Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Excel : Membuat Aplikasi Sederhana “Kapan Kamu Mengenal Cinta”


Aplikasi ini hanya untuk bermain-main dikala kita senggang atau sedikit mengisengin teman kamu yang khususnya masih pada jomblo.

Ok daripada ngelantur kemana-mana jangan lupa siapin minuman kopi atau susu hangat dan sedikit kue kalau udah sekarang kamu siapin Worksheet Excel dan ikuti caranya sebagai berikut :

  1. Cell C3 : APLIKASI KAPAN KAMU MENGENAL CINTA
  2. Cell C5 : Nama
  3. Cell C6 : Tanggal Lahir
  4. Cell C7 : Tanggal Sekarang
  5. Cell C8 : Usia Sekarang
  6. Cell C9 : Catatan Buat Kamu :
  7. Cell E5 : (Ini buat ngetik nama kamu)
  8. Cell E6 : (Ini buat ngetik tanggal lahir kamu)
  9. Cell E7 : Ketik =Today()
  10. Cell E8 : Ketik =Days(Cell E6,Cell E7)/360
  11. Cell E9 : Ketik =”Halo”&” “&Cell E5
  12. Cell E10: Ketik : =IF(E8<10,””,IF(E8<15,”Masih Bocah Jangan Dulu
    Ngenal Cinta Ya!”,IF(E8<22,”Inilah masanya Memilih Pacar dan Menimati Masa
    Muda”,IF(E8<26,”Pilih Yang Benar-Benar Mantap Dihati”,IF(E8<30,”Saatnya
    Menentukan Tanggal Pernikahan”,IF(E8>29,”Kemana Aja Hari Gini Belum Kawin”))))))

Kalau dah jadi nanti hasilnya kayak begini nih :

Cell A B C D E F G H
1
2
3 APLIKASI KAPAN KAMU MENGENAL CINTA !!
4
5 Nama :
6 Tanggal Lahir :
7 Tanggal Sekarang :
8 Usia Sekarang :
9 Catatan Buat Kamu : Halo
10
11
12

Coba sekarang kamu isi nama kamu di :

  • Cell E5 misalkan Omiyan
  • Maka nanti secara otomatis di Cell E9 akan muncul tulisan Halo Omiyan,
  • Setelah itu di Cell E6 ketik tanggal lahir kamu misalkan 05/01/1979
  • Di Cell E7  rumus =Today() supaya tanggal hari ini muncul secara otomatis,
  • Maka Cell E8 buatlah rumus seperti ini =(E6-E7)/366, dan hasilnya akan muncul angka 31 untuk
  • Nah karena usia yang muncul 31,
  • Maka di Cell E10 akan muncul Kemana Aja Hari Gini Belum Kawin.

Penasaran silakan mencoba sendiri aja.

Kamu bisa rubah kalimat penjelasan yang ada di Cell E10 atau dimodif lagi sesuai rasa iseng yang ingin disalurkan hehehe.

Masih ga bingun sok atuh Download contohnya disini Via Rapidshare.

Salam

Update 21/11/2011 :

KARENA SERINGNYA PERTANYAAN YANG DIAJUKAN DENGAN ALASAN ERROR ATAU MUNCUL PESAN #NAME?

Itu karena temen-temen langsung mencopy paste rumus yang ada di komputer, saran saya tulis lagi secara manual…ingat jika di Copas langsung di kompi ada kemungkinan data typenya berbeda.

Sumber bacaan :

Tips Sebelumnya :

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

24 thoughts on “Tips Microsoft Excel : Membuat Aplikasi Sederhana “Kapan Kamu Mengenal Cinta”

  1. Ijin menyerap ilmunya Om…
    Hidup Excel lah pokoknya…

    Posted by marsudiyanto | 16 Februari 2010, 08:32
  2. tips sederhana dan unik salam kenal buat adminnya

    Posted by roy | 16 Februari 2010, 10:55
  3. wah…wah… kreatif sekali pak….idenya

    Posted by bayuputra | 16 Februari 2010, 11:19
  4. HIDUP EXCEL

    Posted by bayuputra | 16 Februari 2010, 11:19
  5. wah gitu ya
    thanks Om infonya
    nambah ilmu nich

    Posted by shalimow | 16 Februari 2010, 16:51

  6. Buat iseng2 ya om..😀
    ..

    Posted by septarius | 17 Februari 2010, 01:02
  7. Gubrakk…!! Iseng-iseng menarik!😀

    Coba ah…..

    Posted by Reva Liany Pane | 17 Februari 2010, 03:00
  8. Om hebat ya
    Bisa bikin iseng2 yang berhadiah hehehe🙂

    Posted by achoey | 17 Februari 2010, 04:08
  9. oke siap di unduh😀

    Posted by Huang | 17 Februari 2010, 04:41
  10. mantep nih om
    saya download dulu yah🙂

    Posted by fanz | 17 Februari 2010, 06:00
  11. menarik nih… menarik juga utk dicoba

    Posted by traveler ways | 17 Februari 2010, 06:33
  12. wah jadi serasa remaja lagi kalau bermain dengan tabel ini bang ha ha ha
    salam hangat dari Surabaya

    Posted by Pakde Cholik | 17 Februari 2010, 10:15
  13. lha ini, ilmu yg d ari dulu belum mudeng2😀
    “if” dalam ecxel.

    nais inpo om..

    Posted by mardee | 17 Februari 2010, 16:47
  14. Sudah lama gak buka excel, ternyata kalau kreatif bisa dibuat mainan! Coba duku!

    Posted by nuansa pena | 18 Februari 2010, 00:13
  15. hehehhe iya dari pada buat lama ikutan sedot ajah yaw heheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih😀

    Posted by antok | 19 Februari 2010, 06:01
  16. wah simpel tapi keren. btw ada aplikasi yang bisa ngeramal cinta nggak?

    Omiyan : Lagi dalam konsep mas…tunggu aja ya

    salam

    Posted by indygizmo | 25 Februari 2010, 09:54
  17. ha3. mantep deh.. master excel ya om. ditunggu aplikasi lainnya.

    Posted by faisal | 3 Maret 2010, 19:55
  18. mantap…tapi pengen yang lebih luas lagi
    he.he.

    Posted by siska | 4 Agustus 2010, 04:47
  19. saya mau nanya bos!!!! saya belajar mau membuat aplikasi Excel sederhana tentang stock barang, saya tau itu caranya, setiap melakukan pengeluaran barang maka tidak perlu menulis nama barang secara lengkap menulis misal buku cukup menullis hurup b saja, gimana cara membuatnya malasih banyak

    Posted by ARMOVI | 29 Agustus 2010, 11:41
  20. kok gag bisa sih pak????
    tiap nulis rumus, pasti keluarnya #NAME?
    gmna caranya????

    Posted by philasqo | 15 Mei 2011, 09:23
  21. tfs..
    mangtab nh Om tipsnya..

    Posted by dwistroi | 24 Mei 2011, 04:12
  22. kok Saya tidak bisa keluar yah hasilnya di Cell E8.padahal uda saya ikutin rumusnya

    Omiyan : terkadang tiap komputer ada perbedaan dalam menggunakan tanda dalam rumus tersebut ada yang pake koma (,) atau tanda titik koma (;), dicoba ganti tanda bacanya mas

    Posted by hansen | 1 Juni 2011, 06:39
  23. iya,,kok cell E8 ga bisa????
    tiap nulis rumus, pasti keluarnya #NAME?
    gmna caranya????

    Omiyan : perhatikan tanda koma dalam rumus coba ganti dengan ; (titik koma)

    Posted by Lia | 22 November 2011, 14:45
  24. SARAN SAYA USAHAKAN SETIAP CONTOH aplikasi EXCEL, DIAPLIKASIKANNYA TIDAK DENGAN COPY PASTE TAPI PRAKTEKAN LANGSUNG … ALIAS MENGETIK LANGSUNG DI WORKSHEET EXCEL ….

    Posted by omiyan | 22 November 2011, 16:13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,464,039 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: