Berbagi Ilmu

Tips Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk (2)


Bungaliani.com – Jika anda langsung menemukan tulisan ini disarankan untuk membaca postingan sebelumnya yang berjudul Tips Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk (1), hal ini guna memudahkan pemahaman dipelajaran selanjutnya sehingga tidak membingungkan para pembaca sekalian.

Dipostingan pertama kita sudah membahas tentang 2 (dua) hal yaitu :

I. Mengimport Data Excel ke Acces
II. Membuat Form

Dalam bahasan terakhir tentang pembuatan Form, maka dipostingan kali ini kita akan mengkhususkan untuk memodifikasi Multiple Items Form. Kenapa mengkhususkan memodifikasi Multiple Items Form karena disini kita akan mendesign sebuah tampilan form agar lebih enak dipandang mata selain itu tata letak kolom isian akan memberikan ruang ketika adanya tambahan data.

Yuk tak perlu berlama-lama sekarang kita akan memasuki ke tahap selanjutnya yaitu :

III. Menggunakan Control Rectangle

Untuk memulainya silakan buka aplikasi surat.accdb dimana didalamnya sudah terdapat tabel surat masuk yang dengan nama Tblsuratmasuk ditambah adanya 3 form contoh isian tabel, yaitu :

Tblsuratmasuk FORM

Tblsuratmasuk Split Form

Tblsuratmasuk Multiple Items

Sekarang copy Tblsuratmasuk Multiple Items kemudian rename menjadi Form Surat Masuk selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Klik kanan Form Surat Masuk kemudian klik Design View,

2. Arahkan cursor tepat disamping kata No (klik kiri) sehingga baris dan kolom secara otomatis ke blok semua, jika kalian bingung perhatikan gambar dibawah ini :

 

3. Setelah itu hapus semua baris dan kolom yang sudah terblok tersebut.

4. Ubahlah ukuran Form dengan menarik Form ke angka 11.

5. Tepat diatas tulisan  Form Footer arahkan cursor sehingga membentuk tanda plus dengan tanda panah bawah dan atas, klik kiri tahan selanjutnya tarik kebawah sampai diangka 5 (perhatikan angka yang muncul disamping kiri), ruang yang ada akan menjadi tempat kita menyimpan kolom isian Form.

6. Tepat dibawah tulisan Form Footer arahkan cursor sehingga membentuk tanda plus dengan tanda panah bawah dan atas, tahan mouse kemudian tarik sebanyak 3 strip (perhatikan gambar dibawah ini) :

Tujuannya kita membuat Form Footer untuk membuat semacam Credit Point atas Form yang kita buat, semacam Design by. xxxxxxx.

7. Dan selanjutnya adalah kita menggunakan Rectangel yang berada di Tab Controls, perhatikan gambar :

8. Klik kiri lalu kita tempatkan Rectangel ini di bawah Detail untuk panjang dan lebar silakan tentukan sesuai kebutuhan Form, perhatikan munculnya Properties Sheet saran penulis untuk ukuran tinggi dan lebar adalah Height 3.4167 dan Width 7, Back Style ubah menjadi Normal, Back Color ubah menjad Text Light.

9. Untuk pembuktian hasilnya klik View yang berada dipojok kiri atas, dan hasilnya adalah :

Buat yang jago access pasti akan bertanya, kok ribet banget sih untuk sekedar bikin Form. Berdasarkan pengalaman yang penulis alami ketika belajar access terutama dalam membuat sebuah aplikasi tentunya kita menginginkan sebuah tampilan yang ga ngebosenin dan enak dipandang mata dan perlu diingat pula untuk postingan selanjutnya akan muncul tabel baru dan ini akan sangat berpengaruh terhadap Form yang kita buat.

Unduh Contoh Aplikasi

Bersambung …..

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

9 thoughts on “Tips Access : Membuat Aplikasi Surat Masuk (2)

  1. Pertamax…. makin mantaf aja om iyan ini yah…😀

    Posted by Kade | 27 Februari 2012, 13:33
  2. ditunggu segera sambungannya Om…

    Posted by andry begenk | 27 Februari 2012, 14:06
  3. Terimakasih atas ilmu pelengkapnya, dan ditunggu kelanjutannya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    Posted by Ejawantah's Blog | 27 Februari 2012, 21:10
  4. Trima kasih.. Tips nya artikel anda sangat membantu…

    Posted by Umam Aja | 29 Februari 2012, 10:19
  5. thankz info nya
    mungkin kta bisa b’tukar info d web kmi http://unsri.ac.id

    Posted by ambar | 14 Maret 2012, 15:00
  6. sukses selalu aja bossssssss

    Posted by obat herbal kanker kelejar getah bening | 18 Maret 2012, 19:03
  7. kalo di tempat kerja saya surat masuk dan keluar diarsipkan dalam satu buku. sehingga surat yang datang dan pergi selalu terdeteksi. menurut saya itu lebih bagus dan efektif.

    Omiyan : Betul mas, tapi kita membuat semacam shorcut terutama ketika membuat sebuah disposisi, kebayang kan kalau surat dalam satu hari masuk sampai 20 dan itu harus didisposisikan, di era serba digital pembuatan aplikasi surat masuk di Access sangatlah membantu karena akak memberikan waktu yang simple, dan ketika masa waktu sudah lewat kita tinggal mencetaknya sesuai format buku …. terbukti mas karena saya sudah melakoninya selain hemat waktu juga tempat

    Untuk kantor tertentu terkadang ada permintaan data untuk perjenis surat asal pengirim, tujuan disposisi, kebayang kalau kita pakai manual sedangkan yang kita hitung adalah 1 tahun, tapi dengan aplikasi sederhana di access itu bisa kita buat semudah mungkin …

    saran saya terbuka dengan teknologi dalam memangkas waktu … dan tempat penyimpanan

    Posted by rifaie27 | 26 Maret 2012, 11:28
  8. bisa di berikan contoh pembuatan aplikasi perpustakaan dengan accsess..
    terima kasih

    Posted by Haidar | 11 April 2012, 17:50
  9. halo bro mksh ya ga sgaja blajar download ee kya kenal sma foto ni heeee

    Posted by siswanto | 7 Juli 2013, 16:18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,465,694 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: