Sekedar Celoteh

Cingkonek = Spektrum Ditengah Kemacetan


Cingkonek..entahlah penulisannya benar atau salah saya sendiri belum pernah melihat bahkan sampai membacanya, tapi saya sering mengucapkan itu karena kebiasaan istri saya kepada anak saya ketika bunga yang suka bermanja ria kepada ibunya, atau pada saat abis mandi kemudian bunga suka sengaja lama lama untuk dipakein baju dan celana nah jika begitu maka suka keluar kata cingkonek yang mungkin berarti suka bertingkah atau kelakuan yang aneh-aneh atau bisa jadi terlalu banyak permintaan.

Bicara masalah kelakuan aneh alias Cingkonek ternyata suka melanda diri saya sendiri seperti bergaya bak model didepan istri ketika mau mandi, atau membusungkan dada  persis seorang peragawan didepan kaca sehabis mandi. Nah semua itu tak lepas dari sifat kekanak kanak atau gejala iseng yang suka muncul dadakan.

Nah Cingkoneksaya kemaren ternyata sedikit berbuah manis, ya karena sudah beberapa hari ini saya selalu bawa kamera saku mereknya Samsung, ketika kemaren sedang dalam perjalanan pulang kebetulan dari arah Jakarta-Merak termasuk lancar tapi dari arahnya sebaliknya terjadi kemacetan terutama di daerah Cikupa, nah disini saya iseng-iseng untuk mengabadikan moment macet tersebut dan kebetulan saya duduk dibelakang jadi saya bisa mengambil gambar lewat kaca belakang mobil karena kebetulan saat ltu belum hujan jadinya kaca masih bening.

Nah saat itu saya kira ketika ngambil objek mobil yang sedang pada macet posisi kamera kirain menggunakan settingan Auto biar praktis, tapi ketika jepretan pertama Flash  tidak keluar dan respon kamera untuk mengcapture gambar ternyata lama, sedikit kesel karena ternyata settingannya saya menggunakan Nightscene dan Flash tidak saya aktifin dan ternyata hasilnya diluar dugaan saya, nah seperti gambar no 1 ini, tuh objek adalah posisi mobil ke arah jakarta dalam keadaan macet jadi lampu merah itu tak lebih dari Lampu belakang mobil, saya sendiri ga menyangka hasilnya seperti itu, gambar ini belum saya edit apapun masih murni dan ini adalah ketangan dari fhoto tersebut ; ISO : 80, AV : F 3.0, TV : 6s, Flash : Off.

No. 1

Gambar No.1

Nah karena hasilnya yang menurut saya unik maka saya pun melanjutkan Cingkonek dengan mencari kondisi yang pas dan hasilnya bisa dilihat di gambar nomor  2 dan 3, gambar tersebut adalah mobil yang kebetulan berada tepat dibelakang kendaraan yang saya tumpangi dan hasilnya kalau yang nomor 3 sepintas kayak sketsa sebuah kuda (menurut saya hehehe) adapun komposisi Foto nomor 2 adalah ISO : 80, AV : F 3.0, TV : 3s, Flash : Off, Foto nomor 3 adalah ISO : 80, AV : F 3.0, TV : 2s, Flash : Off.

gambar No. 2
Gambar No.3

Ok kita lanjutkan dengan foto yang nomor 4 yaitu sebuah SPBU di km 43-46, arah sebelah kanan karena SPBU ini berada terletak dijalur Serang-Jakarta, ramainya cahaya perak tersebut adalah tak lebih dari cahaya lampu Neon yang tepat berada dibarisan depan SPBU tersebut, sedangkan warna kuning dibagian atas dan samping atas adalah cahaya lampu penerangan untuk parkiran mobil. Adapun komposisi gambarnya adalah ISO : 80, AV : F 3.0, TV : 8s, Flash : Off.

Gambar No.4

Foto nomor 5 adalah foto lampu penerang jalan yang berada ke arah keluar Tol ke Ciujung disitu berdiri deretan lampu-lampu berwarna kuning dengan jarak yang mungkin kurang lebih satu sama lain 15 meteran dan lampu tersebut posisinya berhadap-hadapan dengan mengikuti bentuk jalan yang melingkar, nah kalau posisi gambarnya adalah ISO : 80, AV : F 3.0, TV : 8s, Flash : Off.

Gambar No.5

Ya saya pribadi menyukai hasil fhoto seperti ini yang kata temen saya seperti Spektrum kalau saya sih jujur tidak tahu apa namanya tapi saya lebih suka lihat hasilnya yang unik.

Ternyata mengambil objek dalam keadaan bergerak khususnya mendapatkan permainan warna cahaya sangat mengasyikkan karena hasilnya adalah alami tanpa memakai editan dari sebuah software gambar dan salah satu contoh lainnya adalah gambar nomor 6, sepertinya tulisan MITSUBISHI MOTORS berdiri sendiri atau hanya sebuah plang nama tapi tulisan itu berada dan menempel dibangunan milik PT. Setiakawan Motor dikawasan Jl. Jenderal Sudirman Serang, posisi bangunan tidak nampak karena pencahayaan dari dalam bangunan itu sendiri kurang terang adapun komposisi gambarnya adalah ISO : 80, AV : F 3.0, TV : 8s, Flash : Off.

Gambar No.6

Semua gambar saya ambil dengan ukuran maksimal dari kamera Samsung saya yang ber type L830 yaitu 8.1 MP yaitu ukuran 3264 x 2448, dan modus yang saya pakai adalah Nightscene dengan Flash dalam keadaan Off.

Ok sekian liputan dari Omiyan di Ruas Tol Jakarta-Merak yang hampir setiap tahun ada perbaikan melulu …… kapan benernya atuh pak !!!!

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

39 thoughts on “Cingkonek = Spektrum Ditengah Kemacetan

  1. waduh gambar apaan tuh Om…tapi lucu loh…
    jadi abstrak gitu….
    ada bakat nih Om jadi fotografer…
    hehehehehe
    putri siap nih jadi modelnya…

    Posted by kenanga | 19 November 2009, 06:02
  2. waduh boleh deh put….tapi ntar ati ati takut ada rekayasa hahahahha, itu gambar udah ada keterangannya

    Posted by omiyan | 19 November 2009, 06:05
  3. bagus tuh gambarnya om ! kreatif deh

    Posted by riFFrizz | 19 November 2009, 06:11
  4. Hasilnya kek Kamera SLR ik, keren kang😀

    Posted by JakaPrasetya | 19 November 2009, 06:31
  5. tsk tsk tsk tsk… ide yang sinting!

    hohoho

    Posted by Huang | 19 November 2009, 10:45
  6. Fotonya keren2 Mas…
    Oh ya, selamat atas pergantian themenya…
    Saya juga suka Theme Inove

    Posted by marsudiyanto | 19 November 2009, 11:32
  7. Nambah dikit…
    Bagian header yg kanan kok nggak dimanfaatkan untuk diisi banner Mas…

    Posted by marsudiyanto | 19 November 2009, 11:34
  8. wah, cingkonek yang menjadi karya yg indah lho
    bener🙂

    Posted by achoey | 19 November 2009, 12:28
  9. Mmmm …. hasil jepretannya bagus! Kayaknya itu dibuat dengan kecepatan rendah ya, kemudian kameranya digoyang? (*sok tahu.mode on*)

    Posted by tutinonka | 19 November 2009, 13:19
  10. Sumpah keren banget
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    Posted by the riza de kasela | 19 November 2009, 13:44
  11. eh cantik om..!!!!! lucu ah ternyata, duh duh duh

    Posted by luvaholic9itz | 19 November 2009, 14:20
  12. lumayan bagus mas buat ukuran kamera saku

    Posted by geas | 19 November 2009, 15:17
  13. jadi “cinkonek” itu artinya hobi dadakan yah?🙂

    Posted by Rindu | 19 November 2009, 15:32
  14. lalu sebenernya apa artinya “cingkonek??
    eh Om, suka fotografi juga yah

    Posted by nurrahman18 | 19 November 2009, 16:04
  15. cingkonek bahasa mana?

    Posted by sinta | 19 November 2009, 16:27
  16. hehehe..saya pikir apaan gituh Om tuh poto ko aneh-aneh gitu ternyata sengaja ya😀 hmm cingkonek saya baru denger unik artinya tuh itu tho hehe..

    Posted by Hariez | 19 November 2009, 16:59
  17. aneh-aneh, sekaligus artistik

    Posted by sunarnosahlan | 20 November 2009, 02:06
  18. Kereeeennnn Om😀

    Posted by anny | 20 November 2009, 02:20
  19. weeee….lucky shot

    Posted by Riki Pribadi | 20 November 2009, 02:21
  20. Bagus-bagus hasil fotonya dan karena tidak terduga, dijamin bakal susah untuk mendapatkan hasil yang sama…

    Btw, pose bak model didepan istri dan pose bak peragawan kenapa gak sekalian di posting kang? Hehehe….

    Posted by Hajier | 20 November 2009, 03:30
  21. Jadi “Cingkonek” itu artinya suka mencoba sesuatu ya?

    Posted by edratna | 20 November 2009, 04:14
  22. Jadi cingkonek titu kelakuan aneh atau iseng kan? itu yang saya tangkap. foto-foto itu diambil pakai kecepatan ya mas, efeknya jadi abstrak dan menghasilkan spektrum seni.

    Posted by mamah aline | 20 November 2009, 06:09
  23. kalo cingkonek adalah berkelakuan aneh
    saya orang cingkonek dong?
    hahaha

    Posted by deady | 20 November 2009, 06:44
  24. mantap gambarnya….
    ketidak sengaja;an yang berbuah maniz,,,

    Posted by GeLza | 20 November 2009, 12:43
  25. HHmm…….. MEski terdengar aneh, karena ya memang aneh hohohohoho😀

    PIcnya keren

    Posted by bocahbancar | 20 November 2009, 20:51
  26. cingkonek…? baru denger om.. basa mana itu ya…?

    Posted by muhamaze | 21 November 2009, 03:32
  27. Cingkonek itu basa jawa yah,,
    artinya banyak tingkan
    hehe

    Posted by Dangstars | 21 November 2009, 03:45
  28. ralat banyak tingkah gitu loh

    Posted by Dangstars | 21 November 2009, 03:47
  29. bener-bener fotografer cingkonek! hahahaha,,,
    (saya ‘shaff’ di dunia blog intranet)

    Posted by tovicsky | 21 November 2009, 07:01
  30. error yang berakhir indah itu namanya haaha.. seru juga buat hiburan waktu macet..

    Posted by Erikson | 21 November 2009, 07:10
  31. Keren….

    Posted by Anas | 21 November 2009, 12:13
  32. selamat malam om iyan

    Posted by haris ahmad | 21 November 2009, 12:15
  33. ambilnya dari kecepatan tinggi, bukan begitu…?

    Posted by cipstuff | 21 November 2009, 12:25
  34. Wow gambar nomer 1 tok cer betul.

    tapi itu kagak bisa diterapin di siang hari yah?

    Posted by Triunt | 22 November 2009, 03:43
  35. wah, pak omiyan udah jadi fotografer malam

    Posted by kelly amareta | 22 November 2009, 05:38
  36. kaya gambar penampakan ya, hehehe…

    Posted by yos | 22 November 2009, 05:46
  37. lama tak mampir
    pa cabar
    salam hangat selalu

    Posted by bluethunderheart | 22 November 2009, 13:56
  38. kebetulan yang diteruskan ya om?😆

    kadang saya suka iseng moto kendaraan di waktu malem, ndak ngerti data-datanya tapi hasilnya mirip-mirip kayak punya sampeyan ini lah🙂

    Posted by mas stein | 23 November 2009, 03:10
  39. wih, hasil fotonya keren loh…unik😀

    Posted by ernit | 24 November 2009, 03:46

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,464,039 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

