Tak Berkategori

Mencari Pekerjaan …


Tulisan ini terilhami ketika kemarin lagi berboncengan dengan istri secara tak sengaja mata saya melihat seorang ibu yang entah bener atau tidak seperti mengantar anaknya yang sedang mencari pekerjaan (ini hanya perkiraan saya), dan akhirnya ingatan saya kembali ke masa dulu tepatnya tahun 1997.

Ya inilah sebuah tahun yang pernah membuat saya begitu putus harapan dalam menghadapi masa depan.

Setelah selesai sekolah dari sebuah sekolah kejuruan di kota Kuningan, saya seperti kebingungan mau melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan karena pada saat itu dalam benak saya untuk lulusan semacam saya rasanya mendapatkan pekerjaan yang layak bakalan susah.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba peruntungan ke Bandung mengikuti jejak sahabat saya. Disini saya tinggal dengan kakak sahabat saya tersebut.

Jujur inilah pengalaman hidup saya pertamakali merantau kekota lain, perasaan sedih berkecamuk karena harus meninggalkan desa kelahiran dan terutama meninggalkan ibu. Jejak langkah saya dimulai ketika seorang teman memberitahu jika didekat terminal Cicaheum ada sebuah Ruko yang tertera sebuah tulisan

ADA LOWONGAN PEKERJAAN….

Dengan semangat akhirnya saya memutuskan untuk menjambangi tempat tersebut, perkiraan saya sebelumnya bahwa tempat tersebut dekat dengan Terminal Cicaheum tapi ternyata salah, saya harus berjalan kaki ditengah terik yang terasa kurang lebih 1 kilo. Namun setelah bertemu dan mengobrol tentang hal-hal persyaratan pekerjaan saya memutuskan untuk tidak meneruskan memasukan lamaran karena satu alasan

Ijazah Asli harus ditahan oleh perusahaan tersebut !!!.

hari kedua, ketiga dan seterusnya hingga seminggu berada di Bandung tak ada satupun pekerjaan yang saya dapatkan, semuanya bertuliskan…

TIDAK ADA LOWONGAN

Dengan berat hati dan rasa malu saya kembali kekampung, dan tak berapa lama saya pergi ke Cirebon ikut kakak dari ibu saya alias uwa…disini saya hanya bertahan 2 minggu karena setelah masuk sana sini tak ada satupun lowongan buat seorang cowok yang hanya bermodalkan Ijszah SMK.

Perasaan putus asa muncul, masa depan suram hinggap dipikiran saat itu, entah jadi tukang bangunan atau tukang ojeg adalah opsi terkahir saat itu.

Dan yang paling membebani pikiran yaitu sikap ibu yang tiba-tiba sepertinya memendam rasa kecewa karena anak ketiganya sepertinya akan menjadi seorang pengangguran.

Yang jelas dari perjalanan menganggur selama satu tahun begitu banyak nilai yang saya dapatkan tapi yang paling utama adalah :

Jangan pernah menyerah untuk bisa mengubah nasib kita dan jangan pernah merasa nyaman dengan kondisi saat ini, karena ketika kita keluar dari zona nyaman tersebut siapa tahu justru peruntungan hidup kita ada disana.

Tulisan ini saya dedikasikan buat seorang wanita yang begitu telaten berpuasa selama seminggu untuk kehidupan saya yang lebih baik ……..(untuk sambungan dari cerita ini)

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

31 thoughts on “Mencari Pekerjaan …

  1. menarik kisahnya, saat ini saya juga sedang menganggur karena habis kontrak. Memang saat ini sulit sekali mendapat kerja, satu2nya jalan dpt kerja kita harus banyak koneksi.
    Thanks artikelnya yg membuat saya jadi semangat lagi.

    Posted by hans@ mobil keluarga ideal terbaik indonesia | 13 Desember 2010, 06:07
  2. ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ

    Posted by Asop | 13 Desember 2010, 06:30
  3. puasa buat apa kang?

    Posted by khaeradania | 13 Desember 2010, 06:56
  4. Asop :

    Hehehehe

    Posted by omiyan | 13 Desember 2010, 07:10
  5. saya pun juga pernah mengalaminya dan merasa putus asa mencari pekerjaan di kota orang

    Posted by orange float | 13 Desember 2010, 07:17
  6. hans@ mobil keluarga ideal terbaik indonesia :

    yang petning sabar, ada kemauan, dan ga putus asa, plus doa itu penting dalam perjalanannya

    Posted by omiyan | 13 Desember 2010, 07:26
  7. khaeradania :

    puasa buat anaknya atuh mas..orang tua kita pasti pernah melakukan hal seperti ini

    Posted by omiyan | 13 Desember 2010, 07:35
  8. orange float :

    yang jelas kata paling terasa saat itu adalah …. MERANA hehehehe

    Posted by omiyan | 13 Desember 2010, 07:36
  9. Hmmm…. kisahnya menarik sekali.. lanjutin lagi dong, ganjel rasanya…๐Ÿ˜›

    Posted by yuniarinukti | 13 Desember 2010, 08:25
  10. tidak prlu malu mencari pekrjaan dengan diantar ibu… yg penting kerja halal๐Ÿ˜€

    Posted by r10 | 13 Desember 2010, 08:49
  11. yuniarinukti :

    hehehe ya nih sengaja nyambung ceritanya ngedadak mentok ide nulisnya…

    Posted by omiyan | 13 Desember 2010, 09:00
  12. r10 :

    Kalimat diawal hanya perkiraan saya itupun belum tentu kebenarannya hanya pikiran saya terbesit pada pikiran ketika mencari pekerjaan yg harus tebal muka karena maklum pertama kali orang mencari ekrja gengsinya biasanya guede

    Posted by omiyan | 13 Desember 2010, 09:48
  13. Mencari kerja memang penuh lika-liku, tetapi itu adalah warna dari kehidupan. Bukankah Tuhan menyuruh kita bertebaran di muka bumi untuk mencari rezeki Allah yang maha luas…

    : ya terkadang jalannya diberi yang susah dulu hehe

    Posted by Kompilogi | 13 Desember 2010, 10:00
  14. Yang pasti buat para pencari kerja; Jangan pernah pantang menyerah. Lebih bagus lagi keknya kalau menciptakan lapangan pekerjaan baru.

    : betul mas akan ada jalan keluar selama kita mau

    Posted by alamendah | 13 Desember 2010, 10:45
  15. Betul sekali mas, kita jangan menyerah dengan keadaan, tetapi justru keadaan yang harus kita paksa menyerah kepada kita.

    : sip apalagi kita sebagai lelaki hehehehe kata orang sunda mah..musti panjang lengkah (panjang langkah)

    Posted by Pak Wandi | 13 Desember 2010, 11:28
  16. Ceritanya sangat inspiratif mas..

    Salam kunjungan
    http://www.bloghendri.com

    : Thanks mas, saya kunjung balik…

    Posted by Hendri | 13 Desember 2010, 13:25
  17. Touchy banget ceritanya kak…
    Saya sudah selayaknya bersyukur yah, padahal saya juga cuma lulusan D1 tapi alhamdulillah tdjk pernah kesulitan mencari kerja๐Ÿ™‚

    Maha besar ALLAH, memang selalu membuka jalan untuk semua umatnya yang mau berusaha…

    salam sukses selalu kak, dan salam hormat untuk ibundanya…๐Ÿ™‚

    : apapun lulusan kita yg penting bisa kerja..Alhamdulillah

    Posted by Pendar Bintang | 13 Desember 2010, 14:46
  18. Sip jangan pernah menyerah menggapai masa depan. Wah, maaf baru sempat jln2 lagi neh ke blog nya Omiyan, soalnya baru exist lagi ngeblog neh. Pa kabarnya neh..

    : sama-sama mas saya sendiri dah jarang ngunjungin blog sahabat, maklum…

    Posted by fachri | 13 Desember 2010, 14:54
  19. Makin lama kayaknya nggak makin mudah tapi kok malah makin susah ya Om…
    Persaingan makin ketat, dan musti pakai biaya.
    Minimal untuk fotocopy, beli map / amplop, transport & jajan
    Iya kalau berhasil, lha kalau belum dapat2…

    : Apa kita tanya Gayus ya pak kiat biar cepet kaya seperti Beliau itu heheheh

    Posted by marsudiyanto | 13 Desember 2010, 14:55
  20. Jadi pengangguran memang super tidak enak rasanya, ditunggu kelanjutan kisahnya Sob.
    Salam.. .
    : Ada enaknya juga kok…yaitu diomongi orang serasa jadi selebritis yang update terus wakakkakkk

    Posted by Mood | 13 Desember 2010, 15:06
  21. tulisannya boleh juga.. kalo mau silahkan kirim ke redaksi, kali aja bisa dimuat di edisi cetaknya..
    klik kami di http://eksposrakyat.tk

    Posted by eksposrakyat | 13 Desember 2010, 16:28
  22. bagus dan menarik…
    mungkin anda bisa kirimkan ke redaksi kami
    salam.
    : ok mas nanti saya kunjungan balik…salam

    Posted by eksposrakyat | 13 Desember 2010, 16:29
  23. betul banget… never give up!๐Ÿ™‚

    Omiyan : plus masa lalu tak akan kembali…kejar mimpi untuk masa tua nanti

    Posted by arman | 13 Desember 2010, 17:57
  24. Jadilah seperti D’masiv
    “Jangan Menyerah. . . .”๐Ÿ™‚

    : Setubuhhhhh mas hehehe

    Posted by an | 13 Desember 2010, 22:54
  25. pelajaran berharga juga mas, kalau dah ngerasain susahnya dapet pasti sekali dapet nggak akan di sia2in, kan banyak tu yg pd bikin geregetan, tiap kerja bentar2 bosen ,pindah. Kalau udah ngerasain susahnya pasti bs lbh menghargai
    : ya…beruntung ngalaminnya hehehe

    Posted by tips diet | 14 Desember 2010, 02:05
  26. saya tersentuh, saya baru baca artikel yang ini om, saya lanjut ke artikel berikutnya

    : tulisan ini hanya sekedar inspirasi hidup saya untuk sesuatu hal yang tidak terduga

    Posted by mawi wijna | 14 Desember 2010, 23:32
  27. yups,,,tulisannya menyentuh bgt,,,,,d’tungg kelanjutanny^_^

    Posted by princiliabeauty | 10 Februari 2011, 09:36

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Halaman tidak ditemukan « Blognya Omiyan - 14 Desember 2010

  2. Ping-balik: Masa “indah” Seorang Pengangguran « Blognya Omiyan - 14 Desember 2010

  3. Ping-balik: Sebuah Perubahan …. « Blognya Omiyan - 15 Desember 2010

  4. Ping-balik: Kutapaki Masa Depan Itu Dengan Stress ….. « Blognya Omiyan - 17 Desember 2010

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,466,132 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

