Sekedar Celoteh

Masjid Ramadhan Itu Bernama Mall


mallmasjidRamadhan adalah bulan penuh berkah dan nikmat dan emang benar adanya hampir semua kalangan, semua suku bangsa, semua umat beragama yang berlainan pun mendapatkan berkah dari Bulan Suci Umat Islam ini, mungkin kita bisa melihat orang yang tadinya ga niat berdagang akhirnya membuka dagangan walau cuman sekedar hanya untuk buka puasa doank semacam kolak bahkan dibeberapa tempat banyak umat lain yang berlainan agama demi menghormati dan menghargai sebagai satu bangsa membuka warung gratis demi saudaranya umat Islam untuk berbuka puasa yang tengah berada diperjalanan.

Nikmat memang sungguh sangat nikmat setiap kita berada dibulan Ramadhan, namun nikmat itu terkadang ada nikmat lain yang sering kita lupakan dan bahkan saya sendiri sebagai penulis sering melanggar nikmat itu sendiri, yaitu sebuah kenikmatan melaksanakan Shalat Tarawih.

Mungkin bukan rahasia lagi awal Ramadhan hampir dipastikan semua orang begitu semangat melaksanakannya hampir disetiap masjid begitu sesak dengan para jemaah baik yang melaksanakan Shalat Tarawih 11 Rakaat ataupun  23 Rakaat, ketika puasa menginjak minggu ke 2, ke 3 bahkan ke 4, masjid yang tadinya sesak berangsur-angsur jemaahnya makin maju kedepan karena “masjid” itu kini berpindah tempat yaitu yang bernama Mall alias Pusat Perbelanjaan. Dan inilah situasi terbalik yang terjadi ketika awal Ramadhan Mall begitu lengang tapi diminggu selanjutnya makin ramai.

Apakah kita menyalahkan mereka, buat saya tidak karena itu semua kembali kepada kadar iman masing-masing selain itu setiap orang punya alasan dan pemikiran masing-masing kenapa seperti itu.

Ketika Puasa sudah berada dipertengahan suasana Lebaran sudah begitu terasa, semua keluarga sudah mulai menyicil Baju Baru untuk dipakainya nanti begitu juga toko toko berlomba mengeluarkan diskon gede-gedean (50%+20%) kalau melihat tulisannya padahal ketika ditotal akhir sama aja…yang jelas keceriaan hampir menyelimuti perasaan anak-anak karena impian memakai barang baru sudah terbentang dimatanya padahal puasa belum beres masih jauh.

Masjid Ramadhan itu bernama Mall emang bener juga karena di Mall ada tempat yang menjual makanan jadinya semua orang bisa mengajak sanak saudaranya untuk mengadakan acara buka bersama, dan memang buat yang pernah melaksanakan acara buka bersama (saya sendiri belum pernah) ada nuansa berbeda selain keramaian yang dirasa juga tidak perlu repotnya kita memasak untuk menyiapkan makanan buka puasa.

Tapi satu hal yang sering dilupakan disitu di masjid Ramadhan yang bernama Mall itu adalah……Gratis Shalat Maghrib…karena kurangnya ketersediaan tempat Ibadah.

Tapi biarlah semua itu sebagai penghias Ramadhan sekaligus pernak pernik kehidupan manusia, karena di Bulan Ramadhan lah orang bisa saling berbagi tanpa pandang usia, umur dan Agama, dan ketika ramadhan pergi jika hati merasa sedih dan merindukannya beruntunglah karena masih ada cahaya Iman dalam hati kita……

Tulisan ini saya buat untuk mengikuti Lomba Blog dijaminmurah.com 2009!

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

34 thoughts on “Masjid Ramadhan Itu Bernama Mall

  1. Ke Mall tidak harus seharian penuh sampai melupakan ibadah kan🙂

    Posted by anny | 8 September 2009, 02:31
  2. hehe.. iyah, apalagi yg nyari baju lebaran…
    tapi asal masi dalam batas wajar dan engga berlebihan GPP deh🙂
    Allah kan ga menyukai sesuatu hal yg berlebihan ^_^

    Posted by mahardhika | 8 September 2009, 03:45
  3. Semoga dari ramadhan ke ramadhan berikutnya, kita bisa terus meningkatkan diri kita menjadi lebih baik ya Mas Iyan🙂

    Posted by Rizal | 8 September 2009, 03:53
  4. mengais rezeky dibulan ramadhan kaya sku mas dagang es kelapa……..lam knal mas

    Posted by Gatotkaca | 8 September 2009, 04:40
  5. Memang betul mas …
    minggu-minggu ini …
    Tarawih semakin “Maju” saja …

    maksudnya shafnya makin kedepan i.e makin sedikit …

    salam saya

    Posted by nh18 | 8 September 2009, 05:14
  6. Iya, di akhir2 ramadhan, masjid jadi pindah ke mall. Mengapa hal ini bisa terjadi, kemungkinan karena sebagian besar dari kita memang terlalu terbiasa melakukan sesuatu menurut rutinitasnya, kan dari tahun ke tahun sudah menjadi hal rutin seperti itu. Jadi ya seperti itulah dari tahun ke tahun.

    Posted by RitaSusanti | 8 September 2009, 05:48
  7. wkwk
    itulah manusia waktunya beribadah malah shoping😦

    Posted by andif | 8 September 2009, 06:10
  8. Nice posting juragan…
    Semoga lombanya menang..

    Ini kunjungan pertama saya
    Melihat nama omiyan dan faviconnya gelas bergambar lope-lope itu, saya jadi teringat dengan salah satu blogger Kuningan Blog dulu….

    Selamat bertemu kembali Kawan,
    Salam Perantau
    banditsangperantau

    Posted by bandit pangaratto | 8 September 2009, 07:16
  9. di masjid deket rumah…tinggal 3 baris taraweh nya,,pdhl wkt pertama,,,wah ampe diluar masjid se lapanga penuh

    Posted by melandri | 8 September 2009, 07:17
  10. mel aja sekarang udh 2 hari ga ke masjid taraweh,,hehhee
    tp krn lg ga puasa hehhehe

    Posted by mel | 8 September 2009, 07:34
  11. buat anak-anak kan lebaran berarti baju baru😀

    Posted by bakulrujak | 8 September 2009, 08:03
  12. teraweh di tempat saya makin mengalami “kemajuan” yang pesat . entah pada kemana orang” itu . heheh

    tapi kalo saya suruh milih sesuai gmbr , saya berusaha mengimbanginya🙂

    Posted by Rivanlee | 8 September 2009, 08:17
  13. harusnya di akhir ramadhan masjid semakin rame, bukan hanya mall…

    Posted by nurrahman | 8 September 2009, 08:43
  14. memang mengasikan seeh kalo ke Mall, abis enak dan nyaman apalagi kalo lagi banyak doku, dah pasti nga sayang dah makan2 , ya sedikit belanja, apalagi kalo ada theaternya. wah nonton kalie. ya bila memang harus ke MaLL YAbijak saja

    Posted by kawanlama95 | 8 September 2009, 10:37
  15. He…he…abis buka, biasanya lanjut lageeee 🙂

    Posted by Yep | 8 September 2009, 10:46
  16. aku ga prnah ke Mall,.
    maklum org desa, heheh
    alhamdulillah,

    Posted by Deyn | 8 September 2009, 11:51
  17. Tapi lumayan juga masjid jadi sepi karena jemaah anak-anak kecil yang biasa teriak-teriak itu pindah ke Mall. Tapi jemaah bapak-bapaknya jangan ikut-ikutan pindah ke Mall juga dunk!

    Posted by mawi wijna | 8 September 2009, 11:55
  18. Ramadhan memang banyak membawa berkah… Moga sukses dgn lombanya, yaa Mas…
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

    Posted by Hary4n4 | 8 September 2009, 12:05
  19. iya…

    untungnya saya nggak ketularan ke mall

    Posted by suryaden | 8 September 2009, 15:46
  20. bukannya di mall biasa ada musholla ya?

    Posted by arman | 8 September 2009, 18:17
  21. 😡 Salam Ramadhan Al Mubarok😡

    jadi mikir … kapan pertama kali saya masuk ke mall .. benar2 nggak ingat lagi ..
    😡 Salam Hangat Selalu dari AbulaMedia.com😡

    Posted by Abula | 8 September 2009, 18:34
  22. iseng-iseng sambil nunggu sahur tiba. wow blog yg keren dan isi yang ruar biasa. salute!!!

    salam dari blogger majalengka

    Posted by annas nashrullah | 8 September 2009, 18:45
  23. Klu saya ke malnya siang jd sore udah ada dr rmh.

    Posted by Lintang | 8 September 2009, 18:56
  24. Assalamu’alaikum,
    Memang banyak yang memanfaatkan moment Ramadhan untuk menambah penghasilan, berjualan. Bagi saya pribadi, sebenarnya sih tidak apa-apa, asalkan harganya normal/tidak terlalu tinggi. Memang mereka kurang menyediakan tempat untuk ibadah,kalaupun ada hanya mushala kecil di sebuah Mall, tapi alangkah bijaksananya bila kita sendiri yg berusaha untuk tidak berbelanja, saat mendekati waktu shalat, atau segera mencari masjid terdekat bila saat berbelanja, waktu shalat hampir tiba. Ini hanya sekedar pendapat saya, mohon maaf bila kurang berkenan (Dewi Yana)

    Posted by jalandakwahbersama | 9 September 2009, 03:20
  25. Ya, ramadhan selalu berhasil menyulap banyak hal, termasuk mall yang tiba-tiba berubah jadi sangat agamis, sehingga kita bisa shalat di banyak space di mall tersebut.

    Meski setelah ramadhan suasana itu akan hilang sedikit demi sedikit, tapi biarlah. toh, itu saja sudah cukup memberi warna.

    Posted by vizon | 9 September 2009, 04:24
  26. HE HE tau aja yang rame MALL, cari musola aja di mall kadang susah, salam kenal om iyan

    Posted by haris ahmad | 10 September 2009, 06:38
  27. Hmm bener juga oom,
    Saya non muslim tapi sering mengamati,
    tidak banyak mall dengan fasilitas Sholat yang memadai.

    btw semoga menang ya kontesnya😉

    Posted by Eka Situmorang - Sir | 11 September 2009, 02:03
  28. mm.. gag juga kok.. di sini mallnya sediain fasilitas sholat yang memadai.. wkwkw..

    Posted by Huang | 12 September 2009, 08:49
  29. Apalagi di masjid dideket rumah saya mas, blom sampe seminggu jama’ah tinggal 3 shaf.. maklum tahun ini Tarawihnya 1 juz per malem.

    BTW ada banyak kok Mall-mall baru yang mushalah atau masjidnya bagus, dan layak buat shalat..

    Posted by Gandi Wibowo | 13 September 2009, 08:46
  30. hmmm,, jadi malu jika harus pergi ke mall…
    tapi ndak semua mall yang belum menyediakan fasilitas ibadah secara layak..
    beberapa mall sudah menyediakan fasilitas berupa masjid yang cukup memadai..

    Posted by muamdisini | 14 September 2009, 00:44
  31. eh.. bener juga ya… mall lebih rame daripada masjid… bukan jamaah i’tikaf namanya, tapi jamaah ikhtilat… hehehe…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    Posted by sedjatee | 14 September 2009, 11:53
  32. di kota kelahiran saya malah tambah parah tu.
    kotanya udah mulai banyak berdiri mall-mall/plasa gede-gede, tapi cari musholla’nya sulit banget.
    T_T

    Posted by Andriy | 15 September 2009, 06:25

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Masjid Ramadhan Itu Bernama Mall | Update Blog Terbaru - 8 September 2009

  2. Ping-balik: Makasih Sayang « Blognya Omiyan - 14 September 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,464,039 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: