Tidak Dikategorikan

e-PHTB Layanan Online Terbaik Dari Direktorat Jenderal Pajak


e-PHTB mungkin masih awam bagi masyarakat Indonesia karena memang baru diluncurkan 2 tahun sebelumnya.

e-PHTB adalah sebuah layanan secara online terkait validasi atas Pembayaran PPh Final atas pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan, dimana layanan ini bisa di akses di DJP Online khususnya bagwi masyarakat atau Wajib Pajak yang sudah mempunya efin.

Jadi biasanya bagi masyarakat yang sudah melakukan transaksi tanah khususnya bagi penjual yang melakukan pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan mempunyai kewajiban untuk menyetorkan pajak yaitu PPh Final Pasal 4 ayat (2) dengan Kode akun pembayarannya 411128-402. Biasanya sebelum AJB di tanda tangani salah satu kewajiban yang harus sudah dipenuhi adalah pajak final tersebut sudah disetorkan dan divalidasi.

Jika sebelumnya layanan untuk melakukan validasi atas PPh Final atas pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan tersebut Wajib Pajak harus mengisi formulir dan kelengkapannya serta menyerahkannya ke Kantor Pajak secara langsung, saat ini sudah ada layanan validasi atas PPh Final atas pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan secara online dengan syarat bahwa penjual sudah ber NPWP dan mempunyai eFin.

Penulis sendiri sudah mencoba layanan validasi PPh Final atas pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan secara online dan hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit sampai dapat bukti validasinya. Penulis mengapresiasi atas layanan ini karena layanan ini terbuka 24 jam (kan online heheh) dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, jadi banyak hal yang bisa dihemat terutama bagi Wajib Pajak itu sendiri.

Adapun caranya untuk dapat mengggunakan layanan e-PHTB adalah sebagai berikut:

  1. Sudah mempunyai NPWP dan eFin;
  2. Buka laman DJP Online;
  3. Saat anda berhasil masuk ke DJP Online buka tab Layanan;
  4. Akan muncul layanan dari DJP dan salah satunya adalah e-PHTB;
  5. Klik gambar PHTB lalu akan muncul form Daftar Permohonan, jika sebelumnya pernah membuat validasi maka data tersebut akan muncul, selanjutnya jika akan melakukan pengisian data PHTB silakan klik Tambah;
  6. Selanjutnya akan muncul Disclaimer jangan lupa centang kotak saya menyetujui;
  7. Selanjutnya silakan isi form Perekaman Objek Pajak data di kotak yang tersedia, isi sesuai dengan benar;
  8. Selanjutnya klik tab selanjutnya dan isi data NTPN yang muncul di Bukti Penerimaan Negara jika sesuai maka NTPN akan muncul jika tidak akan ada notifikasi NTPN tidak ditemukan;
  9. Jika sudah berhasil selanjutnya klik tab selanjutnya dan isi data dengan benar terkait data pembeli dan penjual serta data Notaris;
  10. Jika sudah berhasil selanjutnya anda akan menerima SKET Validasi yang tinggal anda cetak;
  11. Mudah bukan.

Bagi penulis ini adalah salah satu layanan terbaik dari Direktorat Jenderal Pajak yang terus menyesuaikan bentuk layanan dengan kondisi saat ini, banyak biaya dan waktu yang bisa dihemat terutama bagi Wajib Pajak.

Dan tetap penulis menyarankan agar segala aktifitas terkait perpajakan sebaiknya dilakukan sendiri oleh Wajib Pajak guna informasi yang didapatkan adalah benar dan sesuai secara langsung dari petugas pajaknya itu sendiri karena dengan begitu Reformasi Perpajakan yang terus dilaksanakan di Direktorat Jenderal Pajak bisa berhasil dilaksanakan.

Membayar Pajak adalah salah satu Bentuk Dukungan Anda Pembangunan Negara Ini

About omiyan

Cuman seorang newbie didunia maya, selalu merasa jika berbicara lewat tulisan itu lebih baik daripada kita berbicara tanpa ada jejak dalam sebuah tulisan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

twitter

  • 3.281.489 Sejak 17 Nov 2008

Kategori

Yang Lagi OL

Langganan via Email

Bergabunglah dengan 965 pengikut lainnya

smadav antivirus indonesia

<span>%d</span> blogger menyukai ini: