Tak Berkategori

Masa “indah” Seorang Pengangguran


Meneruskan cerita kemaren, direntang satu tahun selama menganggur banyak banget yang aku alami mulai dari kenal dengan minuman berakohol, ngeganja, nge-band, dipandang sebelah mata sampai diterima sebuah PT.

Aku termasuk beruntung karena mempunyai teman yang tidak sombong walau mereka termasuk golongan berada tapi mereka mengakui aku sebagai sahabatnya, yang paling berkesan adalah kesempatan aku yg kedua untuk mengunjungi Bandung tapi bukan untuk mencari pekerjaan tapi mengantar beberapa sahabat untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negeri disana…jujur disini aku merasakan sejatinya sebuah persahabatan mereka mengajak aku kesana dan menanggung semua biayanya.

Ada perasaan nelangsa dan seneng berbaur jadi satu ketika menginjakkan kaki di salah satu PTN yang berada diwilayah Jatinangor. Perasaan sedih karena hati kecil akupun ingin menimba ilmu yang lebih dari sekedar lulusan SMK senengnya ya maklum orang udik main kekota hehehehe.

Dan akhirnya tak berapa lama kemudian beberapa sahabat aku diterima di PTN dan yang lainnya di Swasta dan sisanya ya tetap dikampung ikut orang tuanya menjaga toko dan aku sendiri menjadi seorang cowok yang memanjangkan rambut dengan berpakain trend seorang gembel hahahaha.

Inilah sebuah masa dimana muka aku harus tebal dari gunjingan orang dimana yang lain kuliah, kerja membantu orang tua dan aku cuman luntang-lantung teu puguh (lho kok jadi bahasa sunda) maksudnya ga jelas apa yang dikerjakan.

Tapi namanya juga anak muda, temen yang kuliah dan yang ngebantuin orang tuanya tetep aja sering ngajak gabung selain bermain musik juga untuk pertamakalinya aku mengenal yang namanya miras alias munimas atos eh keras hehehe.

Walau buka pecandu minuman, tapi menyentuh minuman itu cukup untuk membuat hati aku sedikit melepas penat yang ada.

Biasanya aku dan para sahabat minum dan nge-ganja (menghisap ganja, red) kalau ga dirumah terkadang juga di kawasan wisata misalkan waduk darma. Namun untungnya ketika kita lagi fly kita ga bikin onar hanya sekedar ketawa ketiwi ditengah jalan dan yang lebih parahnya yaitu pernah konser di terminal bus (kebetulan terminal jam segini sepi abizz) jam 11 malam sambil teriak menyanyikan lagu-lagu kebangsaan semacam Boomerang, SKet, Andy Liani, garby, Stingky dan band lainnya tanpa penonton hehehehe.

Satu kejadian yang akhirnya aku mulai berpikir masa depan seperti apa yang ingin diraih, dan itu berawal dari sebuah kejadian dimana suatu hari aku diajak salah satu sahabat  (yg ga kuliah) mengantarkan orang tuanya ke suatu daerah di Majalengka atau tepatnya di daerah Jatiwangi, dimobil yang aku tumpangi aku duduk dibelakang bareng teman satunya lagi yang kebetulan lagi liburan dari kuliahnya di Bandung. Dan selama perjalanan itupula orang tua sahabat aku bertanya kepada kami lebih tepatnya kepada sahabat aku yang kuliah tersebut mulai dari A sampai Z dan tak pernah satupun pertanyaan yang diajukan kepada aku.

Apa yang ada perasaan aku saat itu..adalah …

Ngenes alias sedih……

Ternyata menjadi seorang pengangguran akan selalu dipandang sebelah mata. Disinilah aku berpikiran untuk mewujudkan sebuah cita-cita jika suatu saat nanti aku bisa mandiri tanpa harus membebani orang tua.

Disisi lain Ibunda tercinta terus ngotot agar aku segera mencari pekerjaan maklum nada sumbang terus terdengar dari kiri-kanan samping rumah, namun aku saat itu berprinsip selama aku mengandalkan ijazah SMK ga akan dapat pekerjaan yang aku harapkan.

Hingga suatu saat aku bertemu dengan salah satu sahabat aku semasa di SMK, dimana dia telah masuk sebuah sekolah Kedinasan di Jakarta. Aku bertemu dia diterminal, setelah ngobrol kesana kemari dia berjanji jika besok akan datang kerumah untuk mengobrol dengan ibuku.

Besoknya dia datang dan dari obrolan yang kami bicarakan dia menyarankan agar aku mencoba ikut ujian masuk sekolah kedinasan tersebut dan kebetulan nilai rata-rata Ujian aku terbilang cukup.

Mungkin inilah salah satu petunjuk yang diberikan oleh Tuhan, tak berapa lama beberapa teman  masa SMK mengontak aku dan sama-sama mengajak untuk ikut ujian di sekolah kedinasan tersebut.

Satu poin yang aku dapatkan selama aku diam dikampung (baca : menganggur/pemabok) memberikan aku sebuah pelajaran yaitu

Untuk selalu tetap optimis dan memandang bahwa sebuah roda perjalanan hiup pasti akan berputar walau harus menunggu waktu yang cukup lama, ikhitar saja tidak cukup kemauan, tekad yang keras, menerima keadaan dan doa adalah semua yang dicampur adukan untuk memantapkan agar harapan tersebut bisa segera terwujud

Tulisan ini aku dedikasikan buat seorang wanita yang begitu telaten berpuasa selama seminggu untuk kehidupan aku yang lebih baik ……..(untuk sambungan dari cerita ini)

————— 00 —————

Kisah ini hadir untuk menyambut akhir Tahun 2010 dan jelang Milad ke-32, kisah sebelumnya :

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

12 thoughts on “Masa “indah” Seorang Pengangguran

  1. Wah, perjalanan hidup yg cukup berwarna
    Saat kau jujur akan terbilang gelapnya masa silam
    Tapi kau berani menunjukkan bahwa masa depan adalah harapan
    Kau telah berhasil membuka celah gemilang
    Maju terus sobat
    sok mangga ah🙂

    : mungkin karena kita lelaki … yang sudah seharusnya mengubah cara pandang …beehhh heheheh

    Posted by achoey el haris | 14 Desember 2010, 05:16
  2. perjalanan hidup yang rame,,,,, bener bener rame, rame akan cerita seruh…. cukup banyak hikmahnya nih perjalanan hidup…. tapi jangan balik lg ke minuman keras ya om…

    : hahahahaha Insya Allah mas, setelah kita tahu ga ada manfaatnya buat apa balik lagi

    Posted by jaya | Belajar SEO Pemula | 14 Desember 2010, 06:15
  3. masa muda emang penuh warna,, tidak akan tau enak nya kerja kalau kita belum merasakan jadi pengangguran ..

    dan semuanya akan indah pada saat nya…

    salam🙂

    : yup mba selama kita mau berubah untuk terus menjadi lebih maju

    Posted by fitr4y | 14 Desember 2010, 06:58
  4. Perjalanan hidup yang bener-bener berliku. Tapi, Alhamdulillah petunjuk itu datang.🙂
    Biarlah masa kelamdi waktu muda menjadi bahan cerita anak cucu kelak supaya mereka tidak meniru hal-hal seperti itu…

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    : betul mas, jangan ampe deh kalau bisa mereka dalam kondisi selalu senang tidak susah tapi perlu juga susah untuk sebuah pembelajaran

    Posted by Denuzz BURUNG HANTU | 14 Desember 2010, 12:22
  5. “Walau buka pecandu minuman, tapi menyentuh minuman itu cukup untuk membuat hati aku sedikit melepas penat yang ada.”
    setuju ama yg ini mas..🙂

    : hahahahaha itulah masa muda

    Posted by Tepoe | 14 Desember 2010, 16:42
  6. salut…
    kita memang harus tetap optimis dalam setiap hal dan tentu saja harus dibarengi dengan usaha yang sungguh sungguh dan tetap semangat

    : setuju bang…..

    Posted by bang zul | 14 Desember 2010, 16:52
  7. mmm…jadi di Bandung akhirnya sekolah di sekolah kedinasan ya Om?

    saya tunggu lanjutan ceritanya.

    : yang jelas bukan dibandung mas….sip tunggu aja

    Posted by mawi wijna | 14 Desember 2010, 23:37
  8. angkatan berapa sih kang? sudah ikutan milis alumni?

    : hehehe mas..ceritanya kan belum selesai yang keterima pun belum tentu saya hehehehe ….. :I

    Posted by ali | 16 Desember 2010, 06:53
  9. Hahaha….itulah pelajaran hidup dalam kehidupan nyata,
    banyak kita temui sigembel yg berhati elit, simiskin yg dermawan, lahir dikampung tak berarti kampungan, tingkat sekolah rendah tapi tak rendahan, tak berpendidikan tapi terdidik, begitupun sebaliknya.
    Wajar kalo banyak yg “memandang sebelah mata”.
    Kini lah saatnya…tancapkan tiang yg kokoh dan kibarkan bendera milikmu kawan !

    “…Salam Do’a Sukses buat Omiyan..”

    : satu yang ga bisa lupa dari ente de … saat ente ngasih duit buat ane kalau ga salah buat bekel ke Bandung … ganyangka bro ente perduli dikala temen susah…tapi saya sendiri belum bsia bales

    Posted by Dede Glx | 22 Desember 2010, 16:03
  10. KoLesom Enak Atuh

    Posted by Azhari | 24 Maret 2016, 20:09

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Sebuah Perubahan …. « Blognya Omiyan - 15 Desember 2010

  2. Ping-balik: Kutapaki Masa Depan Itu Dengan Stress ….. « Blognya Omiyan - 17 Desember 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,466,003 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: