Saya Dan Keluarga

Berbohong Untuk Sebuah Kebaikan….


Tulisan ini adalah tentang kisah yang saya alami dengan ibu saya dan ini terjadi secara tidak sengaja dari cara saya dalam menyiasati perbedaan pandangan terutama dalam menghadapi suatu penyakit…

Jadi dalam kisah Sebuah Realita Kehidupan ….. disitu saya menyinggung tentang kondisi sakit ibu saya, nah rasa sakit tersebut memang sering terjadi sebelumnya tapi rasa sakit mearen terhitung parah karena sempat terjadi muntah-mutnah dan dari hasil pemeriksaan dokter karena faktor tekanan darah yang tinggi banget ditambah karena kondisi kurang istirahat plus menurut saya ditambah dengan banyaknya pikiran yaitu rasa kangen kepada anak-anaknya, maklum 2 (dua) kakak saya berada di Jakarta tapi jarang melihat ibu saya yang berada di Serang.

Dalam menanggapi masalah sakitnya tersebut terjadi perbedaan antara saya dan Ibu terutama pemicu timbulnya sakit dan cara mengobatinya, dimana ibu saya selalu merasa ada yang ga suka ma Beliau, maklum dulu ibu saya memang pernah di guna-gunai oleh seseorang … nah hal seperti itu terbawa sampai sekarang plus ditambah kepercayaan dalam pengobatannya selain menggunakan obat dokter ibu juga masih percaya dengan minuman yang diberikan oleh seseorang yang pintar dalam hal ini adalah Kyai (dulu ibu saya sembuh dari stroke berkat seorang Kyai di kampung yang rutin mengurut beberapa titik urat syaraf Ibu saya).

Bisa dibayangkan saya jadinya sering ngotot agar ibu jangan mempercayai hal-hal yang belum tentu kebenarannya, karena alasan saya jika ibu saya berpikiran selalu yang negatif maka apapun obatnya dan cara pengobatannya tak akan pernah sembuh ditambah kondisi hati dan pikiran yang ga tenang.

Jujur sebagai anak laki-laki saya tidak bisa serutin banget kayak anak perempuan, karena kondisi saya yang bekerja serang-tangerang tiap hari berangkat pagi pulang petang, rasa bersalahpun sudah pasti ada.

Pernah suatu hari ibu menyuruh saya untuk meminta air yang didoakan oleh Kyai demi kesembuhan atas rasa pusing yang dideritanya, saya sendiri menolak  dan hanya menyarankan agar pikiran dan hati ibu saya lebih dibikin rileks ga usah berpikiran yang macem-macem…… tapi ibu saya sepertinya tidak terima dan  maunya dia segera dipenuhi.

Pada hari minggu kemaren tepatnya sore hari, 2 jam sesudah pulang dari kebun saya merebus  tumbuhan (daun) Mahkota Dewa, baru sekitar jam 6 sorean sehabis Shalat Maghrib saya kasih ke Ibu saya dan terucaplah sebuah kalimat yang tidak saya rencanakan sebelumnya ….

” Mah minum air ini, ini juga dari Kyai lho ….. “

Jujur ucapan saya tadinya saya bercanda, tapi apa reaksi ibu saya sungguh diluar dugaan Beliau begitu terlihat antusias menerima air pemberian saya padahal air tersebut adalah air rebusan dari tumbuhan mahkota dewa yang sebelumnya sempat Beliau tolak…..

” Kapan dari sananya cep …. (panggilan ibu kepada saya..)”

” Barusan tadi mah, tapi mamah musti yakin dan kalau bisa sebelumnya baca-baca dulu sebisanya …. intinya mah kalau mamah yakin ketika berobat..air putihpun Insya Allah pasti nyembuhin penyakit mamah ….”

Inilah ucapan saya yang terpaksa ngelanjutin kebohongan yang tanpa sengaja saya buat …., dan saya melihat Ibu saya segera meminum air tersebut hingga habis ……..

———******———

Pada malam harinya didalam kamar …….

” A, kok bisa sih ngomong gitu tadi ke mamah pas ngasih minum…., emang si Mba ngasih tahu ke aa…?

” Ngasiht ahu apa yank….”

” Lho tadi siang tuh mamah nyuruh mba rini supaya dicariin dukun atau kyai untuk minta air doanya supaya bisa nyembuhin penyakitnya….”

” Ga tahu yank, tadi tuh aa ga ada niatan buat ngomong begitu lha wong bercanda tapi aa kaget kok mamah antusias banget……, tapi ga apa-apalah biar dosa aa tanggung yang penting sugesti atas air tersebut bisa nurunin tekanan darah tinggi mamah dan mamahnya sehat ga pusing terus ….. “

———******———

Itulah sebuah kejadian yang akhirnya membuat saya berbohong berkelanjutan dan menutupi air apa yang sebenarnya Beliau minum, walau Beliau sempat curiga dan merasa air yang diminumnya hampir sama rasanya dengan air mahkota dewa, tapi saya hanya diam dan saya hanya selalu mengatakan……

” Selama mamah yakin dengan apa yang mamah minum Insya Allah pasti sembuh mah….”

Dan ibu saya rutin hingga air tersebut habis dan kemaren malam menyuruh saya kembali untuk meminta air tersebut karena Beliau merasakan faedahnya dan sayapun kembali melakukan hal yang sama merebus kembali mahkota dewa tanpa sepengetahuannya ….

———******———

” Maafin saya mah ……”

———******———

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

37 thoughts on “Berbohong Untuk Sebuah Kebaikan….

  1. Bohong putih ya Omiyan…😀

    Posted by nDa | 12 Mei 2010, 03:56
  2. nDa :

    Ga tahu nih hehehe ntar dikira cari pembenaran buat diris endiri hehehe

    Posted by omiyan | 12 Mei 2010, 04:01
  3. Saya kira tidak masalah, mungkin dengan begitu bisa jadi cepat sembuh. Yang penting kita sebagai anaknya melakukannya dengan kasih sayang. Salam kenal.

    Posted by yanti yulianti | 12 Mei 2010, 05:03
  4. Setuju saja..krn tujuan kt positif, tp smg si ibu nantinya tidak mjd berubah kepercayaan thd hal-2 yg beliau anggap berbau sakral..

    Posted by Lilah haryoko | 12 Mei 2010, 06:08
  5. baiknya… agar tidak berdosa.. ke kiayi beneran… cuman kiayinya yang jauh dari praktik perdukunan.. minta doain buat ibu, sambil ceritain masalahnya… insyaAllah Om Iyan gak boong khan?

    selamat merawat ibunda🙂

    Posted by sepatubordir | 12 Mei 2010, 07:25
  6. sorry om, tapi sebaiknya si mamah segera diberi tahu, takutnya dah terlanjur percaya pada…..sampeyan lebih tahulah.
    maaf lho tapinya….

    Posted by kangmase | 12 Mei 2010, 08:00
  7. kangmase :

    ya mas….. tapi saya juga nunggu waktu jika ibu dah sehat baru ….. saya kasih tahu, saya hanya berharap sugesti yang ada bisa menyehatkan dirinya …. maklum tempat kerja yang jauh ga bisa senantiasa mantau kondisinya lain kalau dekat …

    Posted by omiyan | 12 Mei 2010, 08:30
  8. sepakat, dan kat guru ngaji saya pun berbohon untuk kebaikan itu dibolehkan…

    Posted by Abula | 12 Mei 2010, 09:00
  9. menurut saya, omiyan ga salah karena apa yang dilakukan semata-mata demi sugesti yang diberikan

    semoga semuanya bisa berhasil dengan baik om

    Posted by kabariberita | 12 Mei 2010, 09:41
  10. hehehe, ga ada salahnya kok berbohong untuk kebaikan😀

    Posted by tommy | 12 Mei 2010, 09:43
  11. kasih sayang memang segalanya🙂

    Posted by ilyasafsoh.com | 12 Mei 2010, 09:57
  12. Saya….. ga bisa bicara apa2….😐

    Posted by Asop | 12 Mei 2010, 14:38
  13. ada baiknya mamah baca artikel blog ini

    Posted by mawi wijna | 12 Mei 2010, 14:41
  14. Ibunda Ney semoga cepet sembuh

    Posted by Nyach | 12 Mei 2010, 16:34
  15. Sering jg sih bohong. Ga tau itu buat kebaikan apa nggak

    Posted by odolgigi | 12 Mei 2010, 16:43
  16. iya sometimes sugesti itu emang perlu ya… kalo kitanya berpikiran bisa sembuh.. pasti sembuh. sebaliknya kalo pikirannya bakal sakit, malah jadi sakit.

    kadang kita emang harus berbohong demi kebaikan. gpp lah yang penting dari kebohongan kita itu gak ada yang dirugikan kan?

    Posted by arman | 12 Mei 2010, 18:01
  17. hehe
    namun ada yang bilang bohong adalah kebohongan
    jadi tidak bisa bohong itu dibenarkan
    tp klo dalam kasus ini saya sepertinya stujuh2 ajah hehe😀

    Posted by darahbiroe | 13 Mei 2010, 02:58
  18. saya malah jadi was-was gimana jadinya kalo bohongnya ketahuan. siap-siap cari alasan lain om….😀

    Posted by orange float | 13 Mei 2010, 04:50
  19. bohong untuk kebaikan …lia yakin siapapun pernah melakukannya..
    seandainya mamah nya membaca.. pasti gak marah… kan untuk kebaikan…:)

    Posted by delia4ever | 13 Mei 2010, 05:19
  20. good post. i agree wit u

    Posted by andee | 13 Mei 2010, 06:25
  21. bohong untuk kebaikan..😉 tapi ga bohong karena sampean malas kan?? hweheh…

    Posted by aris | 13 Mei 2010, 07:39
  22. semoga mamahnya lekas sehat kembali ya om…amin

    Posted by d-Gadget™ | 13 Mei 2010, 11:46
  23. mendengar kisah ini membuat saya ingin menangis om…terkesan lebay emang.tapi saya sangat haru betapa besar keinginan om iyan demi kesembuhan sang mamah.
    semoga mama lekas sehat kembali ya om..
    salam untuk beliau, istri dan keluarga..

    salam, ^_^

    Posted by Didien® | 13 Mei 2010, 11:48
  24. lama tak singgah kesini, apakabar om?
    berbohong itu memang dosa, mungkin demi kebaikan mudah²an tidak dosa ya om…

    Posted by Caride™ | 13 Mei 2010, 11:49
  25. Bohong itu dosa, bohong tetap bohong. Sebaiknya cari cara yg paling elegan untuk berbicara kebenaran. tetap semangat bro

    Posted by sentil | 13 Mei 2010, 16:35
  26. waduh..omiyan ada2 aja…
    nyang penting mamah sembuh ya…🙂

    Posted by marisa | 14 Mei 2010, 03:41
  27. Mas Iyan dalam Ai-quran dijelaskan, katakanlah yang sejujurnya, walaupun itu menyakitkan!!!!

    Posted by dafiDRiau | 14 Mei 2010, 08:27
  28. itu berarti akibat sugesti ya bos

    Posted by soewoeng | 14 Mei 2010, 09:48
  29. kayaknya kalo yang beginian ngak dosa deh
    cepet sembuh aja deh

    Posted by koplak | 14 Mei 2010, 09:49
  30. mahkota dewa buat kanker rahim ya mas??

    btw kalau gara2 kebohongan ini akidah dan tauhidnya jadi terganggu berarti dosa besar itu lho mas.

    sebenernya kalau saya liat ibu sampeyan ada sedikit2 kepercayaan yg salah arah ,sebaiknya memang ibunya mas harus dikembalikan tauhidnya ke Allah,diingatkan kembali bahwa yg menyembuhkan itu Allah,bukan kyai atau siapapun,tapi mereka adalah media Allah untuk menyembuhkan,kecuali ibu sampeyan seorang nabi,mungkin yg dikirim malaikat hehehe😛

    jadi mungkin disuruh supaya minta kesembuhannya dari sholat malam dulu, minta langsung sama Allah,nanti medianya dari mana saja kita gak tau🙂

    Posted by didot | 14 Mei 2010, 23:12
  31. w sring juga..
    bohong demi kebaikan..
    tapi sampai kapan…???
    nice article

    http://tipsbarudipercaya.blogspot.com/

    Posted by jamesaldo31 | 16 Mei 2010, 12:34
  32. it’s all about suggestion…
    great post!!

    need IT??
    http://www.linovtech.com

    Posted by entityoflife | 25 Mei 2010, 05:11
  33. Boleeh juga thuuu Say…!!//

    Posted by teuku rizzal | 4 Mei 2011, 03:16
  34. WOWWWWWWW…..

    Posted by teuku rizzal | 4 Mei 2011, 03:17
  35. Bisakah buat kan contoh grafik hasil kerja bulanan yg bergerak dibidang pekerjaan sipil

    Posted by Abdull jalil | 25 Maret 2012, 21:58

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Tweets that mention Berbohong Untuk Sebuah Kebaikan…. « Blognya Omiyan -- Topsy.com - 12 Mei 2010

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,461,813 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

