Berbagi Ilmu

Tentang Rumus di Tips Microsoft Excel : Membuat Data Base Sederhana Dan Tabel Pencarian Data


Sehubungan dengan adanya beberapa komentar dan email tentang tulisan saya yang berjudul Tips Microsoft Excel : Membuat Data Base Sederhana Dan Tabel Pencarian Data yaitu bahwa rumus untuk mendapatkan nilai yang dimaksud atau rumusnya seperti dibawah ini :

=SUMIFS(DB!$F$2:$F$11,DB!$A$2:$A$11,Sheet2!$B$1,DB!$D$2:$D$11,Sheet2!$A7,
DB!$E$2:$E$11,Sheet2!B$6)

Sudah saya test sebelumnya dan rumus tersebut berjalan seperti yang diharapkan jadi ketika ada pertanyaan atau email yang mengatakan rumus tersebut tidak jalan saya malah menjadi kebingunan sendiri, dan mencoba test lagi tetap rumus tersebut jalan, bahkan saya lakukan beberapa kali.

Jadi mohon perhatikan rumus awal yaitu FUNGSI SUMIFS jangan sampai salah mengetiknya jangan sampai menjadi SUMIF karena jika itu terjadi maka rumus memang tidak jalan, atau perhatikan data yang ingin dicari apakah sesuai dengan yang ada di Database atau tidak atau coba perhatikan komentar pembaca seperti dibawah ini, semoga ini yang menjadi permasalahannya :

Ibnu Hajar :

Awalnya rumus itu saya coba gagal terus om. Setelah semadi sebentar dapet petunjuk dech…….hehehe.. ternyata tanda format rumus di komputer saya agak berbeda dikit ma komputer om. Kalo di komputer saya pake titik koma (;) kalo komputer om pake koma aja……..

Komentar Pembaca

Sehingga bisa saya gambarkan rumus tersebut dengan komentar diatas adalah seperti ini :

=SUMIFS(DB!$F$2:$F$11;DB!$A$2:$A$11;Sheet2!$B$1;DB!$D$2:$D$11;Sheet2!$A7;DB!$E$2:$E$11;Sheet2!B$6)

Intinya setiap rumus yang saya ketikkan disetiap postingan adalah rumus yang memang berjalan ketika saya menggunakannya sebelum saya post di Blognya Omiyan (Worksheet yang saya gunakan Excel 2007).

Saya ucapkan terima kasih banyak buat para pembaca yang sudah mengkoreksi atas tulisan tersebut….dan sepertinya QUIZ yang saya buat terlalu susah, anggaplah tulisan ini semacam keword untuk membuka tabir QUIZ tersebut.

Salam

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

10 thoughts on “Tentang Rumus di Tips Microsoft Excel : Membuat Data Base Sederhana Dan Tabel Pencarian Data

  1. terimakasih omyan atas infonya aku jadi tahu deh sekarang, memang saat ini saya baru mencari info itu. Makasih banget, salam kenal om…

    Posted by bloggeramin | 18 November 2010, 10:09
  2. Mantaf

    Posted by AnggA | 18 November 2010, 10:45
  3. waduwww masih mumet om… yang kemaren saja belum mudeng😀

    Posted by mamung | 19 November 2010, 12:07
  4. kayaknya harus ngelihat yang kemaren dulu nih..

    Posted by andtheree | 21 November 2010, 10:44
  5. *tuing2*
    Masih perlu pemahaman lebih nih🙂

    Posted by Kakaakin | 21 November 2010, 12:18
  6. Salah atau kelewat satu huruf aja akan bikin rumus jadi gak sesuai ya , harus bener2 dipelajari nih, thx ya tutorialnya🙂

    Posted by anny | 22 November 2010, 02:43
  7. Oke nich…ulasan2 ttg exelnya. Btw punya tips gak agar pemakaian data base, formula serta link utk pekerjaan yg cukup besar kapasitasnya tapi gak buat komp. lemot dan calculate terus???

    Posted by yoel | 24 November 2010, 15:34
  8. yoel :

    Ada dua cara yang pernah saya lakukan yaitu :

    1. Pisahkan File antara yang menyimpan Data Base dengan File yang menyimpan formula atau linknya jadi ada dua File nantinya.

    2. Cara yang kedua untuk Database kita simpan di Ms.Acces nantinya kita manfaat Koneksi data untuk diExcelnya, tapi untuk yang satu ini saya sendiri masih belajar dan kurang paham, mungkin saran saya di googling lagi siapa tahu ada yang membahas seperti ini, dan ini terbukti efektif.

    Salam

    Posted by omiyan | 25 November 2010, 05:42
  9. Makasih banget nih infonya bagi saya yang belajar Excel 2007 baru sulit kayaknya kalau cari menu.. saya bisanya ahunya cuma yang Excel 2003..

    Posted by Blogs of News | 1 Desember 2010, 06:35

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,461,813 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

