Saya Dan Keluarga

Terong Dalam Balutan Gorengan …..


Mungkin semua orang dari seluruh pelosok mengenal yang namanya buah terong. Terong yang bahasa latinnya Solanum melongena dan tergolong dalam keluarga Solanaceae dan genus Solanum. Tapi yang jelas ga semua orang doyan makan terong padahal dari segi kandungannya ternyata terong itu Sumber kalori yang cukup besar yaitu sekitar 24 kal. Selain sebagai sumber kalori, buah terong juga mempunyai komposisi gizi antara lain mengandung 1.5 % Protein, 0.2 gr lemak, 5.5 gr hidrat arang, 15 gram kalsium, 37 mg Fosfor, Besi 0.4 mg, Vit A 30 SI , Vit B1 0.04 mg, dan Vit C 5 mg. Dengan komposisi gizi seperti itu maka buah terong cocok dikonsumsi untuk perbaikan gizi.

Ok yang saya posting disini adalah sebuah kebiasaan istri yang membuat saya sekeluarga jadi doyan dengan terong tersebut.

Tapi yang dilakukan istri bukan dimasak dalam bentuk sayur tapi di goreng jadi terong tersebut digoreng persis kayak kita ngegoreng tempe dicampur dengan terigu.

Rasanya yang jelas maknyos, beda banget kalau kita makan terong dengan disayur.

Jadi terong tersebut dipotong-potong persis seukuran kayak kita ngegoreng tempe terus dicemplungin deh ke adonan terigu setelah itu baru deh digoreng….

Ga percaya coba saja dan saya jamin yang tadinya tidak begitu suka dengan terong bakal ketagihan.

Biar makin PD buat mengkonsumsi buah terong nih ta kasih khasiatnya :

Buah ini diketahui punya manfaat sebagai antikejang, anti kanker, dan pendepak gangguan pembuluh darah. Bahkan di Nigeria digunakan sebagai tanaman kontrasepsi, terutama untuk kaum pria. Masyarakat Nigeria juga mendewakan tumbuhan ini karena bisa meredam “penyakit” gugup. Kemampuan ini telah dibuktikan secara ilmiah terhadap marmut yang diberi sari terong mentah.

Buah terong mengandung striknin, skopolamin, skopoletin, dan skoparon yang bisa menghambat serangan sawan, gugup, atau kekejangan saraf. Maka, buah ini bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati serangan epilepsi dan penyakit kejang lainnya, seperti yang diyakini dalam pengobatan tradisional.

Di Korea terong yang telah dikeringkan bila dikonsumsi bisa pula mengobati sakit pinggang, encok, pinggang kaku, dan nyeri lainnya. Secara empiris, sayuran ini pun mampu mengobati campak, cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan luka bakar.

Jus terong bisa menekan kerusakan pada sel-sel dengan penyimpangan kromosom sebagai pertanda adanya kanker. Kandungan tripsin (protease) inhibitor pada buah ini diyakini bisa melawan serangan zat pemicu kanker. Buah ini sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit kanker.

Buah ini juga bisa menetralkan kerusakan pembuluh darah arteri. Dengan begitu, ia dapat menekan dan mengatasi arterosklerosis; penyakit yang disebabkan oleh terganggunya transportasi darah dan zat makanan pada pembuluh darah arteri. Gangguan itu terjadi akibat timbunan lemak dan kolesterol di pembuluh darah. Dampaknya, kerja jantung pun terganggu. Organ vital ini akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh yang bisa membahayakan nyawa. Gangguan pembuluh darah ini bisa dikurangi, bahkan ditanggulangi dengan cara mengonsumsi terong.

www.anneahira.com

Ayo dicoba kalau disayur ga mempan coba deh dijadiin Terong Goreng atau Goreng Terong hehehehehe sudah terbukti.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

16 thoughts on “Terong Dalam Balutan Gorengan …..

  1. mmhh..nice post.thanks for share..makasi jg atas kunjungannya…salam kenal…keep in touch ya…^_^

    Posted by windflowers | 7 Juli 2010, 05:43
  2. wowowow
    belum mencoba kalo dikasih tepung
    nyoba achhh
    makaci om

    Posted by shalimow | 7 Juli 2010, 06:02
  3. mantab sekaleee
    jadi pingin rasain om

    Posted by Berita Indonesia Online | 7 Juli 2010, 06:03
  4. kembali ke alam sebuah fenomena saat ini. mencegah peyakit lebih utama ketimbang mengobati. ini sejalan dengan kami.salam sehat dari kami rumah sehat afiat

    Posted by rumah-sehat afiat | 7 Juli 2010, 07:16
  5. Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

    Posted by Yohan Wibisono | 7 Juli 2010, 07:38
  6. semoga artikelnya bermanfaat untuk kita semua dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

    Posted by Yohan Wibisono | 7 Juli 2010, 07:42
  7. wahhhh, nice share, thanks atas info tentang terongnya

    Posted by riFFrizz | 7 Juli 2010, 08:24
  8. weh baru tau ada terong goreng neh…

    Posted by HASTu W | 7 Juli 2010, 16:23
  9. terong itu enakna di goreng pake cabe yang banyak….
    beuh matapz..
    selain kandungan gizina yang tinggi…+ rasana yang enak..
    tuker link donkz..
    visit ke sini jg y..
    (http://dorismanp06.ipb.ac.id)

    Posted by rio | 7 Juli 2010, 16:53
  10. ternyata banyak khasiatnya juga
    kalo saia suka terong yg dibikin sambel..mantab

    Posted by setagu | 8 Juli 2010, 02:11
  11. ternyata memang banyak manfaatnya, hanya kita belum tahu banyak tentang terong ini..soalnya kalau makan mentah2 pasti gak suka😀

    Posted by agustri | 8 Juli 2010, 02:36
  12. Terong memang uenak..Apalagi terong kukus + tempe goreng tepung + sambal terasi sama nasi panas.Wuih! Mantabbb bener..😀
    Lam kenal

    http://www.anekakita.com
    Anekakita.com Tempat Belanja Termurah dan Terpercaya

    Posted by Anekakita.com | 9 Juli 2010, 02:33
  13. di rumah terong suka dimasak balado, kalau yg hijau bundar kecil2 utk lalapan,.Om.
    ternyata banyak sekali manfaat dibaliknya ya .
    terimakasih Om utk infonya🙂
    salam

    Posted by bundadontworry | 12 Juli 2010, 10:30
  14. kata orang, terong bikin lemes lhoo … ati-ati ajah

    Posted by ianoom | 22 Juli 2010, 06:52
  15. Klo saya biasanya terongnya digoreng biasa aja, makannya sama tempe goreng n sambal balado…mak nyusssss

    Posted by erywijaya | 30 Juli 2010, 07:58
  16. menyongsong datangnya bulan Romadhon, mari kita mempersiapkan diri untuk hati yang lebih bersih dan rasa saling menghormati. mohon maaf kalau komentar ini sekedar menyapa, tidak sesuai dengan isi postingan 22:27

    Posted by www.budies.info | 30 Juli 2010, 22:33

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,466,132 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: