Berbagi Ilmu

Tips Microsoft Excel : Membuat List Combo Box Berubah Otomatis


Biasanya List Combo Box dibuat untuk membuat pilihan atas data yang sedang kita cari, nah untuk tips kali ini List Combo Box selain untuk menampilkan pilihan yang sedang dicari juga untuk mengubah List Combo Box itu sendiri.

Bingung dengan pernyataan diatas, jadi ide menulis postingan ini saya dapat dari pertanyaan sahabat di Fordiser internal yaitu seperti ini :

klo buat combo box bertingkat di excel bisa gak Pak?
contoh: list combo box pertama: 1. Angka 2. Huruf.

List combo box kedua:
klo pilih combo box pertama 1. Angka: 1,2,3
klo pilih combo box pertama 2. Huruf: A,B,C

terima kasih

Saya sendiri tadinya agak bingung dan setelah semalam sebelum tidur dapat ide jawabannya maka hasilnya adalah seperti dibawah ini….eeeiiittt tapi kalau cara saya dibilang ngelantur saya mohon maaf karena ini adalah cara yang saya temukan….

Yuk kita mulai

– Anggaplah List Combo box pertama berada di Cell B15 dan List Combo Box kedua ada di Cell C15.

– Coba sekarang buat di sembarang cell atau di Cell F1 : Huruf dan Cell F2 : Angka

– Arahkan Kursor di Cell B15, selanjutnya Klik Tab Data dan di Data Tools pilih Data Validations lalu pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini arahkan ke Cell yang ada tulisan Huruf dan Angka.

– Arahkan Kursor di Cell C15, selanjutnya Klik Tab Data dan di Data Tools pilih Data Validations lalu pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini arahkan ke Cell A1 s.d Cell A10.

Mungkin muncul pertanyaan point terakhir tujuannya apa diarahkan ke Cell A1 s.d A10, jadi disini anggaplah untuk sumber data List Combo Box kedua ada di Cell tersebut. Dan caranya adalah :

– Di Cell A1 buatlah rumus : =IF(Sheet1!$B$15=”Angka“,1,”A“)

– Di Cell A2 buatlah rumus : =IF(Sheet1!$B$15=”Angka“,A1+1,”B“)

– Untuk selanjutnya rumus diatas kamu copy paste sampai Cell A10, tapi dengan catatan ganti huruf B dengan huruf selanjutnya yaitu C, D ….J, sedangkan yang sebelumnya A1+1 (perhatikan rumus diatas) tidak usah diubah karena akan dengan sendirinya berubah.

– Sekarang coba lihat apa yang ada di Cell B15 dan C15, ketika di Cell B15 dipilih Angka maka Cell 15 akan muncul List 1,2,3…. begitupun ketika pilihan kita pilih Huruf maka yang akan muncul di Cell C15 adalah A, B, C …..

Jika ada tips lain untuk cara ini yang lebih simple saya tunggu karena itu yang saya harapkan agar kita bisa berbagi nantinya.

Dan Alhamdulillahnya juga barusan seorang temen memberi cara lain untuk hasil yang sama…… Jadi disini kita sudah menentukan Huruf dan angkanya itu sendiri….

– Di Cell B1 sampai dengan Cell B10 tulis huruf A sampai J dan di Cell C1 sampai Cell C10 tulis angka 1 sampai 10.

– Arahkan Kursor di Cell C15, selanjutnya Klik Tab Data dan di Data Tools pilih Data Validations lalu pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini dan ketik rumus : =IF($B15$=”Huruf”,$B$1:$B$10,$C$1:$C$10)

– Untuk hasilnya silakan dicoba

Dan nantikan sebuah selanjutnya Tips tentang memunculkan Detail Sebuah Data Pencarian …..

Salam……

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

16 thoughts on “Tips Microsoft Excel : Membuat List Combo Box Berubah Otomatis

  1. Yeah… belum lama ini saya dapat tugas kantor buat database dari excel, termasuk juga membuat filter data dengan multi drop -down seperti itu. setelah berpusing ria mencoba-coba, akhirnya dapet juga solusinya. Ternyata simpel kok. Dan caranya agak berbeda dengan yang di jelaskan di atas.
    Hemm.. Apa perlu saya jelaskan di kolom komentar ini…
    deuh..🙂

    Posted by Masyhury | 7 Juli 2011, 07:47
  2. Kalau yang saya sajikan hanya untuk di menu pencarian …. kalau kita langsung ke sumber datanya bisa dengan cara yang mas buat nantinya…..tanpa perlu membuat menu pencarian terlebih dulu ….

    tipsnya ditulis aja mas di blognya nanti aksih link kesini ok

    Posted by omiyan | 7 Juli 2011, 07:52
  3. Wah belum pernah bikin yang kayak gini, Om..
    Nanti saya belajar deh..

    Posted by gierwahyudi | 8 Juli 2011, 02:51
  4. Perlu di coba tw,,,🙂

    Posted by Rumah Dijual | 8 Juli 2011, 08:11
  5. nice share..
    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.hajarabis.com
    sukses selalu!!

    Posted by hajarabis | 8 Juli 2011, 09:14
  6. Sudah berhasil saya buat mas. tapi eh combo box dan drop down list itu beda ya?
    tadi saya liat di wiki ternyata beda.. hufft..😆

    Posted by Masyhury | 8 Juli 2011, 10:42
  7. Combo box ketika kita klik tanda seperti panah bawah maka akan kelihatan pilihan data, kalau drop down atau list box pilihan atas bawah istilahnya saya jg lupa lagi

    Posted by Omiyan | 8 Juli 2011, 15:24
  8. Sangata bermanfaat.

    Posted by Irfan Handi | 16 Agustus 2011, 12:47
  9. saya susah mencobanya gimna donk??,,trima ksh

    Posted by alphasudirman | 17 Agustus 2011, 00:04
  10. bagai mana jika data untuk referal ? seumpama aman memiliki referal 3 yaitu amin,ani,soso bagaimana memunculkan mereka semua pada saat kita klik di combo aman ? mohon bantuannya
    bayyu@live.com

    Posted by bayu | 25 November 2011, 16:35
  11. merujuk pada pertanyaan :
    klo buat combo box bertingkat di excel bisa gak Pak?
    contoh: list combo box pertama: 1. Angka 2. Huruf.

    List combo box kedua:
    klo pilih combo box pertama 1. Angka: 1,2,3
    klo pilih combo box pertama 2. Huruf: A,B,C

    tetapi referensinya tidak dalam satu sheet, tetapi beda sheet.
    contoh: list combo box pertama: 1. Angka 2. Huruf.

    ketika list combo box pertama diubah datanya maka List combo box kedua:akan berubah secara otomatis, namun data yang diambil yaitu yang ada pada sheet 2

    klo pilih combo box pertama 1. Angka: 1,2,3
    klo pilih combo box pertama 2. Huruf: A,B,C

    terima kasih

    Omiyan : Bisa

    Posted by engga | 10 Mei 2012, 21:10
  12. Om…gmn ya menampilkan data di combo box biar beurutan dari A-Z ato Z-A. Mohon infonya dong…thx…

    Posted by mc_duick | 19 September 2012, 20:41
  13. Setelah dicoba2 ternyata bisa … dan mungkin sedikit lebih mudah
    Saya ambil sampel 3 kecamatan di kab bantul

    SRANDAKAN SANDEN KRETEK
    poncosari gadingsari tirtohargo
    trimurti gadingharjo parangtritis
    srigading donotirto
    murtigading tirtosari
    tirtomulyo

    buat “name a range” KECAMATAN berisi (srandakan,sanden,kretek)
    buat “name a range” K_SRANDAKAN berisi (poncosari,trimurti)
    buat “name a range” K_SANDEN berisi (gadingsari ………..murtigading)
    buat “name a range” K_KRETEK berisi (tirtohargo … sd … tirtomulyo )

    untuk isian KECAMATAN —> pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini dan ketik rumus : =KECAMATAN
    untuk isian DESA —> pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini dan ketik rumus : =IF(B4=”SRANDAKAN”;K_SRANDAKAN;IF(B4=”SANDEN”;K_SANDEN;K_KRETEK))

    Catatan :
    1. kalau banyak kecamatan dan desa tinggal memperpanjang fungsi IF nya
    2. asumsi isian kecamatan ada di shell B4
    3. jika ada nama dukuh dimasing2 desa tinggal menyesuaikan lagi
    4. cara membuat range —> blok nama kec/desa lalu klik kanan, pilih “name a range” lalu masukkan namanya

    Posted by yoens | 24 Oktober 2013, 15:57
  14. maaf saya perbaiki dikit

    Setelah dicoba2 ternyata bisa … dan mungkin sedikit lebih mudah
    Saya ambil sampel 3 kecamatan di kab bantul (Srandakan,sanden dan kretek)
    SRANDAKAN…….SANDEN……… KRETEK
    poncosari ——— gadingsari ——-tirtohargo
    trimurti ————-gadingharjo—— parangtritis
    ———————–srigading ———donotirto
    ———————–murtigading —–tirtosari
    ———————————————tirtomulyo

    LANGKAH 1 : buat nama masing2 range kecamatan maupun desa
    buat “name a range ” KECAMATAN berisi (srandakan,sanden,kretek)
    buat “name a range ” K_SRANDAKAN berisi (poncosari,trimurti)
    buat “name a range ” K_SANDEN berisi (gadingsari ………..murtigading)
    buat “name a range ” K_KRETEK berisi (tirtohargo … sd … tirtomulyo )

    LANGKAH 2 : masukkan fungsi ke Data Validation
    a. untuk isian KECAMATAN —> pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini dan ketik fungsi =KECAMATAN
    b. untuk isian DESA —> pilih Data Validations lalu di Allow ganti dengan List dan akan muncul Source disini dan ketik fungsi =IF(B4=”SRANDAKAN”;K_SRANDAKAN;IF(B4=”SANDEN”;K_SANDEN;K_KRETEK))

    Catatan :
    1. kalau banyak kecamatan dan desa tinggal memperpanjang fungsi IF nya
    2. asumsi isian kecamatan ada di shell B4
    3. jika ada nama dukuh dimasing2 desa tinggal menyesuaikan lagi
    4. cara membuat range —> blok nama kec/desa lalu klik kanan, pilih “name a range” lalu masukkan namanya

    Posted by yoens | 24 Oktober 2013, 17:42

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Mudah Buat Multi Drop Down List Database Excel | Catatan Masyhury - 8 Juli 2011

  2. Ping-balik: dropDown list | Ramawan's Blog - 29 Juni 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,464,039 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: