Saya Dan Keluarga

Tentang Kata Maaf …..


Belajar meminta maaf adalah hal yang paling berat dilakukan oleh siapapun dan tak memandang batasan usia dan hanya orang yang berjiwa besar mampu melakukannya. Terlepas kesalahan itu disengaja atau tidak, menyakitkan atau tidak tapi sekedar untuk mengucapkan kata Maaf pastilah sangat sulit.

Kemaren malam adalah sebuah pelajaran berharga kembali saya dapatkan, jadi ceritanya setelah bersih-bersih badan saya mendapatkan laporan dari istri saya dan ibu saya kalau Bunga telah melempar sepatu tepat mengenai jidat ibu saya.

Akhirnya saya bertanya kepada Bunga …

” Sayank kamu ngelempar sepatu ya ke nenek … “

” Ya yah …. ni cakittt ” sambil memegang pinggangnya …

” Sayank … ga boleh lagi ya, itu nenek sayang, tahu ga kalau itu salah ….. “

Bunga cuman terdiam tapi mukanyaa jadi cemberut …

” Ga boleh nakal sayank, kamu musti ingat waktu Bunga masih bayi, nenek lho yang suka bikinin susu terus mandiin terus yang suka ngasuh dan jagain Bunga ketika ayah dan mamah kerja, jadi mustinya Bunga sayang ma nenek …. “

Bunga tetap diam dan terlihat tangannya mengangkat seperti mau memukul saya ….

” Tuh Bunga kok gitu, mau mukul ayah ya …., kalau Bunga mukul nanti tangannya bisa sakit lho … “

Saya meraih tangan Bunga dan menaruhnya ditelapak tangan saya dan saya menepuk telapak tangan saya tepat dipinggir tangannya …..

Bunga terdiam tapi tak ebrapa tersenyum ….

” Ingat sayang ga boleh begitu ya, kamu kan anak ayah yang paling besar jadi ga boleh nakal, ga boleh ngelempar sepatu ya sayank … “

Kemudian istri saya berkata …

” Kalau dede nakal nanti mamah dan ayah ga sayang lagi deh …. “

Bunga menggelengkan kepada dan malah merapatkan pelukannya ke mamahnya. Dan akhirnya Bunga mau juga menuruti kemauan kami untuk meminta maaf kepada neneknya.

Dengan dipeluk mamahnya, Bunga segera menghampiri neneknya dan meraih tangan untuk mencium tangannya sebagai tanda permintaan maaf.

” Ucapain …maafin Bunga ne …. bilang sayank … ” Pinta saya ke Bunga

Tapi Bunga hanya terdiam, tapi buat saya itu sudah cukup karena Bunga jadi tahu jika perbuatannya itu adalah salah.

” Sekarang Bunga minta maaf sama ayah … ” Kata Istri saya.

” Sini sayank … ” Saya meraih Bunga dan memeluknya …

” Maafin ayah ya sayank …. ayah tuh sayank ma Bunga dan ga mau nanti Bunga jadi anak nakal, Bunga itu anak yang paling gede yang ayah sayank … nanti yang jagain Memey siapa kalau Bunga nakal …… maafin ayah ya sayank …. “

Dan ketika saya akan menciumnya Bunga justru melengos …. halah hahahahahahaha.

Saya beryukur karena akhirnya Bunga mau menuruti apa yang kami katakan, setidaknya dia jadi tahu kalau perbuatan melempar sepatu ke neneknya adalah salah dan lebih dari itu adalah agar setiap kesalahan yang diperbuatnya harus dengan segera diakhir dengan kata Maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya.

Namun dari kejadian diatas saya sendiri seperti tersadarkan dan diingatkan apakah saya sendiri sudah meminta Maaf kepada orang yang pernah tersakiti oleh perbuatan atau ucapan saya …. ???

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

23 thoughts on “Tentang Kata Maaf …..

  1. Saya tau kenapa Bunda melengos waktu mau dicium sama Ayahnya…:D

    Btw; nice post, Om…

    Posted by dewifatma | 27 April 2010, 06:37
  2. keduaaaaxxxxxx …..

    entah kenapa saya baca artikel ini terutama pas kalimat …

    “…Dan ketika saya akan menciumnya Bunga justru melengos …. halah

    bawaannya ketawa soalnya lucu juga lihat wajah bunga hahahahaha

    (saya yang nulis sayang ketawa halahhh)

    Posted by omiyan | 27 April 2010, 07:23
  3. dewifatma :

    Jangan ditulis ya hahahahah

    Posted by omiyan | 27 April 2010, 07:24
  4. Emang kudu dari kecil ya dibiasakan mengetahui perbuatan baik dan buruk. Juga bagimana bisa dengan mudah meminta maaf…

    Salam sahabat dari Balikpapan.

    Posted by Budi Mulyono | 27 April 2010, 08:08
  5. Susah memang mengatakan kata maaf🙂
    btw, kenapa bunga sampe ngelempar sepatu ke neneknya?

    Posted by melly | 27 April 2010, 09:15
  6. yup betul…bilang maaf itu emang susah….jangan kan orang dewasa, anak kecil aja sangat susah untuk meminta maaf, apalagi orang dewasa yg udah memiliki rasa gengsi…
    salam kenal…

    Posted by pr14n | 27 April 2010, 09:51
  7. ya mas membiasakan dari kecil buat kebaikan dimasa mendatang

    Posted by omiyan | 27 April 2010, 09:53
  8. melly :

    Diusia Bunga sekarang terkadang ada sesuatu yang tak terduga, mungkin niatnya iseng atau gimana …. dan emang Bunga termasuk kategori demen iseng

    Posted by omiyan | 27 April 2010, 09:56
  9. cerita yg indah dan pengajaran penuh hikmah🙂

    Posted by anjari umarjianto | 27 April 2010, 11:22
  10. Pembiasaan untuk mau mengakuim kesalahan sendiri dan meminta maaf itu sebuah modal besar bagi masa depannya kelak, Pak.

    Posted by alamendah biru | 27 April 2010, 11:47
  11. salutt aas ketelatenanya dalamem mberiakn epngertian dan dindik akepada sang buah hati. sesuatu yang sering kali terabaikan hanya dengan alasan gak sempat

    Posted by alamendah | 27 April 2010, 11:48
  12. mengucapkan kata maaf emang susah susah gampang, berani berbuat salah maka harus berani meminta maaf.

    Posted by orange float | 27 April 2010, 14:24
  13. Kata2 maaf sangat susah diucapkan ketika kita sadar kita memiliki kesalahan..

    Posted by delia4ever | 27 April 2010, 17:44
  14. membaca tulisan om iyan yg ini membuat mata saya berkaca-kaca om…
    sebuah renungan juga bagi saya, mungkinkah selama saya bernafas di dunia ini ada bagian yg terlewatkan dalam meminta maaf kepada org² yg pernah tersakiti?😦
    trimakasih om…meski sederhana,ini sudah cukup membuat saya tersadarkan…
    salam buat nenek ya om…

    salam, ^_^

    Posted by Didien® | 28 April 2010, 02:14
  15. Jadi inget si kecil dirumah, emang sebaiknya ya, menanmkan hal baik sejak dini.

    Posted by Lilah haryoko | 28 April 2010, 03:14
  16. omiyan :

    melly :

    Diusia Bunga sekarang terkadang ada sesuatu yang tak terduga, mungkin niatnya iseng atau gimana …. dan emang Bunga termasuk kategori demen iseng

    wah mungkin harus disalurkan bakatnya, bisa sampe kena Jidad gitu. jadi pemanah aja!

    “Bunga jangan nakal ya nak!, jidad nenek sakit tuh dilempar”

    Posted by nothingwrongwithmylongblackhair | 28 April 2010, 03:40
  17. sulitnya minta maaf.
    tapi lebih berat memaafkan dari pada minta maaf

    Posted by ishaq | 28 April 2010, 04:35
  18. Sesungguhnya Allah menertai orang yang selalu meminta maaf!!!

    Posted by dafiDRiau | 28 April 2010, 05:42
  19. cerita yg membawa sebuah arti yang dalam..
    kata maaf, menurut sebuah artikel bisa mengurangi sakit jantung.
    melatih anak dalam sebuah kebaikan dan juga untuk kesehatan🙂 great job mas!

    ~ Penelitian orang dewasa tentang kata maaf

    Posted by Aulia | 28 April 2010, 16:06
  20. Menurut ilmu psikologis sih disarankan tidak menggunakan kata “jangan” dan “nakal” Mas. Karena yang tertangkap di bawah sadarnya dalah kalimat kalimat yang beraura negatif itu.

    Mending kalimatnya di ganti menjadi..jadi anak yang baik ya sayang… Menurut buku the secret juga begitu mas..Jangan memikirkan atau mengatakan sesuatu yang tidak diinginkan (negatif),tetapi memikirkan atau mengatakan sesuat yang kita inginkan saja (positif).

    CMIIW🙂

    Posted by dewira | 29 April 2010, 00:54
  21. Tirulah orang Jepang. Lagi jalan, ditubruk, malah minta maaf ke yang nubruk, padahal jelas2 yang nubruk salah karena jalan sambil baca buku. Hebat kan?🙂

    Posted by Asop | 29 April 2010, 16:27
  22. semua org pst akan bosan ap bl kt trs melakukan kslhn dn trs meminta maaf… Yg paling susah apkah bs kt tdk mengulangi kslhn utk kesekian kalinya… Gak ad yg bs kn.. Krn manusia tidak la sempurna…

    Posted by di doank | 19 April 2011, 20:52

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: IBSN : Konsumsi roda dua « komuter jakarta raya - 28 April 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,461,056 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: