Saya Dan Keluarga

Aku Ingin Pulang….


mamahSebuah tulisan bisa mengungkapkan isi hati seseorang dan itu tak akan memandang usia baik muda maupun usia tua, terkadang dari sebuah tulisan bisa menjadi sebuah keinginan atau sindiran buat diri kita atau buat orang lain juga…

Ya bicara tentang sebuah tulisan walau singkat tulisan itu bisa jadi itu adalah sebuah keinginan yang sudah lama terpendam, dan itu terjadi di keluarga saya…jadi ketika istri lagi buka buku yang berisi catatan toko tanpa sengaja ada 2 tulisan yang pertama FANIA BUNGA LIANI dan AKU INGIN PULANG yang ditulis dengan Spidol hitam yang cukup tebal, awalnya istri hanya memperhatikan tulisan nama anak saya yang pertama tersebut tapi ketika melihat tulisan AKU INGIN PULANG istri bertanya kepada saya…

“..Aa yang nulis ini ya…” Sambil menunjukkan tulisan tersebut

..Ga ah, ga pernah nulis gituan kayaknya mamah deh …” Jawabku

Ya dari tulisan itu aku sendiri bisa mengerti bagaimana perasaan ibu saya yang memang sudah hampir dua tahun tidak bisa mudik ke kampung di Kuningan (Majalengka) sana, perasaan kangen dengan kampung halaman dan keinginan untuk menengok ibunya ibu saya (nenek) sangat saya rasakan, apalagi dibeberapa kejadian kontak bathin antara seorang anak dan ibunya sering terjadi ketika bibi saya mengabari nenek sakit otomatis ibus aya sering teringat nenek disana…

Kalau ingat hal ini saya sering merasa berdosa karena menyembunyikan kondisi nenek disana, permasalahannya karena saya sendiri dan istri ga mau sampai ibu saya sakit atau kepikiran terus tentang nenek disana.

Kalau mengingat hal itu ibarat kata saya merasa makan Buah Simalakama kesana gimana kesini gimana, saya sendiri bisa merasakan kondisi ibu saya terhadap nenek saya sama dengan perasaan saya kepada ibu saya…

Pernah suatu hari saya nawarin ibu saya untuk pulang dengan adik saya tapi ternyata ibu saya lebih memilih pulang dengan saya dan disaat itu kondisi ga bisa ninggalin rumah dengan kondisi bayi belum ada yang ngasuh…walau saya tahu penolakan saya atas keinginan pulang ibu saya dengan saya adalah sebuah dosa besar tapi ya saya sendiri merasa ini sebuah dilema antara sebagai anak dan sebagai seorang kepala rumah tangga….

Buat siapapun pasti merasakan hal yang sama jika diperantauan terlalu lama dan moment Lebaran kemaren adalah hal tepat untuk bisa bertemu dengan para kerabat sekaligus saling bersilaturahim setelah sekian lama tak jumpa….

Semoga aja rencana akhir tahun ini untuk mudik bisa terlaksana sekaligus sebagai obat buat ibu saya atas keinginan yang selama ini terpendam….

Maafin saya mah….

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

45 thoughts on “Aku Ingin Pulang….

  1. wih, kok jadi kerasa gimanaa gitu ya? kemarin pas Lebaran gak pulang?

    Posted by diazhandsome | 30 September 2009, 04:25
  2. KEDUAAAAAAAAXXXXXXXXXX…………

    Posted by haris ahmad | 30 September 2009, 04:26
  3. Saya mengucapkan :

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    salam
    haris ^.*

    Posted by haris ahmad | 30 September 2009, 04:26
  4. Sekali lagi

    Saya mengucapkan :

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    salam
    haris ^.*

    Posted by haris ahmad | 30 September 2009, 04:27
  5. Sekali lagi Om

    Saya mengucapkan :

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    salam
    haris ^.*

    Posted by haris ahmad | 30 September 2009, 04:29
  6. Sekali lagi yah Om

    Saya mengucapkan :

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    salam
    haris ^.*

    Posted by haris ahmad | 30 September 2009, 04:30
  7. diazhandsome: ya mas ga mudik maklum ada bayi kecil baru 2 bulan kasihan kalau dipaksain

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 04:30
  8. iihh Om iyan bisa aja…….salam yah buat keluarga

    Posted by haris ahmad | 30 September 2009, 04:37
  9. semoga mas…

    yang penting santai dan rileks aja, pasti deh kesempatan mudik bisa dilaksanakan…😀

    Posted by suryaden | 30 September 2009, 05:04
  10. Jadi gimana, jadi ngantar mamah pulang nengok nenek nggak? (*jadi sedih bacanya*)

    Posted by tutinonka | 30 September 2009, 05:45
  11. gapapa kok. gw waktu usia 1 tahun udah diajak naik kereta ke Jawa Timur. yang kasian bukan anaknya, tapi ibunya. hehehe

    Posted by diazhandsome | 30 September 2009, 05:48
  12. MAKANYA, LEBARAN KEMARN ITU MUDIK YAN, ITU SEBENARNYA MAMAHNYA AJA PENGEN MUDIK… SAMPAI MENULIS KALIMAT SEPERTI ITU…. MUDAH2 AN BISA MUDIK, NANTI KETEMU YA, AKU JUGA NANTI MAU MUDIK LAGI

    Posted by dinilah syahni | 30 September 2009, 06:09
  13. om.. om.. ko cerita sedih mulu sih….

    Posted by uprit | 30 September 2009, 07:02
  14. Suryaden : Iya mas mudah2an akhir tahun ga ada apa-apa

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 07:41
  15. tutinonka : akhir tahun pastinya bu hihihi

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 07:47
  16. diazhandsome : Masalahnya ini baru 2 bulan mas dan tahu sendiri kalau lebaran muacetnnya minta ampyun

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 08:14
  17. dinilah syahni : Pasti din doain aja

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 08:18
  18. uprit : hihihihihi sedih tapi cerria tahu hahah

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 08:19
  19. Posisi paling berat memang di tengah2, sering ketemu hal2 yg seperti buah simalakama.

    Harus ngemong ke atas (orang tua), tapi juga ke bawah (anak kita).

    Posted by marsudiyanto | 30 September 2009, 09:08
  20. Jadi terharu, pingin nangis, hikz…. Mudah2an rencananya kesampaian.
    Mumpung masih dalam suasana lebaran :
    Minal aidin wal faidzin,
    mohon maaf lahir dan batin.

    Posted by Johan | 30 September 2009, 09:11
  21. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    Baru jalan jalan dan keliling lagi..

    salam sayang

    Posted by KangBoed | 30 September 2009, 09:31
  22. Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin

    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    Posted by KangBoed | 30 September 2009, 09:33
  23. mudah mudahan semangat lebaran.. semangat persahabatan dalam CINTA dan KASIH SAYANG terus melekat di hati kita semua.. dan bertumbuh kembang membangun kembali kepribadian bangsa yang ramah dan penuh CINTA
    salam sayang untukmu saudaraku

    Posted by KangBoed | 30 September 2009, 09:36
  24. yang paling berat adalah mengambil keputusan yang tepat tanpa membuat satu pihak merasa tersisihkan.
    selamat belajar menjadi kepala keluarga yang super, om..

    Posted by bakulrujak | 30 September 2009, 09:38
  25. marsudiyanto : ya pak terasa banget, eh sekalian selamat ya atas kelahiran momongan barunya hahahahahhaha momongan yang unik wakakkaka

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 09:45
  26. Kangboed: sama sama lah kang maaf kalau ada salah kata ye…hehehe

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 09:47
  27. bakulrujak : Betul mas, istilahnya menjaga perasaan adil itu yang berat

    Posted by omiyan | 30 September 2009, 09:50
  28. Omiyan, sahabatku yang baik…
    Membaca postingan ini… saya sungguh sulit untuk menemukan kata – kata untuk meninggalkan jejak disini…

    Saya teringat masa lalu saya, dan boleh jadi… ini adalah salah satu penyesalan terbesar dalam hidup saya…

    Singkat ceritanya gini:
    Waktu itu saya pulang ke kota kelahiran saya, dan ibu saya sempat berpesan, “Tolong jenguk nenek mu, ibu ingin tau keadaan nenek mu”.

    Ntah bagaimana, waktu itu karena cukup sibuk… akhirnya saya tidak sempat berkunjung ke rumah nenek saya.

    Subuhnya saya pulang ke kota tempat saya tinggal sekarang, dan masuk sekolah… paginya. Tepat jam 08:00, ayah saya datang ke sekolah… dan mengabarkan bahwa Nenek saya sudah meninggal dunia.

    Ketika pulang kerumah, dan mengabarkan berita itu ke ibu saya… ‘tangisan ibu saya’ waktu itu adalah peristiwa yang paling menyedihkan dalam hidup saya.

    Saya sungguh menyesal tidak bertemu dengan nenek saya waktu itu di penghujung usia nya… sungguh menyesal…

    Omiyan… memang berat sih, tapi saya pikir… ada baiknya omiyan berusaha agar keinginan ibu omiyan untuk mudik dan berbakti pada ibu-nya bisa terwujudkan…

    Demi mamah nya omiyan juga… kasihan banget kalau beliau terus menerus merisaukan kondisi ibu beliau…

    Maaf ya omiyan kalau komen yang ini dirasa berlebihan…

    Posted by Rizal | 30 September 2009, 10:18
  29. ya om dengan cepat memenuhi keinginan beliau berarti omiyan telah meringankan beban mamahnya omiyan untuk memberikan kesempatan mamah omiyan melihat menegok dan sekedar merawat ibunya disana, om dua keuntungan didapet disana…
    jujur saya suka dengan postingan seperti ini karena jadinya kita bisa saling berbagi pengalaman yg pernah dialami..
    maaf ya om bukan bermaksud ngajarin

    Posted by Denish | 30 September 2009, 12:50
  30. wah thanks banget mas rijal, hal itu yang sering saya takutin ya semoga bisa secepatnya terlaksana

    Posted by Omiyan | 30 September 2009, 12:55
  31. Whahh…..Ibu nya Mas Omiyan kangen dengan kampung halaman dan nenek ya…

    Semoga bisa mendapatkan kesempatan mudik secepatnya ya Mas…

    Salam semangat selalu….

    Posted by bocahbancar | 30 September 2009, 13:13
  32. wah di lema ya om?? semoga aja semuanya bisa berjalan sesuai keinginan

    Posted by yangputri | 30 September 2009, 14:15
  33. Akhirnya…jadikah mudik tahun ini, pak ?

    Semoga sukses dengan mudiknya…dan jangan lupa ‘oleh2nya’😀

    Posted by putri | 30 September 2009, 16:23
  34. Duh baca postingannya begitu menyentuh, katanya orang sunda paling betah ditanah airnya dibanding yang lain sampai ada kata pepatah bengkung ngariung bengkok ngaronyok, mungkin itu yang ibundanay rasakan. Semoga mudik dan pulang kampungnya berjalan lancar dan sukses selalu.

    Posted by mamah aline | 30 September 2009, 16:49
  35. semoga keinginan pulang dapat terlaksana.

    Posted by BaNi MusTajaB | 30 September 2009, 21:14
  36. tapi sekarang udah diajak pulang, belum?

    Posted by Billy Koesoemadinata | 1 Oktober 2009, 02:08
  37. memang karena entahlah kesibukan atau apa kadang2 membuat orang tak mampu untuk pulang kampung, dan mesiasati ini memang butuh kejelian, semoga keinginan pulang kampung bisa sering terwujud. ibu kami pulang kampung cukup sering dan nenek kami ketempat kami juga cukup sering.

    Posted by kawanlama95 | 1 Oktober 2009, 02:34
  38. rasa rindu berkepanjangan terhadap kampung halaman memang sakit..😦

    Posted by ikiakukok | 1 Oktober 2009, 02:50
  39. Semoga semuanya bisa lancar dan sesuai dengan yg diinginkan, amin.
    Salam.

    Posted by bundadontworry | 2 Oktober 2009, 05:16
  40. Menangis Ca membaca postingan mas yang ini…semoga mas bisa memenuhi keinginan ibunda untuk pulang ya..amin

    Posted by Oca | 2 Oktober 2009, 10:35
  41. Iya sih mas, kadang kita dihadapkan oleh pilihan yang membingungkan. Tapi bagaimanapun kita harus memilih.
    Oh iya mas, terima kasih telah berkunjung di blog saya

    Posted by noto | 6 Oktober 2009, 03:46
  42. yan..
    luan9kan waktu untuk ibu,antar dia pulan9..
    sedikit pen9orbanan darimu akan men9uran9i rasa rindu beliau..

    Posted by w3nd | 6 Oktober 2009, 05:23
  43. aku juga gak mudik kok om…jagain anak2 yg bandel itu😀

    Posted by Ria | 6 Oktober 2009, 08:26
  44. Membaca kisah yang di atas hati kecil saya setidaknya terenguh oleh nasib seorang ibu yang begitu peduli akan ibundanya, kangen adalah kata kunci yang telah membuka hati saya. betapa tidak kata “kangen” menunjukkan bahwa seseorang itu ingin sekali bertemu dengan orang tuanya begitu juga dengan nasib saya yang bahkan sampai sekarang ini saya sudah pasti tak bakal ketemu ortu saya dan saya sama sekali belum pernah menengok orang tua asli saya sejak saya lahir.
    Namun hanya satu nama yang saya pegang teguh di hati saya “nofrizal” bertempat tinggal di daerah jambi dan saya tak tau dimana alamat nya yang saya tau hanya kata jambi. ingin saya cari tapi ekonomi saya tak kuasa, saya hanya bisa kangen-kangen-kangen dan kangen, saya merindukan ayah saya mungkin juga beliau jika masih hidup beliau juga merindukan saya, setiap saya membuat perumpamaan seperti ini airmata menetes dan saya takkan tau sampai kapan derita ini akan berakhir namun yang pasti saya dan ayah saya mustahil untuk ketemu lagi. tabah itu kata kawan sekadar menyadari,, tapi sang waktu terus berjalan adakah kesabaran itu akan membuka jendela harapan saya nanti,… entahlah

    Posted by rina heriza | 22 April 2010, 10:40

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,466,003 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: