salah… Agh pusing ah:mrgreen:

    Posted by sarahtidaksendiri | 28 Juli 2009, 10:18
  6. ckckckckck

    Posted by nurrahman18 | 28 Juli 2009, 10:41
  7. menyedihkan….

    Posted by Anita Soraya | 28 Juli 2009, 11:20
  8. tapi gak semua seperti itu kok…

    Posted by Anita Soraya | 28 Juli 2009, 11:20
  9. kalau seperti itu bukan nikah siri namanya, tapi kawin kontrak. waduh….

    Posted by Casual Cutie | 28 Juli 2009, 11:44
  10. makin berat aja ya hidup ini? Segala cara dilakukan untuk dapat bertahan hidup, termasuk membenarkan yang disalahkan. Eh, apa bukan hidup yang tambah berat? Melainkan manusia jaman sekarang saja yang mudah menyerah? Hmmm…

    Posted by mawi wijna | 28 Juli 2009, 14:18
  11. wah iya ini fenomena yang semakin membuktikan kalo jaman udah edan ya… *menghela napas*

    Posted by arman | 28 Juli 2009, 16:12
  12. yah qt doakan saja,mudah2an diberikan yg terbaik bagi mreka yang melakukannya..

    Posted by Onnay Okheng | 28 Juli 2009, 16:47
  13. wedew makin parah duniaa ini ..

    kiamat udah bener2 deket deh .. lhooo hahaha😉

    Posted by MacFamous | 28 Juli 2009, 16:53
  14. haddiirr…
    Haduh emang dah keblinger tuh mahasiswi. kalo cuma urusan materi, masih banyak cara lain
    bikin gemes aja,
    cu…

    Posted by faza | 28 Juli 2009, 22:50
  15. masya ALLAH, perilaku tersebut bener2 ga terpuji dan ngebuat kualitas mahasiswa bin sarjana pastinya lebih merosot secara moral

    Posted by Billy Koesoemadinata | 29 Juli 2009, 02:36
  16. Walah,, Kawin kontrak??

    Sebulan bayar kontrakannya berapa yach Gan?? udah termasuk listrik sama aeerr blom??hehe..

    Salam Anak Bangsa..
    Salam Perubahan..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/28/foto-ayam-kampus-gan-igo-nich/

    Posted by celotehanakbangsa | 29 Juli 2009, 06:06
  17. udah ada filmnya itu gan😀

    kawin kontrakkk

    Posted by wahyu am | 29 Juli 2009, 07:11
  18. yaah… bilangnya ‘ini lho cara hemat biaya kuliah’… orang kan malah jadi tertarik buat melakukannya…

    iya gak?

    Posted by diazhandsome | 29 Juli 2009, 13:41
  19. hmm sayagnya ajaran syiah membolehkan nikah mut’ah😦

    Posted by hmcahyo | 31 Juli 2009, 03:41
  20. Yah Allah..kok mereka seperti itu ya Mas😦
    kan banyak cara membiayai hidup, tidak perlu seperti itu….ckckckccc *berkabung sebagai sesama wanita*

    Posted by Ria | 31 Juli 2009, 04:57
  21. Ya Allah, berilah mereka hidayah-Mu, sadarkan mereka atas kesalahannya.

    Posted by samsul arifin | 31 Juli 2009, 06:16
  22. ini “PR” untuk para ulama yang selama ini hingar bingar di pentas politik, segeralah sadar wahai para perempuan dan para orang kaya, sungguh azab Allah sangat pedih. Kepada saudara-saudara muslimin wal muslimah segeralah tinggalkan daerah yang penduduknya bersuka ria bermain dengan hukum Allah,niscaya azad Allah seperti lumpur Lapindo akan bersemburan kembali. Na’udzubillah

    Posted by ajie | 2 Agustus 2009, 12:03
  23. Ya ampuun.. serem bener yaa😦

    Posted by Ade | 4 Agustus 2009, 16:43

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Hot News : Pengakuan Mahasiswi Simpanan “Aku Ingin Hidup Enak” « Blognya Omiyan - 29 Juli 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,466,003 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: