Artikel Lomba

Memulai Perubahan Dari Yang Kecil Dari Diri Sendiri


” AYO BERHENTI MEROKOK !!!”

” MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, ……”

” BERHENTI MEROKOK SEKARANG ATAU TIDAK !!! “

Mungkin kita sering denger atau melihat  Spanduk atau Iklan atau slogan-slogan tersebut diatas agar kita bisa benar-benar berhenti merokok tapi terkadang slogan tersebut justru membuat kita malah jadi bosan dengan sendirinya, masalahnya slogan tanpa tindakan berarti yang benar-benar nyata dalam menindaklanjuti slogan tersebut dirasa percuma dan hanya buang-buang biaya.

Bisa dibayangkan duit yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah Iklan STOP MEROKOK, puluhan juta mungkin ratusan juta.

Inspirasi untuk bisa berubah dalam sebuah fase perjalanan hidup tidak harus hadir dari orang-orang terkenal justru orang sekitar seperti istri, teman dan tetangga bisa menjadikan inspirasi dan faktor yang membuat diri kita untuk bisa menjadi orang baru dari sebuah kebiasaan lama yang buruk.

Saya percaya setiap orang yang mau berubah adalah orang yang masih memiliki hati untuk sebuah kebaikan, sekecil apapun perubahan itu tapi ketika kita mampu melakukannya maka efeknya akan sangat besar.

26 Maret 2009 (Pukul 20.xx WIB)

” Saya ingin berhenti merokok, malam ini harus mencobanya….”

Sebuah pikiran timbul dalam diri saya ketika niat untuk segera berhenti merokok semakin kuat dan Alhamdulillah saya mampu berhenti merokok selama 2 jam.

27 Maret 2009

” Hari ini saya musti menambah jam berhenti merokok saya …”

Niat yang makin saya mantapin untuk segera berhenti merokok, niat syang bulat bahwa pada hari jumat adalah puasa pertama saya untuk STOP dari Rokok, waktu terus berlalu dan ternyata saya mampu.

Besoknya saya berusaha menambah “Hari Puasa” saya merokok, waktu terus berlalu dan ternyata saya mampu melaluinya, ketika menginjak bulan ketiga saya diserang penyakit batuk hampir 2 minggu lamanya dan khayalan untuk segera “Membatalkan Puasa” semakin kuat tapi dukungan orang tercinta sangat menguatkan niat saya tersebut dan saya mampu melaluinya.

Hari-hari untuk selalu bisa “Puasa Rokok” ternyata diberikan sebuah jalan terbuka atau gambaran oleh Tuhan, sebuah khabar saya terima ketika sahabat tempat dulu saya bekerja kini sakit kangker dan saya tahu dia seorang perokok aktif dan kabar terakhir kini sudah meninggal, dan saya makin percaya INILAH KEPUTUSAN TEPAT yang telah saya ambil.

Ternyata kini sudah hampir menginjak setahun berpuasa dari Rokok tersebut, jujur keinginan itu (merokok kembali) selalu ada apalagi ketika suatu masalah muncul terutama dalam kehidupan pribadi, tapi saya selalu berpikir logis bahwa puasa saya belumlah tamat masih panjang waktu yang musti saya lakoni.

Dan dalam perjalanan itu sendiri Tuhan memberikan petunjuk lain, uang rokok itu saya alihkan untuk investasi masa depan anak-anak saya, ya saya diberikan kesempatan untuk memiliki rumah walau kecil dan nyicil tapi setidaknya uang rokok tersebut kini bermanfaat.

Mungkin buat sebagian orang berhenti merokok adalah hal yang susah malah yang ada kebiasaan merokoknya makin parah, buat saya selama Niat kita itu kuat dan keyakinan akan kemampuan kita, maka saya yakin kita bisa melalui dengan sendirinya.

Saran saya buatlah motivasi diri untuk bisa berhenti dengan segera :

  • Lihat sahabat kita yang perokok aktif apakah kondisi diusia 50-an masih bugar, satu sahabat saya telah meninggal dan satu lagi kini sering sakit bahkan sampai muntah darah  dari hasil pemeriksaan bahwa paru-parunya bermasalah (rokok bukan penyebab 100% dari kejadian tersebut, tapi rokok ikut memicu penyakit lainnya timbul)
  • Buatlah motivasi untuk anak dan istri tercinta, bisa anda bayangkan ketika kita bekerja ternyata uang tabungan nanti kelak hanya untuk kita buang di rumah sakit hanya karena efek dari rokok yang terasa “nikmat” sekarang tapi terasa pahit ketika usia kita sudah tua…sudah banyak yang membuktikan.
  • 99% setiap perempuan (walau belum ada survei ini adalah keyakinan saya), mereka lebih suka jika pendamping hidupnya bebas dari asap rokok.
  • Niat dengan 100% jangan nanggung ini adalah kunci utamanya.

Kini istri saya lebih bahagia dan bangga karena kebiasaan suaminya yang hampir 15 tahun selalu menghisap rokok justru kini terbebas dengan sendirinya tanpa perlu konsultasi atau pengobatan apapun.

Dan buat saya ini baru perubahan kecil tapi efek yang saya rasakan sangat besar,  badan terasa enteng nafas terasa panjang dan aktfitas sehari-haripun makin semangat dan yang jelas biaya rumah tangga bisa dihemat. Ingat jika bukan kita yang membuat perubahan itu sendiri siapa lagi karena orang lain tak mungkin merubahnya hanya sebatas mengingatkan.

Ketika kita ingin menjadi Inspirasi hidup untuk orang sekitar tak perlulah berbuat yang terlalu jauh tapi lihat diri kita sendiri apa yang perlu kita rubah, karena sebuah perubahan besar akan terjadi ketika perubahan kecil itu telah dimulai dari diri kita sendiri.

Mari Memulai Perubahan Dari Yang Kecil Dari Diri Sendiri


Tulisan ini tidak untuk membanggakan diri tapi pengingat saya agar selalu KONSISTEN AKAN PUASA ROKOK ini sekaligus keikutsertaan saya dalam lomba INSPIRASI NEGERI yang diadakan oleh anjari.blogdetik.com.

Salam dan Dukung Saya Ya !!!

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

38 thoughts on “Memulai Perubahan Dari Yang Kecil Dari Diri Sendiri

  1. Saya dukung mas, semoga teman-teman lain yang perokok bisa termotivasi untuk berhenti setelah membaca tulisan ini….

    Posted by dafiDRiau | 10 Februari 2010, 05:49
  2. dafidriau : Sip makasih mas

    Posted by omiyan | 10 Februari 2010, 05:55
  3. meski saya perokok, bahkan tergolong berat..tapi saya salut dan hormat dgn OMIYAN.. bener2 salut.. demi sebuah cita2 luhur, sampeyan mampu utk berubah.. moga sukses dgn ‘puasanya’..
    moga juga sukses dgn kontesnya..
    salam hangat dan damai selalu..

    Posted by Hary4n4 | 10 Februari 2010, 06:47
  4. muLe dari diri sendiir dan mule daris ekaran9
    ayo kan9,aku dukun9 1000% untuk STOP MEROKOK❗

    kasihan badannya kan9,kita harus ja9a amanahNYA

    Posted by wi3nd | 10 Februari 2010, 08:04
  5. ..
    Saya udah berhenti total kok om, sumpah..🙂
    ..

    Posted by septarius | 10 Februari 2010, 12:37
  6. Boleh saya menceritakan pengalaman saya “NYATA”.
    Awal tahun 2005 saya merokok.3 tahun dari lamanya saya merokok itu dalam keadaan baik. Memasuki tahun ke empat, saya merasakan sakitnya jantung dan hati tatkala ingin beristirahat setelah seharian bekerja. Akhirnya saya mencari tahu dan akhirnya setelah mencoba untuk mengurangi dari kebulan asap rokok itu, alhamdulillah perlahan dengan pastinya rasa yang saya alami itu menghilang.
    Sekarang, kadang-kadang saya merokok lagi. Akan tetapi, rasa itu kembali muncul tanpa adanya izin dari saya. Alhamdulillah juga ayah saya berhenti dari rokoknya, setelah beberapa tahun mengeluarkan biaya untuk membeli sebungkus kotak sakit itu. TAKE ACTION MIRACLE HAPPEN dan bersyukurlah terlebih dahulu sebelum mengakhiri dari rencanamu. Saya tunggu kabar selanjutnya mengenai hal ini. Saya dukung dan bersyukurlah…

    Posted by dykapede | 10 Februari 2010, 13:14
  7. masih susah buat berhenti , tapi sedang berusaha kuq

    Posted by d-Gadget™ | 10 Februari 2010, 14:20
  8. Alahamdulillah saya sudah bisa mebgurangi rokok yg tadinya 1 bungkus/hari, kini sehabisa makan saja merokoknya… bertahap untuk mengurangi kebiasaan buruk itu. betulkan om?

    salam, ^_^

    Posted by Didien® | 10 Februari 2010, 14:23
  9. katanaya memang butuh waktu utk benar² berhenti merokok..??
    saya pernah denger, katanya org yg benar² berhenti merokok adalah ketika dia menghisap rokok kembali akan merasakan rasa yg sangat tidak enak..? betul ga om?

    Posted by Caride™ | 10 Februari 2010, 14:25
  10. waahhh baguuussss baguusss… no smoking! gw juga no smoking niihh. jadi lebih sehat kaann kalo gak ngerokok?😉

    Posted by diazhandsome | 10 Februari 2010, 14:38
  11. dah berusaha tapi belum bisa untuk menghilangkannya…,

    Posted by tyan's | 10 Februari 2010, 14:47
  12. mantep!stop merokok

    Posted by ali | 10 Februari 2010, 15:20
  13. sudah banyak orang yang jadi korban dari racun rokok😦 semoga yang lain juga jangan sampe telat..karena kebanyakan orang-orang yang meninggal karena rokok…sangat menderita😦
    🙂 salam kenal

    Posted by trisnok | 10 Februari 2010, 16:45
  14. saya selalu mendukung orang yang mau brenti rokok! ayo.. no smoking!🙂

    Posted by arman | 10 Februari 2010, 21:34
  15. coba diukur deh. lingkaran dada kita saat udah berenti rokok lebih besar dibanding saat masih ngerokok. ukurnya sambil narik napas..

    saya sempet berenti ngerokok setahun tapi sekarang ngerokok lagi:mrgreen:

    Posted by elia|bintang | 10 Februari 2010, 23:37
  16. duh..
    jadi miris bang
    bapak saya belum bisa stop merokok inih:(

    Posted by deady | 10 Februari 2010, 23:43
  17. Saya tidak merokok om!!
    Jadi uangnya mending dipake buat jajan aja! akakakak.
    Semangat OM! Semoga menang!

    Posted by ImUmPh | 11 Februari 2010, 02:43
  18. sebuah slogan yang berkebalikan dengan tujuan bisnisnya, tak ada bisnis yang dengan sengaja ingin rugi, iklannya pun isinya lebih banyak menampilkan sosok yang jagoan, sosok yang banyk dikagumi, ah, sangat berkebalikan dengan fakta yang menggerogoti kehidupan

    Posted by sunarnosahlan | 11 Februari 2010, 04:05
  19. saya juga tidak merokok n anti rokok

    ayoo ikut dukung smoga smua orang sadar akan bahaya merokok

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihhh😀

    Posted by darahbiroe | 11 Februari 2010, 05:36
  20. SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF …OYA,BISA PASANG BANNER/LINK GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM 🙄

    Posted by denindodutacipta | 11 Februari 2010, 05:50
  21. Two Thumbs up!

    Jangan pernah berhenti utk berhenti merokok, Omiyan😉

    Posted by Reva Liany Pane | 11 Februari 2010, 07:00
  22. Alhamdulillah bisa berkunjung kembali.
    Tapi mohon maaf belum membaca postingannya dengan seksama, maklum lagi semangat2nya bw hehe..

    Posted by kips | 11 Februari 2010, 12:36
  23. Sekalian ngenalin diri meski belum terisi😀
    Terima kasih atas silaturahmi yang terjalin dengan baik.
    Salam hangat.

    Posted by indra | 11 Februari 2010, 12:37
  24. motivasi yang paling baik memang motivasi intrinsik, yakni yang muncul dari diri sendiri, om. betapapun seseorang sudah digeber dengan berbagai dorongan, namun bila tidak mampu memunculkan motivasi intrinsiknya, akan sulit untuk bertahan.
    salut kepada omiyan yang berhasil memotivasi diri, bahkan berupaya menularkannya kepada orang lain. mudah-mudahan para perokok yang membaca tulisan omiyan dapat termotivasi dan ikut berubah.

    jadi ingat tausiyah aa gym: perubahan itu dimulai dari diri sendiri, dimulai dari yang kecil, dan dimulai sejak dini.

    Posted by marshmallow | 11 Februari 2010, 21:25
  25. sekali nyoba susah berhentinya…

    Posted by willyafurqan | 11 Februari 2010, 21:49
  26. pengen juga c berhenti ngerokok…. tapi rasanya mulut kayak basi dan kepala puyeng kalo gak ngerokok

    Posted by webmaster informations | 12 Februari 2010, 02:15
  27. Ayo berhenti merokok
    Saya aja bisa🙂

    maaf lama gak BW

    Posted by achoey | 12 Februari 2010, 03:34
  28. salut…salut…loe emang patas diacungi jempol om d^^

    Posted by atma djaya | 13 Februari 2010, 10:33
  29. semangat ya untuk berhenti merokok. merokok itu kan kayak bakar duit yah?
    saya punya kakak yang ngerokokkkk…terus. hih, rasanya bete banget. mendingan duitnya buat ditabung kan.

    Posted by anna fardiana | 14 Februari 2010, 07:50
  30. salut banget nihhhh ama usahanya.. ngerokok = bakar duit = ngurangin umur, soalnya kan gk baek buat kesehatan… mana asapnya kemana2.. yg gk ngerokok jadi ikutan kena nihhh (curhat mode on hehehehe)

    Posted by gudangliteratur | 16 Februari 2010, 03:42
  31. rokok dari permen itu mau gak mas?

    Posted by Huang | 17 Februari 2010, 04:37
  32. tulisan yg inspiratif.
    terima kasih kontribusinya mas…

    Posted by Anjari Umarjianto | 17 Februari 2010, 09:57
  33. errr…. ngopi tanpa ngebul bagi saya masih kurang afdhol rasanya mas😆

    Posted by mas stein | 18 Februari 2010, 06:20
  34. Setuju…. ayo berhenti merokok …
    sekarang juga

    Posted by abifasya | 19 Februari 2010, 16:45
  35. setuju,.. tapi kapan ya saya bisa berniat yang sungguh-sungguh untuk berhenti
    rasanya masih berat..gimana ya Om..
    saya sadar tidak bermanfaat kalau merokok itu

    Posted by budies | 27 Februari 2010, 10:14
  36. aku g merokok koq om….sriuzzzzz……
    jd bnerbgt tuh…. mlai lah brubah dri hal yg pling kcil….
    smangat…..

    Posted by rama cuthy | 6 Maret 2010, 10:54
  37. Rokok itu enagg

    Posted by bocah sobo | 16 Oktober 2010, 18:23

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: lose weight fast - 19 Februari 2010

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,465,694 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

