Tak Berkategori

Kutapaki Masa Depan Itu Dengan Stress …..


Sebuah nomor telpon aku tekan dan terdengar seorang sahabat yaitu kang maman yang mengankatnya …..

Halo kang pha kabar sehat …, dah ada pengumuman belum ? “

Ya yan..sehat…., ya dah ada dan  yang keterima di SXXXXXX cuman satu orang … dari kalian bertiga

Aku terdiam rasa sedih bergelanyut dihati, karena yang jelas 2 orang akan berpisah …

Siapa yang keterima kang …. “

Sebaiknya sekarang kamu sujud Syukur yan, karena kamu yang keterima sedangkan udin dan sajum ga ……

Makasiihhhh banyak kang ….

Tahu perasaan apa yang berkecamuk saat itu …tak lain adalah perasaan gembira tiada tara, disini aku menangis bahagia tak menyangka rencana Tuhan sudah sejauh ini (saat menulis inipun mata aku berkaca-kaca) karena seorang lelaki dengan rambut gondrong, yang pernah doyan miras pernah ngelinting juga masih bisa diterima disebuah Kampus untuk sebuah kata KULIAH!!.

Ternyata doa dan optimisme ibu yang begitu kuat jadi kenyataan.

Akhirnya aku segera menyusul ibu yang kebetulan sedang berada dirumah kakek untuk memberitahukan kabar ini, ketika bertemu beliau aku memeluknya dan menangis…Beliau kaget setelah aku jelaskan kenapa Ibupun menangis tak menyangka.

Berita diterimanya aku di Sekolah tersebut tidak hanya disambut gembira oleh ibu dan saudaraku tapi ternyata disambut gembira juga oleh temen-temen dikampung mereka tidak menyangka  temen nongrongnya lulus ujian (halahhh) walau aku hanya diterima di program Diploma tapi mereka tahu tak mudah masuk kesana, bahkan tetangga aku ada memberikan aku hadiah uang dan bahan celana ….(hhmmm :D)

Kegembiraan yang aku dapatkan harus berganti dengan kebimbangan karena harus memikirkan biaya hidup selama disana.

Aku sempat bicarakan dengan ibu jika memang biayanya ga ada,  aku bermaksud mengundurkan diri tapi sekarang ibu ngotot untuk tetap lanjut dan jawaban beliau …

” Kamu tenang aja cep….mamah masih punya tanah warisan nanti dijual aja …. “

” Tapi mah ….. kan akung banget … “

” Ga apa-apa ….. “

Tapi aku tetap pesimis karena tanah yang diwarisin ke ibuku tak seberapa dan itu ga akan cukup namun Tuhan memberikan jalan ternyata kakakku yang berada di Jakarta menyanggupi membantu biaya selama kuliah walapun tidak besar.

Akhrnya sesuatu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya hinggap dikehidupanku, yaitu KULIAH …… kata KULIAH membuat aku seperti terbang ke awan hayalan yang menjadi kenyataan walau ketika aku menjalaninya lebih banyak stressnya jauh dari bayangan jika kuliah akan lebih fun bahkan  lebih parah ketika aku menimba ilmu di SMK.

Faktor terlalu lama mengganggur dan kebiasaan waktu buat main yang banyak membuat aku  kaget dalam penyesuaian dengan zona yang harus dijalani yaitu berganti dengan jam-jam belajar dan menghapal ….. seperti besi yang tumpul dan sudah karatan akan begitu susah untuk dibuat tajam.

Pengalaman yang terkadang membuat aku tertawa sendiri sampai sekarang adalah ketika harus mempersiapkan waktu buat ujian, sudah bisa dipastikan stress selalu melanda dan unjung-ujung aku sakit itu sudah menjadi hal rutin heheheheh setiap mau ujian.

Lainnya adalah aku harus berhemat dengan uang Rp. 50.000 (lima puluh ribu) ditahun 1998-1999 untuk jatah satu minggu, bisa dibayangkan makanpun harus alakadarnya dan untuk membeli sebungkus rokok aku selalu menyisihkan uang sekedar ditabung.

Karena saking ngirintnya aku saat itu, pernah ketika orang tua datang mengirimkan satu duz mie, maka setiap pagi siang dan sore aku selalu makan mie instan tersebut hingga aku hampir terkena penyakit kuning hahahahahaha.

Yang jelas masa-masa dikampus ini seperti membuka cakrawala baru buat aku jika kita hanya jadi penonton selamanya kita akan jadi penonton yang cuman bisa ngomong, teriak tapi tak berbuat sesuatu. Disini aku harus bersaing dengan puluhan orang yang mempunyai IQ diatas standar rata-rata tapi dengan sedikit keberuntungan yang masih aku miliki ternyata aku mampu melewatinya dan pola hidup yang teratur sepertinya membentuk aku untuk lebih menghargai waktu, uang, perjuangan dan doa dari orang-orang yang begitu sayank dengan kita.

Satu hikmah yang aku dapatkan dari perjalanan kali ini adalah :

Jangan pernah takut untuk bisa bersaing dengan orang-orang yang lebih pintar /hebat dari kita justru kita bisa menimba ilmu sekaligus menunjukkan bahwa dengan kemampuan yang kita miliki kita bisa melewati tahapan yang terkadang kita anggap sulit.

Tulisan ini aku dedikasikan buat seorang wanita yang begitu telaten berpuasa selama seminggu untuk kehidupan aku yang lebih baik ……..dan untuk kakak perempuanku yang menjadi tumpuan hidup, dan sebuah cinta perbedaan agama yang aku temukan dikampus (untuk sambungan dari cerita ini).

————— 00 —————

Kisah ini hadir untuk menyambut akhir Tahun 2010 dan jelang Milad ke-32, kisah sebelumnya :

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

9 thoughts on “Kutapaki Masa Depan Itu Dengan Stress …..

  1. Senengnya bisa merasakan bangku KULIAH meski harus terus berjuang dalam kesederhanaan. Memang bener juga, kuliah bukan berarti buang buang uang..😀

    : hehehehe ya dunk mas…..kasihan yang nyari duit

    Posted by Vyan RH | 17 Desember 2010, 03:48
  2. aku pernah alami itu, dari 11 orang keterima 4 dan disortir lagi menjadi 1.
    alhamdulillah aku lah orang itu, sayang sekali… mungkin sifat bosenan aku (template 1 bulan ini aja aku ganti3 kali.. hehehehe) atau mau cari yang lebih baik, aku ngga lama disana, dan memutuskan untuk mengundurkan diri

    : sangat disayangkan mas, padahal perjuangannya cukup lumayan begitupun persaingannya…jarang2 lho

    Posted by bang zul | 17 Desember 2010, 04:25
  3. Bener Omiyan, menuntut ilmu adalah hak semua orang.. jadi jangan takut bersaing.
    dan ilmu tak selalu harus diperoleh di bangku kuliah

    bersyukur atas kesempatan yang telah kita terima
    akupun sekolah atas perjuangan ibu
    SK PNS beliau gadaikan terus di Bank
    sampe aku lulus😀

    Alhamdulillah.

    : salam saya buat bunda dimanapun karena pengorbanan mereka yang tiada tara

    Posted by nakjaDimande | 17 Desember 2010, 06:12
  4. Masa-masa perjuangan pasti akan selalu membawa buah manis di kemudian hari. Baik perjuangan Mas Omiyan, perjuangan sang Bunda, dan perjuangan siapa saja.

    : betul mas hehe

    Posted by alamendah | 17 Desember 2010, 07:28
  5. hmmm…saya suka hikmah yg terakhir,

    saya butuh tantangan untuk bisa maju…

    Posted by mawi wijna | 17 Desember 2010, 10:48
  6. Alhamdulillah, Happy Ending… Sehingga lahirlah Om Iyan seperti yang sekarang!
    Perjuangan yang luar biasa… Proses hebat yg memberikan buanyak pelajaran hidup…😀

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    : Hahaha setiap orang pasti mengalami…malah salah satu sahabat saya yg pernah duduks ekampus bekas seorang supir Angkot kekekeke…

    Posted by Denuzz BURUNG HANTU | 17 Desember 2010, 17:46
  7. Rasa syukur pada Allah dan terimakasih kepada kedua orang tua memang harus selalu terucap dan terpatri dalam jiwa kita sebagai anak bangsa. Salam kenal…

    : yup maz…salm kenal juga

    Posted by Lalu Abdul Aziz Mhd | 17 Desember 2010, 18:26
  8. motivasi adalah satu kata yang isi hikmah yang terkandung dalam kata tersebut harus dimiliki setiap manusia, agar kuat menapaki semua jalan yang telah digariskan, betapapun itu sulitnya, tetap harus terlewati, entah itu terlewati karena waktu, ataupun karena mukzijat…

    : Betul yang harus kita ingat adalah..hari ini tidak akan kembali … jadi jangan pernah membuang masa muda dengan sesuatu yang hanya bersifat angan … tapi raih angan itu agar menjadi kenyataan

    Posted by satriani | 19 Desember 2010, 14:24
  9. sosok ibu memang tidak tergantikan …

    : betul mas

    Posted by joe | 20 Desember 2010, 02:51

Tinggalkan Balasan

twitter

  • 2,461,056 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

