Saya Dan Keluarga

Ayo Sayang Begini Nih Gerakannya…


faniamanisTak terasa bunga anakku tumbuh dengan sehat dan cantik, dan selain begitu banyak perubahan yang saya perhatikan selama ini, ketika semasa masih bayi jika bunga rewel maka obatnya adalah menyetel musik baik lagu anak-anak maupun suara orang mengaji maka akan dengan segera bunga berhenti menangisnya dan diusianya yang udah 3 tahun kesukaan bunga terutama musik masih terlihat dan selain itu sekarang terlihat antusias mengikuti gerakan tari yang ada di tontonan tersebut.

Mungkin benar kata orang tua, sebaiknya dalam perkembangan anak mending kita mengikuti kemauan mereka saat itu, tadinya saya dan istri berencana memasukkan bunga di Play Group tapi karena melihat bunga belum antusias dan masih senang bermain ya udah ta biarin.

Suatu hari ketika saya pulang kerja, biasanya bunga menyambut saya dengan fose yang menjadi ciri khasnya yaitu tangan dipinggang kemudian kaki kanan menyilang didepan kaki kiri yang merupakan fose kebanggaannya tatkala kita meminta “cantiknya mana sayang..”, Nah beberapa hari ini bunga mempunyai kesukaan lainnya yaitu mengikuti gerakan tari yang ada di VCD yang dia setel.

bungaimutTapi ada suatu pelajaran yang saya dapatkan, biasanya sebelum menari bunga selalu memberi tahu atau meminta saya untuk memulai gerakan itu dan setelah itu baru dia ngikutin dan menari sendirian, ada yang bisa saya petik dari sini yaitu ketika saya memberikan dukungan atau pujian maka saya melihat anak kita terlihat Percaya Diri untuk melakukannya dan walau tadinya sedikit ragu atau malu tapi lama-lama walau disitu ada orang lain tapi terlihat jelas mampu melakukannya, tapi akan lain jika kita bilang sesuatu yang justru membuat anak menjadi ga PD semisal “jelek banget gerakannya” nah yang saya jaga adalah slalu pujian yang terlontar kalaupun ada koreksi saya hanya memberikan contoh dengan kata-kata “Begini sayang coba perhatikan ayah”..

Melihat anak mampu belajar sendiri dan meniru gerakan walau gerakannya itu itu terus tapi begitu pentingnya sebuah pujian dari orang sekitar agar anak merasa dihargai kelak memiliki rasa Percaya Diri dalam melakukan sesuatu terlepas dari kekurangan yang ada.

Jadi enggak ada salahnya ketika anak menyukai hal baru (positif tentunya) kita usahakan selalu mendukung dan tetap berada disampingnya, satu hal yang pernah mengejutkan diri saya adalah ketika bunga masih berusia 2 tahun lewat depan tetangga aja dipastikan menutup mata karena malu tapi seiring waktu ketika lagi menyaksikan acara Live Band di Komplek perumahan bunga malah meminta saya untuk memoto dirinya dengan gaya khasnya tersebut padahal disekelilingnya banyak orang, disini saya memenuhi keinginannya bukan untuk membanggakan kepada orang lain “Wah lihat nih anak saya” tapi ingin menghargai keinginnya serta menumbuhkan perasaan PD agar kelak bunga tidak ragu-ragu lagi untuk melakukan sesuatu yang bisa menjadi kebanggaan orang tua…

Tulisan ini tidak bermaksud menggurui buat sahabat yang sudah berkeluarga tapi sekedar berbagi pengalaman agar ga usah takut ketika melihat anak kita terlihat seperti terbelakang artinya jarang bergaul dengan teman, yang penting lingkungan keluarga yang baik maka akan mampu menjadikan yang terbaik pula.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

46 thoughts on “Ayo Sayang Begini Nih Gerakannya…

  1. lucu ya Om, si kecil, semoga kelak menjadi anak yang shalihah

    Posted by ruanghatiberbagi | 13 Agustus 2009, 04:44
  2. baru-baru ini baca buku “Ma…dongengin aku, yuk!” di situ dijelasin kalo anak usia 2-3 tahun, sedang mengalami perkembangan otak yang selayaknya grafik akan menunjukkan grafik tegak. Begitu cepatnya, sehingga dianjurkan untuk tidak menolak permintaan buah hati dan membuatnya menikmati pelajaran2 di sekitarnya, supaya otaknya tidak mengkerut. Makasih pak sharingnya, amat bermanfaat ^^

    Posted by sinta | 13 Agustus 2009, 05:32
  3. Ayah yang baik om,moga aja anaknya nanti mampu menjadi lebih baik di masa depannya

    Posted by Mr.o2n | 13 Agustus 2009, 06:14
  4. Wah..trims untuk pelajarannya mas..*sebagai referensi dimasa depan nih*

    Posted by Oca | 13 Agustus 2009, 06:21
  5. ayah yg baeg om . .
    anagnya imut pula . .

    hehhe

    Posted by Mierna | 13 Agustus 2009, 07:15
  6. Beruntung Bunga mempunya orang tua yang selalu memperhatikan tumbuh kembangnya. Semoga “Bunga-bunga” yang lain di luar sana juga menerima hak-haknya untuk diperhatikan orang tua atau walinya.

    Posted by Ekodeto | 13 Agustus 2009, 07:20
  7. senang sekali ya sudah punya anak yg sedang belajar… *pengen*
    salam kenal, ^_^

    Posted by Caride™ | 13 Agustus 2009, 08:05
  8. semoga putrinya semakin berkembang dg baik ya om…amin

    Posted by Didien® | 13 Agustus 2009, 08:10
  9. gede bakal jadi orang hebat kayanya..
    amin🙂

    Posted by bakulrujak | 13 Agustus 2009, 08:21
  10. Semoga gedenya dia tetep inget ortunya🙂

    Posted by Huang | 13 Agustus 2009, 08:31
  11. iya yang terbaik yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah mendukungnya dan berada di sampingnya
    thaks ya udah mampir

    Posted by awi | 13 Agustus 2009, 09:20
  12. kelak kalau aku punya anak, aku akan belajar banyak dari njenengan, om.

    Posted by samsul arifin | 13 Agustus 2009, 10:16
  13. pelajaran bagus nih buat orangtua yang baru punya anak, btw, gambar kartunnya itu pake apa bang?

    Posted by Abdi Jaya | 13 Agustus 2009, 10:28
  14. Alhamdulillah bunga punya ayah pinterr..😀

    Posted by nakjaDimande | 13 Agustus 2009, 10:31
  15. ayyyoo kak Bunga, nanti joget ama anak tante yaa… hehe… pasti heboh tuh…🙂

    Posted by nA | 13 Agustus 2009, 10:48
  16. Pengajaran yang bener memang seperti itu. Mudah-mudahan saya nanti nggak lupa kalo udah jadi orang tua😉

    Posted by isnuansa | 13 Agustus 2009, 11:16
  17. Mas Vyan mimang sayang sekali ya ama Bunga.🙄 Bener nih mass Vyan pinter nari?😆

    Posted by Wandi thok | 13 Agustus 2009, 11:59
  18. Semoga semua rencana Omiyan jadi kenyataan.

    Posted by marsudiyanto | 13 Agustus 2009, 12:53
  19. Comment saya kok ilang ya Om…

    Posted by marsudiyanto | 13 Agustus 2009, 12:56
  20. Keliatanya tuh anak deketnya sama Bapak yach ?🙂

    Salam🙂

    Posted by Aribicara | 13 Agustus 2009, 13:02
  21. haddiirr….
    Apa kabar sobatku sayang…???
    malem2 gini jalan2 mengunjungi rumah teman.. sapa tau ada kopi nyang dihidangkan🙂 silahkan dikeluarkan kupinya…

    Hhhmmm… sepertinya kita sealiran dalam mendidik si kecil hehehhe… bukan narinya lho… soale aku nggak tau tari menari…

    jadi kangen ama afra krn membaca tentang bunga…

    cu..

    Posted by perigitua | 13 Agustus 2009, 13:44
  22. muantabbbb, makasih neh ilmunya…….

    Posted by buwel | 13 Agustus 2009, 16:11
  23. Hmmmmm pelajaran yang berharga…..makasih…

    Posted by a-chen | 13 Agustus 2009, 16:12
  24. wah, wah, wah bisa dijiplak juga nih idenya😀

    Posted by suryaden | 13 Agustus 2009, 16:54
  25. Sampeyan ini memang orang tua yg bener2 penuh kasih sayang… Sungguh mas..aku iri sekaligus salut sama sampeyan… Salam hangat.. Salam damai.. Dan salam bahagia selalu utk mas sekeluarga…

    Posted by Hary4n4 | 13 Agustus 2009, 22:25
  26. ooh, begitu ya cara mendidik anak,
    aku belum keluarga, makanya musti banyak digurui orang biar nanti siap😀

    Posted by phiy | 14 Agustus 2009, 00:07
  27. buat ref ntar om😀

    Posted by wahyu am | 14 Agustus 2009, 00:38
  28. mmm.. andai aku jadi anaknya😀

    Posted by easy | 14 Agustus 2009, 01:15
  29. berbahagialah bunga
    punya papa baik sekali
    penuh pengertian pula🙂

    Posted by unduk | 14 Agustus 2009, 01:48
  30. Ihh lucunya🙂

    Posted by anny | 14 Agustus 2009, 04:00
  31. Omiyan ayah yang huebaaat … saluuuut🙂

    Posted by kopral cepot | 14 Agustus 2009, 05:38
  32. ikutan belajar bikin web, accessor ma perdalam office yuukkk mumpung murah meriah… ^^

    salam kenal

    Posted by hanacaraka | 14 Agustus 2009, 05:51
  33. Gitu ya, Om? Bisa dipraktekin nih triknya omiyan.

    Btw, anakku baru 1 thn 6 bln , nggak pemalu, malah terkesan cuek aja ma orang, mungkin karena dirumah nggak ada teman, biasa main sendiri, jadi ada orang atau nggak, nggak ngaruh ma dia. Kalaupun ada anak sebaya dia pun, dia nggak mau main bersama, sibuk sendiri aja. Kadang kayak nggak peduli sama sekitarnya, agak kawatir juga sih…

    Posted by dewifatma | 14 Agustus 2009, 05:54
  34. keren triknya bos !

    Posted by warm | 14 Agustus 2009, 06:07
  35. lucu sekali anaknya om…
    jadi ingat adik di kampung halaman..😦

    hmm..bagus itu om,,mengajari anak untuk memiliki rasa percaya diri…sebab sekarang banyak orang tua yang ketika anaknya melakukan kesalahan, justru si anak dimarahi bertubi-tubi,,bahkan dihina-dinakan…
    kalo begitu kan kedepannya nanti ketika si anak ingin melakukan sesuatu, mereka akan takut salah hingga ketidak-PD-an muncul…
    bukan begitu?

    Posted by muamdisini | 14 Agustus 2009, 06:26
  36. pokoknya salamkan sayang blue untukadinda tersayang bunga…..love u fullll
    salam hangat selalu

    Posted by bluethunderheart | 14 Agustus 2009, 06:47
  37. jadi pingin punya anak…tapi belom nikah. piye iki…?:mrgreen:

    Posted by geRrilyawan | 14 Agustus 2009, 07:02
  38. lutuna mas si kecil, salam ya dari om anto

    Posted by antokoe™ | 14 Agustus 2009, 07:51
  39. wah lumayan nih buat bekal nanti kawin… hehehe

    (kawinnya kapaann juga, masih lama. sekarang aja baru 14 taun) hehehehe

    Posted by diazhandsome | 14 Agustus 2009, 08:19
  40. hihihi… imut banget yah gerakan sayang itu..

    salam sayang om…

    Posted by muhamaze | 14 Agustus 2009, 09:46
  41. Mantap om…
    jadi koleksi vcd apa aja nech dirumah?

    Upin Ipin udah ada blom om?
    Klo pocoyo?

    Bagus tuh om…Ponakan gw aja klo tau gw idupin LT langsung dech minta disetel Upin Ipin.

    Posted by Ayam Cinta | 14 Agustus 2009, 16:32
  42. You are right my friend. Ketika masih balita, tentu kita bimbing dan kita awasi terus.
    Manakala mereka sudah menginjak remaja kita pegang seperti memegang burung. Nggak boleh terlalu kenceng agar tak sesak nafas dan juga tak boleh terlalu kendor agar dia tak terbang bebas.
    ” Yang sedang-sedang saja “, kata Vety Vera

    Salam hangat dari Surabaya.

    Posted by Pakde Cholik | 15 Agustus 2009, 01:30
  43. bunga makin lucu aja ya om..

    Posted by Ade | 22 Agustus 2009, 19:54
  44. yang di gambar atas, anaknya sendiri atau bukan, ya? kok beda dengan foto yg di Omiyan Itu🙂

    kalau bicara ttg anak, saya jadi gimana gitu … karena senin – jumat saya kerja di jakarta, sabtu – minggu pulang ke bandung baru ketemu dua putra saya …

    mengapa tulisan sederhana ini bisa begitu banyak yang komentar, ya? Artinya masih banyak sisi baik yg ada pada manusia.

    jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-wisata/
    http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/
    http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-2/

    atau blog saya lainnya ttg laut
    http://richocean.wordpress.com/

    salam kenal😆

    Posted by richocean | 10 September 2009, 13:58

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Ayo Sayang Begini Nih Gerakannya… | Update Blog Terbaru - 13 Agustus 2009

  2. Ping-balik: Ayo Sayang Begini Nih Gerakannya… | Update Blog Terbaru - 13 Agustus 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,461,813 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: