Seputar Pajak

Tips Mengatasi Lupa Username atau Password dalam Aplikasi e-Faktur


Kehadiran aplikasi e-Faktur memang menjadi fenomenal tersendiri dikalangan Wajib Pajak, banyak yang menyambut positif atas pengunaan aplikasi ini dikarenakan dengan menggunakan aplikasi e-Faktur maka memberikan rasa aman dan nyaman kepada para Wajib Pajak khususnya yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak.

Jika sebelumnya banyak terjadi penomoran Faktur Pajak yang ganda maka dengan Aplikasi e-Faktur hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

Selain itu e-Faktur merupakan penyempurnaan dari aplikasi e-SPT PPN, dimana dalam aplikasi e-SPT PPN hanya sebatas dalam pembuatan SPT Masa PPN tapi tidak mengakomodir dalam pembuatan Dokumen Faktur Pajaknya.

Adapun dasar hukum pembuatan e-Faktur adalah:

  • UU Nomor 42 TAHUN 2009 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 8 TAHUN 1983 tentang PPN Barang dan Jasa dan PPnBM,
  • PMK-151/PMK.03/2013 tentang Tata Cara Pembuatan dan Tata Cara Pembetulan atau Penggantian Faktur Pajak,
  • PER-17/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas PER-24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Prosedur Pemberitahuan Dalam Rangka Pembuatan, Tata Cara Pengisian Keterangan, Pembetulan atau Penggantian, dan Pembatalan Faktur Pajak,
  • PER-16/PJ/2014 tentang Tata Cara Pembuatan dan Pelaporan Faktur Pajak Berbentuk Eelektronik.

Selain itu terdapat latar belakang diluncurkannya e-Faktur tersebut yaitu:

  • Wajib Pajak non PKP yang menerbitkan faktur pajak padahal tidak berhak menerbitkan faktur pajak, hal inilah yang sering merugikan Wajib Pajak itu sendiri selain itu terdapat ketidakadilan bagi Wajib Pajak yang sudah dikukuhkan sebagai PKP karena dokumen PKP adalah salah satu persyaratan yang wajib ada dalam setiap tender/kegiatan di Pemerintahan Daerah.
  • Faktur pajak yang terlambat diterbitkan,
  • Faktur pajak fiktif,
  • Faktur pajak ganda,
  • Beban administrasi yang begitu besar, baik bagi DJP maupun PKP.

Dengan adanya e-Faktur jelas memberikan rasa aman dan nyaman serta beberapa keuntungan baik bagi penjual (penerbit dokumen Faktur Pajak) maupun pembeli (penerima dokumen Faktur Pajak), diantaranya :

  • Tanda tangan basah digantikan dengan tanda tangan elektronik,
  • e-Faktur tidak harus dicetak sehingga mengurangi biaya kertas, biaya cetak, dan biaya penyimpanan,
  • e-Faktur sekaligus pembuatan SPT Masa PPN,
  • Dapat meminta nomor seri faktur pajak melalui website DJP (efaktur.pajak.go.id) sehingga tidak perlu lagi datang ke KPP.

Itulah sekilas yang menjadi landasan/dasar hukum, latar belakang dan keuntungan atas hadirnya e-Faktur.

Nah permasalahan yang terjadi setelah Wajib Pajak melakukan aktivasi Sertifikat Elektronik di aplikasi e-Faktur adalah sering membuat Username dan password yang cukup sulit, penulis sendiri sering menyarankan yang simple aja atau setidaknya dicatat Username dan password untuk mencegah LUPA.

Jika terjadi kelupaan perihal Username dan password ketika membuka aplikasi e-Faktur caranya adalah sebagai berikut :

  • Install dulu Sertifikat Elektronik di browser, penulis menyarankan agar menggunakan browser mozilla
    • Buka brwoser mozilla
    • Open Menu pilih Option
    • Klik Advanced lalu buka Certificates
    • Selanjutnya pilih View Certificates dan akan muncul form Certificates Manager
    • Lalu pilih Your Certificates kemudian pilih import
    • Cari Sertifikat Elektronik tersebut selanjutnya pilih dan jangan lupa masukkan Passphrase
    • Dan akan muncul pemberitahuan berhasil diinstall.
  • Setelah berhasil install Sertifikat Elektronik di browser selanjutnya buka efaktur.pajak.go.id,
  • Masukkan NPWP perusahaan tanpa tanda baca (.,-) dan masukkan Password e-Nofa,
  • dan pilih Menu Reset Aplikasi,
  • Selanjutnya akan muncul halaman permintaan reset registrasi aplikasi faktur
  • Setelah menekan tombol reset Aplikasi akan muncul form/kotak dialog dimana diminta memasukkan Kode Aktivasi Aplikasi dan password e-Nofa.
  • Selanjutnya kembali ke Menu Profile User disitu ada Kode Aktivasi Aplikasi e-Faktur Dekstop dan jangan lupa copy/dicatat,
  • Selanjutnya buka aplikasi e-Faktur

Intinya buatlah Username/Login dan Password yang mudah diingat ya…..

Kalau masih ga mudeng juga silakan hubungi Account Representative anda di wilayah kerja KPP dimana anda terdaftar sebagai Wajib Pajak.

 

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

4 thoughts on “Tips Mengatasi Lupa Username atau Password dalam Aplikasi e-Faktur

  1. thanks gan infonya😀

    Posted by dewitya | 30 Juli 2015, 18:58
  2. terima pak solusi saya bisa terpecahkan

    Posted by haris | 12 Agustus 2015, 14:56
  3. Memang masalah utama emang masalah lupa kang apalagi kl penting.. Sangat membantu..

    Posted by fendiharis | 8 April 2016, 21:04
  4. siip..makasih sharingnya

    Posted by BISNIS DARI RUMAH | 24 September 2016, 13:53

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 2,461,813 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 929 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

%d blogger menyukai ini: