Tak Berkategori

Menulislah Dengan Benar…


Membaca sebuah berita di sebuah situs yaitu detik.com yang berjudul Memalukan! Masih Ada Pegawai Pajak Belum Setor SPT.

Karena penasaran sayapun membacanya, tapi jujur selaku pembaca sekaligus seorang blogger yang terbiasa “juga” menyajikan sebuah berita rasanya terlalu berlebihan judul yang diambil Tidak Sesuai dengan isi berita yang disajikan malah terkesan LEBAY!.

Biar ga penasaran ini adalah isi berita yang saya copas dari sumbernya langsung.

Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) mengungkapkan masih ada sekitar 240 orang pegawainya yang belum melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Ditjen Pajak mengklaim masih ada pegawainya yang belum melaporkan dikarenakan berbagai faktor seperti sedang cuti, dinas luar negeri, dan melakukan studi.

Demikian disampaikan oleh oleh Kepala Subdit Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemantauan, Liberti Pandiangan dalam konferensi persnya di Gedung Pajak, Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (8/4/2011).

“Di Ditjen Pajak sudah diserahkan semuanya pada 25 Februari 2011 serentak yang menyerahkan 99,15% sudah. Sisanya karena ada yang cuti, studi, dan melakukan dinas keluar negeri,” ujar Liberti.

Seperti diketahui, jumlah pegawai pajak kurang lebih tercatat sebanyak 32.000 orang. Berarti masih ada 0,75% atau sekitar 240 pegawai pajak yang belum menyetorkan. Padahal Ditjen Pajak sendiri meminta para wajib pajak patuh untuk mengirimkan SPT sebelum 31 Maret 2011.

Ditjen Pajak mencatat jumlah penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi dan badan sampai 31 Maret 2011 mencapai 7.946.390 SPT.

Jumlah ini meningkat 30,02% dibanding pada penerimaan SPT per 31 Maret 2010 yang sebanyak 6.111.727 SPT.
(dru/dnl)

Seharusnya seorang jurnalis dalam menyajikan berita tidaklah semata-mata untuk mengejar target pembaca atau buat saya terkesan mencari sensasi sebuah tulisan, karena jika saya simak justru isi berita menunjukkan KETERBUKAAN DJP yang ingin menunjukkan jika Pegawai Pajak sudah menunjukkan kepatuhan dalam menyampaikan SPT Tahunan (silakan baca berulang-ulang isi berita tersebut !!!).

Namun entah kenapa judul yang dibuat oleh sipenulis malah terkesan bahwa angka 99,25% pegawai yang sudah memasukkan SPT Tahunan disembunyikan oleh kelalaian yang hanya 0.75% pegawai pajak yang belum menyampaikan SPT Tahunan.

Sekali lagi buat saya tidak adakah judul berita yang lebih pantas ditampilkan selain judul berita tadi yang berjudul Memalukan! Masih Ada Pegawai Pajak Belum Setor SPT.

Saya hanya berharap mari kita sajikan berita itu yang benar, berimbang dan proposional. Jangan sampai berita yang dibuat hanya untuk menggiring opini yang jelek terhadap sebuah institusi.

Dan sekali  lagi…. tolong perhatikan kata DISETOR seperti yang tertera di judul berita menunjukan penulis tidak memahami dengan apa yang ada diisi berita, karena isi berita menunjukkan kata MELAPORKAN, jadi sedikit saya perjelas kalau ada kata DISETOR biasanya lebih kepada sejumlah uang yang dibayarkan ke Bank atau Kantor Pos, sedangkan kata MELAPORKAN menunjukkan hanya menyampaikan sebuah berkas dan disini yaitu SPT Tahunan.

Semoga berkenan.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

12 thoughts on “Menulislah Dengan Benar…

  1. Katanya worst news is best news buat sebagian seseorang..
    Kita yang baca juga harus netral membacanya..

    Posted by giewahyudi | 9 April 2011, 03:14
  2. kebebasan pers, menjadikan pers seperti suara Tuhan…. kadang malah kebablasan dan entah tendensinya pun sudah tidak objektif lagi om… nice critics

    Posted by masichang | 9 April 2011, 13:34
  3. Wah, kalau di halaman muka yahoo.com lebih parah lagi mas..🙂

    Posted by Johnny Wirjosandjojo | 9 April 2011, 22:12
  4. Sekarang ini karena persaingan di dunia media berlomba menyajikan berita dengan berbagaicara meskipun kadang berlebihan dan kadang tidak akurat, dan bila ada yang protes mereka akan berdalih sekarang jamannya kebebasan pers…

    Posted by susisetya | 10 April 2011, 02:25
  5. sering kali menemukan yang mirip seperti ini, judulnya lebay dan bikin kita yang baca sudah memvonis negatif duluan tapi setelah dibaca baik-baik ternyata isinya malah tidak sesuai dengan judulnya. niatnya mau menarik perhatian pembaca tapi jadinya malah ngak bagus

    Posted by orange float | 10 April 2011, 07:20
  6. Dan yang gawatnya saya sering menemukan kawan-kawan yang menruskan link-link berita tersebut lewat fb maupun tweeter dengan nada yang sama negatifnya. Padahal kalau mau diteliti mereka-mereka itu juga cuma baca judul.

    Posted by bukan detikcom | 10 April 2011, 20:00
  7. itu baru beritanya mas, belum komen2-nya, mengerikan.santun berbahasa sepertinya dilupakan di sebagian pengguna internet.

    Posted by wuriantos | 14 April 2011, 15:26
  8. Wow! Your site has quite a few comments. How did you get all of these viewers to look at your blog I’m jealous! I’m still studying all about article writing on the net. I’m going to click on more articles on your blog to get a better idea how to achieve success. Thanks for the help!

    Posted by Season Glendenning | 16 April 2011, 19:59
  9. Incredible! Your post has quite a few comments. How did you get all of these readers to view your article I’m very jealous! I’m still studying all about blogs on the net. I’m going to view pages on your website to get a better understanding how to attract more people. Thanks!

    Posted by Debroah Vonner | 16 April 2011, 20:14
  10. Himbauan ini untuk wajib pajak jadi pegawai pajak tidak termasuk.

    Posted by SEO,backlink | 25 April 2011, 06:21
  11. namanya kejar tayang gan, biasanya yang jelek aja yang di munculkan

    Posted by free backlink | 25 April 2011, 06:23
  12. Sulit mencari media yang benar-benar netral, apalagi mayoritas media massa skrg dibawah kendali petinggi politik.

    Posted by jendelaopini | 9 Oktober 2014, 12:41

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,461,813 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: