Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara II)


Setelah sukses memposting Tips Microsoft Excel (busyeettt deh hehehehehe boong itu mah boong ….) dengan judul Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara I), maka kali ini merupakan cara kedua dalam menampilkan data dimaksud.

Cara kedua ini saya buat seandainya Data Base yang ada berbeda dengan Cara I, setidaknya bisa menjadi alternatif dalam pengerjaan nantinya

Ok tanpa menunggu kalimat panjang yuk kita mulai. Eiiittt jangan lupa makan dan minum ya hehehe.

Sekarang Buka Worksheet Excel dan di Sheet 1 buatlah data-data seperti ini :

  • Cell A1 —–> No
  • Cell B1 —–> NIS
  • Cell C1 —–> Nama
  • Cell D1 —–> Kelas
  • Cell E1 —–> Pelajaran
  • Cell F1 —–> Nilai

Sekarang masukkan data-data tentang siswa disesuaikan dengan Cell masing-masing ( Isi Data Base sama dengan Cara I), tapi disini perbedaannya adalah NIS, Nama Siswa, Kelas akan muncul berulang-ulang dikarenakan mata pelajaran yang sebelumnya dalam Cara I berada di Kolom yang berbeda sekarang menjadi satu kolom (urut kebawah) dalam kolom Pelajaran (Cell E1) begitupun dengan nilainya disesuaikan dengan mata pelajarannya (Mohon dipahami dengan benar-benar).

Saya anggap semua sudah ngerti dengan yang saya maksud atau jika masih bingung saya kasih ilustrasinya (Gambar 1) dibawah ini.

Gambar 1

Bisa dibayangkan maksud saya, nah Sheet 1 ini kita rename menjadi DBHasil Ujian dan sekarang buka Sheet 2 dan buatlah Data yang berisi nama siswa kelas A3, caranya yaitu seperti ini :

Gambar 2

Jangan lupa rename menjadi Kelas A3, sekarang buka sheet 3 dan buat data persis Gambar 2 yang berisi siswa Kelas B3, yaitu :

Gambar 3

Dan jangan lupa juga rename Sheet 3 menjadi Kelas B3, selanjutnya kita buat daftar siswa kelas C3 di Sheet 4 (rename menjadi Kelas C3).

Gambar 4

Selanjutnya kita buat Data yang berisi nama-nama wali kelas, buat di Sheet 5 yang kemudian kita rename menjadi Wali Kelas, lihat gambar 5 dibawah ini:

Gambar 5

Dan terakhir di Sheet 6 (selanjutnya kita rename menjadi Aplikasi Data Ujian), caranya sama dengan Cara I atau saya ingatkan kembali bentuknya yaitu seperti (gambar 6) dibawah ini :

Gambar 6

Ok Beres deh …. makasih ya hehehehee…   nah kita sudah setengah jalan so tanggung kan kalau ga diberesin, tapi saran saya pahami dulu baik-baik atau ga buka lagi deh tulisan saya sebelumnya yang berhubungan dengan cara II ini yaitu Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara I).

Ok kita mulai memasukkan rumus-rumusnya :

Untuk Memunculkan Nama Wali Kelas sama persis dengan Cara I.

Kita berlanjut ke cara menampilkan Nama Induk Siswa atau NIS, disini kita memanfaatkan NO persis yang berada dibilah kiri NIS, Fungsi yang kita gunakan adalah Fungsi Vlookup karena disini kita akan melihat data yang sama yang berada di No (nomor 1,2,…..) dengan No yang berada dimasing-masing Kelas dengan tujuan memunculkan NIS yang diinginkan, dan rumusnya adalah :

=IF($D$1=”A3“,VLOOKUP($A7,’Kelas A3‘!A2:C11,2,FALSE),IF($D$1=”B3“,VLOOKUP($A7,’Kelas B3‘!$A$2:$C$11,2,FALSE),IF($D$1=”C3“,VLOOKUP($A7,’Kelas C3‘!$A$2:$C$12,2,FALSE))))

Artinya jika di Cell D1 atau Nama Kelas kita mengetikkan salah satu kelas yang dimaksud baik A3 atau B3 ataupun C3 maka data yang disandingkan adalah A7 atau no 1 dengan data di kelas masing-masing dengan data yang sama (no 1 juga) dengan range 2 walaupun data yang disorot sampai di Cell C12 dimaksudkan memunculkan NIS.

Sisanya tinggal ada copy paste Cell B8 s.d Cell B16.

Paham …. kalau ga paham … sama hahahahaha.

Sip jika sudah paham kita berlanjut ke menampilkan Nama Siswa, rumusnya sama persis dengan cara diatas yang kita rubah adalah Range data yang diambil dimana yang sebelumnya bernilai 2 sekarang coba ganti dengan 3, perhatikan rumusnya :

=IF($D$1=”A3“,VLOOKUP($A7,’Kelas A3‘!A2:C11,3,FALSE),IF($D$1=”B3“,VLOOKUP($A7,’Kelas B3‘!$A$2:$C$11,3,FALSE),IF($D$1=”C3“,VLOOKUP($A7,’Kelas C3‘!$A$2:$C$12,3,FALSE))))

Sama tapi karena Range yang diambil adalah 3 maka yang dimunculkan adalah Nama Siswa dimaksud sesuai dengan NIS nya.

Sisanya tinggal Copy paste di Cell C8 s.d Cell C16

Yang berbeda antara Cara I dengan cara kedua adalah rumus yang digunakan dalam mengambil nilai yang dimaksud dalam masing-masing pelajaran, jika dalam cara sebelumnya kita menggunakan Fungsi IF dan Fungsi VLOOKUP maka dicara kedua ini kita menggunakan Fungsi SUMIFS.

Fungsi SUMIFS adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data atau nilai numerik yang memenuhi lebih dari satu kriteria (perhatikan akhiran S dibelakang F).

Data yang akan kita (isitilah saya) diadukan atau diuji persamaannya adalah NIS, Nama Mata Pelajaran dan Nama Kelas yang tertera di  Aplikasi ini dengan NIS, Nama Mata Pelajaran dan Nama Kelas yang tertera di DBHasil Ujian…..pahami dulu argumen ini.

Dan rumusnya adalah

=SUMIFS(‘DBHasil Ujian’!$F$2:$F$121,’DBHasil Ujian’!$B$2:$B$121,’Aplikasi Data Ujian’!$B7,’DBHasil Ujian’!$E$2:$E$121,’Aplikasi Data Ujian’!D$6,’DBHasil Ujian’!$D$2:$D$121,’Aplikasi Data Ujian’!$D$1)

Dalam menggunakan Fungsi SUMIFS nilai yang dimaksud atau menjadi tujuan utama harus muncul terlebih dahulu dalam hal ini adalah nilai ujian dari siswa-siwa tersebut (perhatikan DBHasil Ujian’!$F$2:$F$121), kemudian kita sorot NIS di DBHasil Ujian (perhatikan DBHasil Ujian’!$B$2:$B$121) karena akan dibuktikan ada atau tidaknya NIS yang sama di Aplikasi Data ujian (perhatikan Aplikasi Data Ujian’!$B7) …. jika ini sudah paham saya yakin yang lainnya akan paham …..

Jika rumus diatas benar maka bisa coba test dengan mengetikkan kelas yang diinginkan dan saya yakin Nilai siswa tersebut sudah pasti akan muncul.

Dan sisanya tinggal Copy paste aja s.d Cell G16.

Untuk memunculkan Nilai Rata-rata di Cell H7 rumusnya sama dengan Cara I yaitu :

=SUM(D7:G7)/4

Sisanya tinggal di Copy paste.

Untuk memunculkan Nilai Rata-rata di Cell D17 rumusnya adalah :

=SUM(D7:D16)/10

Sisanya tinggal di Copy paste.

Untuk memunculkan Keterangan dan tanggal beserta tanda tangal wali kelas sama dengan Cara I.

Beres deh …..

Jika suka dengan tulisan saya, maka sekarang saya sudah nyiapin file tulisan ini dalam format PDF dan bisa diunduh disini kalau mau lihat aplikasi diatas bisa diunduh disini juga…semua gratissssss.

Salam


——————————————-00000000000——————————————-

Sumber bacaan :


——————————————-00000000000——————————————-

Tips Sebelumnya :


——————————————-00000000000——————————————-

Untuk saran dan kritik bisa dilayangkan ke :

bunga.liani@yahoo.co.id

——————————————-00000000000——————————————-

Silahkan Meng-Copy paste tulisan ini dengan catatan tetap menampilkan sumber tulisan ini

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

21 thoughts on “Tips Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara II)

  1. belajar exel ga perlu kursus , ke blognya mas iyan juga bagus

    Posted by rumahsehatafiat | 18 Juni 2010, 09:05
  2. haduh.. pusing deh sama rumus2nya excel..
    =SUM aja yg paling apal.
    hehe

    Posted by dy | 18 Juni 2010, 13:22
  3. Belajar excel dsni aja, haha, mantaph!

    Posted by Adi | 18 Juni 2010, 22:49
  4. Hmm…. Agak memusingkan, tapi benar2 bermanfaat nich tutorial ini,,,,

    Salam semangat selalu

    Posted by Muhammad Joe Sekigawa | 19 Juni 2010, 11:56
  5. lama banget tak mampir
    p cabar omiyan
    semoga sehat sellau y
    salam hangat dari blue

    Posted by bluethunderheart | 19 Juni 2010, 12:36
  6. Ikut belajar Excel bersama Omiyan paling mengasyikkan.
    Sukses selalu, salam untuk keluarga.

    Posted by marsudiyanto | 19 Juni 2010, 14:27
  7. khursus exel disini aja dech..gratissss😀
    makasih tutorial dan tipsnya mas.

    salam

    Posted by andipeace | 20 Juni 2010, 10:59
  8. wah makasi bgt y

    Posted by investasi emas | 20 Juni 2010, 13:26
  9. thx om

    Posted by deny marisa | 21 Juni 2010, 02:06
  10. alisku nyampe nyambung merangkai kalimat demu kalimat disambung rumus demi rumus terakhir cell demi cell😆 , btw tips yang oke karena gak semua orang bisa merangkai rumus2 seperti itu. kalau aku sendiri mendingan langsung praktek biar gak anget pala ini😀

    Posted by Sugeng | 21 Juni 2010, 13:52
  11. tks!! bgt, kerjaan ax jdi lebih mudah!!
    kg cpek lgi, ngotak atik rumus ri awal,,,

    Posted by ASTUNIK | 15 September 2010, 06:40
  12. Thank banget Mas Omiyan..Sukses slalu yahh….Sanagt bagus tip excel nya

    Posted by Bukhari | 28 September 2010, 14:58
  13. permisiii numpang nanya…. klo mis. nya di C26 Pada ecxel harus tertulis kata berikut : 7 Huruf. Kata “Huruf” i2 katanya dapat di tampilkan melalui custom pada format cells, tp sy sdh membuka custom dan mencoba menambahkan kata “HURUF” tp gk bs jwbn ecxel selalu “kata i2 tdk trdapat dlm format excel….
    trs cara nya menambahkan kata ” Huruf” i2 gmn klo mau menggunakan rumus excel?

    Omiyan : misalkan di cell C26 tertulis 7 huruf kalau rumusnya bisa dengan =7&” huruf” atau angka 7 jika terletak di Cell C27 maka rumusnya =C27&” Huruf”

    Makasih

    Posted by dian | 7 Desember 2010, 13:17
  14. halahhhhhhh…. malah mumed q lek…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by gondiez | 8 Mei 2011, 03:38
  15. waduh pak rumus nya ribet bnget”tpi membatu kok’makasih ya pak……..

    Posted by murni | 22 November 2011, 15:42
  16. Makasih om, ribet tapi manten!

    Posted by susie | 12 Februari 2012, 20:30
  17. saya punya problem tentang tugas kantor saya..mencari rumus berapa banyak total pencapaian dan suruh misahin berapa jumlah pencapaian yang 50%,60% sd 100%..
    terus dijumlahkan..rumusnya p yah…

    Posted by ella maulida | 12 Mei 2012, 22:31
  18. mantab gan…..thanks

    Posted by joe | 28 Oktober 2013, 11:03
  19. MAKASIH MAS INI YG KUCARI TERUS TERUS

    Posted by SUDIRMAN | 3 Mei 2014, 00:49
  20. trims. semoga berkah terus mengalir

    Posted by handokoarie | 23 Oktober 2014, 10:42
  21. Mas mau tanya apabila ceii A1 200.000 trus cell A4 – Cara menjumlahkannya gmn ya ??? hasil nya kok value ya ?? apa memang tidak bisa di jumlah kan atau gmn ???

    Posted by Agus Kin 12 | 26 Maret 2015, 11:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,466,003 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia