Tak Berkategori

Di Tengah Rintik Hujan ….


” Tempe goreng, tahu hangat bu …… tempe goreng, tahu hangat bu …… “

Ucapan itu keluar dari seorang ibu yang terlihat  kurus dan mukanya cukup letih setelah berkeliling komplek perumahan tempat dia tinggal. Jualannya hari ini cukup lumayan walau untungnya tak seberapa tapi dengan penuh kesabaran si Ibu tersebut tetap bisa menikmati hasil jualannya tersebut.

Mamah Putri  adalah panggilan si ibu tersebut karena kebetulan anaknya yang bungsu bernama putri sehingga tetangga di komplek memanggilnya Mamah Putri , tempat dia tinggal sosok Mamah Putri  adalah sosok yang begitu tekun dan sabar dalam mencari nafkah tak pernah mengeluh atau sengaja meminjam uang hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga karena buat Mamah Putri  berdagang adalah cara terbaik dalam menutupi segala kekurangannya.

Diusianya yang masih 40 tahunan Mamah Putri  terlihat lebih tua dari usianya mungkin karena faktor beban ekonomi yang dirasa cukup berat dan kerja kerasnya yang terkadang harus memicingkan mata hingga tengah malam.

Sosok yang tegar pantang mengumbar kekurangan demi mengharapkan belas kasihan tergambar ketika ada tetangga menawarkan bantuan yaitu ingin membantu dengan sebuah gerobak yang kebetulan tidak dipakai oleh tetangga tersebut, tapi Mamah Putri  cukup halus menjawab atas penolakannya tersebut.

” Makasih om, mending muter keliling komplek lebih cepet laku daripada nunggu pembeli dateng “

Jika dipikir-pikir bener juga ucapan Mamah Putri  tersebut, beliau lebih memilih jemput bola daripada menjadi penjaga gawang kepastian laku tidaknya lebih jelas.

Rasa lelah yang dialami Beliau terkadang diabaikan ketika pagi hari belanja untuk menyiapkan makan buat anak-anaknya dan ibunya langsung beliau melakukan pekerjaan rutinnya yaitu berdagang di sekitar komplek, siangnya beliau belanja dan tengah malam mempersiapkan adonan gorengan untuk bisa dimasak pada pagi harinya. Pekerjaan membuat adonan terkadang menyita waktu tidurnya bahkan bisa dibilang waktu tidur Mamah Putri sangat sedikit.

Suatu hari Mamah Putri sempat mengatakan jika penglihatannya seperti ada kotoran atau setiap arah dia memandang seolah-olah ada benda yang menempel …

” Teu mata saya kok seperti ada yang kotoran ya … ” kata Mamah Putri kepada salah Mamah Bunga salah satu tentangganya.

” Mungkin kotoran Mamah Putri, coba pake obat mata atau periksa ke dokter ” kata Mamah Bunga.

” Ya juga ya ” kata Mamah Putri lagi.

” Atau kalau ga entar saya ke rumah ada makanan yang bagus buat mata nanti dimasak terus airnya diminum ya, ” timpal Mamah Bunga.

” Ohh makasih teu ” Jawab Mamah Putri.

Namun setelah memasak dan memakan pemberian dari Mamah Bunga ternyata kondisi mata Mamah Putri tetap saja dan akhirnya Beliau memaksakan diri untuk memeriksakan matanya tersebut dan ternyata hasil pemeriksaan dari Dokter cukup mengejutkan….ya ternyata mata Mamah Putri mengalami kerusakan yang diakibatkan karena seringnya menahan rasa kantuk dimalam hari mungkin karena beliau keseringan ingin menyelesaikan adonan buat besok harinya sehingga rasa kantuk yang tak tertahankan selalu diabaikannya dan hasil yang mengejutkan lagi kerusakan tersebut sudah cukup parah dan bisa berakibat fatal yaitu matanya akan mengalami kebutaan.

Walau sudah mengetahui hasil pemeriksaan dokter tersebut tapi Mamah Putri tetap dengan rutinitasnya, ya sosok Mamah Putri memang pantas menjadi seorang ibu yang teladan ditengah dera penyakit matanya yang kini mulai menggerogoti penglihatannya tetap saja berjualan, mungkin anak atau suaminya tidak mengetahui penyakit yang kini tengah dia derita … tapi buatnya penyakit bukanlah halangan dalam mencari nafkah demi membantu suaminya.

Suatu hari sekitar pukul 6 pagi, disaat cuaca agak gelap dan terasa dingin karena subuhnya abis diguyur hujan deras dan rintik hujanpun masih terasa,  sosok Mamah Putri terlihat sedang berjalan membawa bakul dagangannya ….

” Tempe goreng, tahu hangat bu …… tempe goreng, tahu hangat bu …… “

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

35 thoughts on “Di Tengah Rintik Hujan ….

  1. pertamax…. !!

    Posted by rio2000 | 15 Januari 2010, 07:35
  2. Ya Allah tolong lindungi dan berkahi limpahan karunia Mu buat Mamah Putri
    Aku terharu dan hampir netesin air mata baca postingan ini

    Posted by anny | 15 Januari 2010, 07:37
  3. sepertinya mata mamah putri kena glukoma.. atau mungkin katarak

    Posted by rio2000 | 15 Januari 2010, 07:38
  4. *memberikan perenungan yg bagus kawan….

    Posted by bandit™ | 15 Januari 2010, 08:07
  5. Mamah putri dan ketekunannya, salut buat beliau.

    Posted by Mawi Wijna | 15 Januari 2010, 08:08
  6. sebuah kisah kasih seorang ibu…

    Posted by nDa | 15 Januari 2010, 08:28
  7. Sungguh mengharukan kisah nya, perjuangan sesosok ibu yang berkorban untuk keluarganya.
    Dia memang seorang ibu yang tak kenal lelah dan pantang menyerah.

    Posted by Program kasir | 15 Januari 2010, 08:46
  8. duh, bunda prihatin sekali pd Mamah Putri.
    semoga Allah swt memberi kesehatan pd mata beliau,amin.
    salam.

    Posted by bundadontworry | 15 Januari 2010, 09:27
  9. Dengan hormat disampaikan bahwa BlogCamp ( http://abdulcholik.com ) masih dalam tahap penyelesaian perbaikan karena landing gear mengalami gangguan.
    Beberapa tehnisi sedang kerja keras untuk mengembalikan kondisinya.
    Saya sementara berada di Posko Bhirawa ( http://mbahcholik.info ) dan saat ini sedang menggelar promosi kaos loreng.
    Silahkan para sahabat berkunjung sebelum waktu promosi habis.
    Salam hangat dari Bhirawa.

    Posted by Bhirawa | 15 Januari 2010, 10:52
  10. Banyak sekali wanita perkasa yang tertempa oleh keadaan.
    Ibu2 penjual daun lebih “nelangsa” lagi.
    Berjalan puluhan kilometer, dengan hasil yang jauh dari layak.
    Tapi keringatnya bersih, tak ada bau korupsi sama sekali.

    Posted by marsudiyanto | 15 Januari 2010, 12:03
  11. saya jadi ingat lagu jadul dibawain nani sugianto kalo nggak salah, ditengah rintiknya hujan kita sepayung berdua dst…….

    Posted by Ruang Hati | 15 Januari 2010, 12:23
  12. dateng malem2 dah dikasih tempe goreng dan tahu hangat..duh senangnya🙂

    Posted by diajeng | 15 Januari 2010, 14:35
  13. semoga Alloh selalu melindungi mamahku…eh mamah putri🙂

    Posted by diajeng | 15 Januari 2010, 14:36
  14. sungguh mulia perjuangan seorang mamah putri itu.
    perjuangan beliau, tak kenal lelah, penuh keikhlasan, demi keluarga tercinta.
    jadi malu euy…🙂

    Posted by vizon | 15 Januari 2010, 15:43
  15. Benar-benar sosok wanitar perkasa…

    Posted by sauskecap | 15 Januari 2010, 16:04
  16. sebuah kehidupan yang ada di sekitar kita….,

    Posted by tyan's | 15 Januari 2010, 17:08
  17. luar biasa pengorbanan ibu itu mas. Dan seketika saya seperti tenggelam dalam lagu ibu-nya iwan fals..

    Posted by zenteguh | 15 Januari 2010, 17:52
  18. ah.. so sad…😦

    Posted by arman | 15 Januari 2010, 18:19
  19. Assalamu’alaikum,
    Selamat pagi Om Iyan, lg ngapain nih?
    Om Iyan, semoga Mamah Putrinya, Allah sembuhkan dari segala penyakitnya ya.. kita do’akan sama-sama. Ada hikmah di balik semuanya ya Om..PERJUANGAN orang tua demi kehidupan keluarga yang lebih baik, mengalahkan rasa sakitnya, mengalahkan rasa kantuknya, juga mengalahkan rasa lelahnya. Tapi yang paling utama adalah KETULUSAN dan PENGORBANANnya adalah pahala yang melimpah, sangat jauh melebihi beratnya dagangan yang ia bawa dan rasa sakit yang ia derita.
    Pelajaran yang sangat berharga buat kita selaku orang tua dan motivasi buat anak agar selalu bakti dan taat pada orang tua.
    Nice post, Sahabatku!

    Posted by Makna Hidup | 15 Januari 2010, 22:26
  20. itulah kehidupan

    Posted by suwung | 16 Januari 2010, 04:45
  21. NIce post, keep blogging yeah, I will back soon, salam dari pernikahan adat Indonesia.

    Posted by wedding gift | 16 Januari 2010, 08:42
  22. NIce post,🙂

    Posted by wedding gift | 16 Januari 2010, 08:43
  23. Selalu ada rasa yang berdegup ketika melihat kehidupan seperti mamah putri ini ya mas … subhanallah.

    *saya kembali menulis, alhamdulillah*

    Posted by Rindu | 16 Januari 2010, 12:44
  24. semoga cobaan itu segera berlalu

    Posted by sunarnosahlan | 16 Januari 2010, 13:33
  25. menyentuh sekali cerita anda, menghentak kita untuk selalu peduli dengan orang lain.
    salam dari

    pernikahan adat Indonesia.

    Posted by pernikahan adat | 16 Januari 2010, 14:05
  26. Perjuangan seorang ibu…luar biasa

    Posted by 1nd1r4 | 17 Januari 2010, 02:27
  27. dalem banget..😦

    Posted by fanz | 17 Januari 2010, 08:08
  28. amatan pada fenomena sekitar yang asyik om
    thanks ya

    Posted by shalimow.com | 17 Januari 2010, 09:23
  29. empresive article OM
    thanks for all

    Posted by blogdot | 17 Januari 2010, 09:24
  30. sedih…, cuma bisa diam membisu😦

    Posted by unduk | 17 Januari 2010, 10:07
  31. kisah ibu yang mengharukan om, apakah ini kisah nyata ? jika saya lihat kategori bisa jadi

    Posted by kabariberita | 18 Januari 2010, 04:28
  32. yan..semo9a mamah putri selalu dilindun9i olehNYA dan diberkahi serta diberikan kesehatan..amien..

    *nda bisa menahan airmata neh**

    salam yah untuknya

    Posted by wi3nd | 20 Januari 2010, 04:50
  33. Belum nulis lagi yah … ?

    Posted by Rindu | 31 Januari 2010, 06:35
  34. Banyak sekali wanita perkasa yang tertempa oleh keadaan.
    Ibu2 penjual daun lebih “nelangsa” lagi.
    Berjalan puluhan kilometer, dengan hasil yang jauh dari layak.
    Tapi keringatnya bersih, tak ada bau korupsi sama sekali. saya sangat salut,,,,,

    Posted by rental mobil di bandung | 20 April 2011, 01:42
  35. mengharukan sekali kisahnya, demi kehidupan yng lebih layak, layang seorang ibu/istri rela bersusah payah bekerja untuk keluarga,, semoga kita bisa mngambl contoh dari sosok2 wanita yang luar biasa ini..

    Posted by ketut | 12 November 2011, 14:05

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,461,056 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: