Sekedar Celoteh

Mengejarmu Bak Mengejar Burung Merpati


Diantara burung yang terlihat jinak tetapi ketika akan dipegang tiba-tiba terbang itulah burung Merpati, terlihat cuek dan acuh tak acuh ketika kita lewat tetapi ketika dia tahu diperhatikan dan akan didekati maka secara otomatis dia akan terbang menjauh setinggi mungkin.

Begitupun dengan mengejar seorang Wajib Pajak …..

Alhamdulillah mungkin ini tulisan ke-2 di tahun 2013 bahkan bisa dibilang dipenghujung tahun hahaha, setelah rasa malah menghinggapi dan menguasai seluruh persendian raga menulis akhirnya bisa menulis sebuah tulisan yang mungkin bisa dibilang bertema #PajakGalau tapi dalam artian non serius yah.

Banyak orang bilang menjadi pegawai pajak itu menyenangkan, maka akan saya bilang YA SANGAT MENYENANGKAN yang kata orang penghasilannya lebih guede dari PNS lainnya, kalau menurut saya justru pegawai pajak penghasilannya biasa-biasa saja malah dibilang cukup dan jika dibandingkan dengan PNS lain maka terkadang lebih kecil percaya ga percaya silakan anda perhatikan dilingkungan anda sendiri.

Tapi kita ga usaha membahas itu karena akan jadi keributan nantinya, kisah saya ini adalah berbagi sebuah pengalaman menjadi seorang ujung tombak di KPP (istilahnya begitu), ya menjadi seorang Account Representative itu menyenangkan dan tidak menyenangkan, menyenangkan tatkala kita bisa memberikan informasi kepada WP dan mereka akhirnya sadar dan mau memenuhi kewajibannya sebagai Wajib Paja (selanjutnya kita singkat menjadi WP). Tidak menyenangkannya tatkala ketika kita sudah menghimbau dengan himbauan ke-1 yang dilanjut himbauan ke-2 dikarenakan tidak ada respon dari WP yang selanjutnya kita buat undangan konselling atau kalau perlu kita visit WP tersebut yang terkadang kita tidak menemukan WP tersebut dengan alasan keluar kota pastinya pemirsa bisa membaca apa yang ada di dada petugas tersebut.

Terlepas dari semua itu, menjadi seorang AR memang dituntut begitu sempurna dimata seorang WP terutama ketika mereka menanyakan berbagai hal yang menyangkut perpajakan, satu hal yang memang selalu saya titipkan kepada WP yang berada diwilayah saya adalah…

Manfaatk Account Representative (AR) dalam hal yang berhubungan dengan perpajakan …

Namun ternyata dilapangan masih banyak yang ketakutan karena minimnya informasi yang diterima diperparah dengan adanya oknum-oknum yang mengaku sebagai konsultan pajak, dan itu memang terjadi dimana-mana banyak oknum yang mengaku mampu mengurusi masalah pajak yang ujung-ujungnya ketika terjadi himbauan dikarenakan adanya data yang ga match akhirnya WP berkilah dikarenakan kurang sosialisasi atau berbagai macam alasan lainnya, padahal pengurusan perpajakan wp tersebut justru diurusi oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab bukan oleh WP tersebut.

Pengalaman yang pernah saya alami adalah ketika mendatangi WP dalam rangka tugas kantor belum apa-apa sudah keluar kata ….

Gayus nih … atau Gayus Dunk Pak …

Marah dikatakan tersebut, tidak malah kita bilang sekarang Gayus udah pindah kerja pak diinstansi lain… hehehehe.

Ada sebuah tulisan yang pernah saya buat di internal institusi saya bekerja, yang isinya kenapa kita tidak membuat sebuah WISATA PAJAK dimana kita mengajak ke masyarakat awam untuk mengenal pajak seperti apa, bagaimana kondisi kita dilapangan, bagaimana ketika kita bertugas dilapangan, dan sebaiknya juga masyarakat tahu kendaraan model apa yang kita gunakan ketika bertugas, mungkin banyak menyangka bahwa kendaraan dinas orang pajak pastinya mewah justru seandainya jika masyarakat tahu pastinya akan keluar kata …

Masa sih yang nyari duit kendaraan dinasnya seperti ini …

Namun pengalaman yang paling “menyenangkan” yang diterima oleh temen-temen AR lainnya adalah ketika mereka pertama kali sampai ke tempat WP belum apa-apa WP tersebut sudah menelpon Suaminya dan mengatakan ….

Ada orang pajak nih marah-marah ….

Hehehe ketika saya tanya temen tersebut, memang WP nya siapa … dia bilang ya maklum suaminya “Wakil Rakyat”.

Yang selalu saya harapkan dari masyarakat adalah siapapun pastinya tidak akan ada yang mau membayar pajak secara ikhlas tapi perlu diingat beberapa hal berikut ini :

  1. Uang pajak itu masuk ke kas negara, pastinya WP yang memang membayar pajak selalu bayar pajak ke Bank/Pos yang sudah ditentukan, jika masih menitipkan uang pajak ke oknum pajak berarti dua-duanya memang bermasalah.
  2. Jangan pernah mengurusi masalah perpajakan kepada oknum konsultan pajak, kalau memang resmi itu ga apa-apa tetapi kalau sekdar konsultan kadal yan janganlah.
  3. Uang pajak nantinya masuk ke APBN/APBD, dan dari sanalah bagaimana setiap instansi mengadakan proyek/lelang untuk kegiatan Insfrastuktur masyarakat seperti jalan, bangunan dan yang lainnya artinya uang uang digunakan untuk itu adalah uang pajak.
  4. Kalau masih ada pengusaha yang keberatan bayar pajak saya cuman bisa bilang dia itu penjahat/pengkhianat tahu kenapa giliran ada proyek maunya menang giliran dipotong/dipungut pajak malah ga mau dan yang terjadi info-info yanf memutar balikan fakta dilapangan tentang pajak.
  5. Buat temen-temen PNS lainnya, saya teringat seorang tetangga yang kebetulan seorang PNS dari instansi “hukum” yang tiba-tiba berkata, kita cape-cape kerja eh orang pajak seenaknya motong pajak …. hehehe perlu diingat pajak para PNS itu Ditanggung Pemerintah. Jadi kalau masih ada yang berkata tersebut ya saya cuman bisa bilang … nah lho gaji, tunjangan itu kan kompenen uang pajak semua …. terus …. hehehe masalah buat lho wkwkwkwkw.
  6. Terkahir manfaatkanlah AR dalam setiap permasalahan perpajakan soalnya gratis xixixi.
  7. Jika masih kesulitan kenapa ga manfaatkan 500200.

Dah ah gitu aja yang jelas bekerja diinstitusi ini senang dan tidak senang, senangnya kami masih diajarkan terus untuk tidak berkhianat kepada negara terutama dituntut mengubah diri menjadi baik dan lebih baik, tidak senangnya yaitu masih banyaknya stigma negatif tentang kami dan yang lebih parah adalah …

Jika punya “sesuatu” selalu ada embel-embel … wih pajak … gayus tuh …. Giliran ga punya “sesuatu” .. masa sih orang pajak ga punya ….

Xixixixi dah ah selanjutnya Insya Allah saya akan menbahas tentang Tips Excel Menjumlahkan nilai dengan Tanggal, Bulan dan Tahun.

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

10 thoughts on “Mengejarmu Bak Mengejar Burung Merpati

  1. terlalu sensiif nih berbicara pajak di era sekarang😀

    Posted by baju anak muslim perempuan | 23 Januari 2014, 06:17
  2. Coba kayak di arab ya gak ada pajak

    Posted by sule | 23 Januari 2014, 12:24
  3. orang bijak taat bayar pajak,orang pintar ambil uang pajak..orang,,kata orang seperti itu.tapi semoga negeriku ini bisabangkit dari kerakusan manusia manusia korup yang menutupi kebaikan kaum kecil dan pemimpin yang adil

    Posted by Rahasia Cantik dan Ganteng Orang Asia | 23 Februari 2014, 15:53
  4. sanga sulit kah mas ??🙂

    Posted by steve | 3 Maret 2014, 08:21
  5. Teman2, sekalian, buat yang pengen usaha gratis, laptop, gadget, dan sebagainya, silakan kunjungi http://belanja01.blogspot.com

    Kalau yang pengen bisnis bisa kunjungi http://belanja01.blogspot.com/p/blog-page.html

    Posted by Louhilton | 17 April 2014, 11:15
  6. ya nih gan jadi males bayar pajak, bayangin itu masih satu departemen aja yaitu perpajakan, belum departemen laen tiap ada proyek dikit ibaratnya “banca’an ” dana tu pada dibagi-bagi, kalo gini kapan indonesia bisa maju ? ,

    Posted by arif keanu | 29 April 2014, 04:55
  7. gabung dong

    Posted by selena | 5 Juni 2014, 18:44
  8. hehehe, ulasannya gokil tapi mendidik. jadi terinspirasi saya untuk menulis seputar cerdiknya gayus

    Posted by Sarjoni | 21 Juni 2014, 05:53
  9. ok tq gan

    Posted by audio haji | 15 September 2014, 09:36
  10. Satu hal yang bikin bingung di republik ini adalah yang bayar pajak juga bayar zakat, mesti ada pengecualian.

    Posted by jendelaopini | 9 Oktober 2014, 12:37

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,465,988 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: